Keterampilan guru bimbingan dan konseling dalam implementasi metode project based learning pada kurikulum merdeka
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Setiono, P., Yuliantini, N., & Dadi, S. (2020). Meningkatkan Nilai Karakter Peserta Didik Melalui Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning. JPGSD: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 13(1), 86-92. Doi: https://doi.org/10.33369/pgsd.13.1.86-92.
Kemendikbudristek. 2022. Buku Saku: Tanya Jawab Kurikulum Merdeka Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset Dan Teknologi, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset Dan Teknologi, 9–46. Tersedia di http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/25344.
Sopiansyah, D., Masruroh, S., Zaqiah, Q. Y., & Erihadiana, M. (2022). Konsep dan Implementasi Kurikulum MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka). Reslaj: Religion Education Social Laa Roiba Journal, 4(1), 34–41. Doi: https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i1.2003
Subijanto, S., Sumantri, D., Ika, A., Soroeida, T., & Mustari, I. (2020). Risalah kebijakan: keselarasan kurikulum SMK Pariwisata keahlian tta boga dengan kebutuhan kompetensi keahlian dunia kerja. Pusat Penelitian Kebijakan, Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan. Tersedia di https://repositori.kemdikbud.go.id/22301/1/Risalah%20Kebijakan_Puslitjak%202020_20_Keselarasan_Kurikulum_SMK_Tata_Boga_dg_Dunia_Kerja.pdf.
Lince, Leny. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka untuk Meningkatkan Motivasi Belajar pada Sekolah Menengah Kejuruan Pusat Keunggulan. Prosiding Seminar Nasional Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan IAIM Sinjai, 1, 38–49. Doi: https://doi.org/10.47435/sentikjar.v1i0.829.
Mujab, S., & Gumelar, W. S. (2023). Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka (Studi Kasus SMK Al Huda Kedungwungu Indramayu). Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 5(1), 1538-1545. Doi: https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11166.
Yaelasari, M., & Astuti, V. Y. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Cara Belajar Siswa Untuk Semua Mata Pelajaran (Studi Kasus Pembelajaran Tatap Muka di SMK INFOKOM Bogor). Jurnal Pendidikan Indonesia, 3(07), 584-591. Doi: https://doi.org/10.59141/japendi.v3i07.1041.
Djumanto, D. (2022). Integrasi Media Pembelajaran pada Kurikulum Merdeka Belajar di Lingkungan Siswa SMK. Edugama: Jurnal Kependidikan dan Sosial Keagamaan, 8(1), 1-20. Doi: https://doi.org/10.32923/edugama.v8i1.2468.
Arumsari, N. F. D., & Koesdyantho, A. R. (2021). PERAN GURU BK DALAM MEMPERSIAPKAN SISWA-SISWI MENGHADAPI KURIKULUM MERDEKA BELAJAR (Penelitian pada Siswa Kelas XI Program Studi Pariwisata di SMK Negeri 1 Karanganyar Tahun Pelajaran 2020/2021) Oleh. Medikons: Jurnal Prodi Bimbingan dan Konseling Unisri Surakarta, 7(2). Tersedia di https://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/mdk/article/view/6388.
Adhimah, M. F. (2022). Pengembangan PJBL Produksi Pengelolaan Perkebunan dan Herbal Untuk Peningkatan Sikap Kewirausahaan Di SMK Negeri 2 Batu. Jurnal Pendidikan Taman Widya Humaniora, 1(2), 460-478. Tersedia di https://jurnal.widyahumaniora.org/index.php/jptwh/article/view/45/45.
Setiono, P., Yuliantini, N., & Dadi, S. (2020). Meningkatkan Nilai Karakter Peserta Didik Melalui Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning. JPGSD: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 13(1), 86-92. Doi: https://doi.org/10.33369/pgsd.13.1.86-92.
Samsiadi, S., & Romelah, R. (2022). MODEL PROJECT BASED LEANING (PjBL) DALAM PEMBELAJARAN PAI DI SMK NEGERI 1 BERAU KALTIM. Research and Development Journal of Education, 8(1), 363-371. Doi: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v8i1.12993.
Fatahilah, A., Farhana, M. S., & Khosiah, N. (2022). PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) UNTUK MENINGKATAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA KELAS X TKJ DI SMK AN-NUR. AL-MUADDIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan, 4(2), 274-283. Doi: https://doi.org/10.46773/muaddib.v4i2.456.
Prasetya, B., & Prasetiawan, H. (2022). Upaya Meningkatkan Manajemen Waktu Melalui Bimbingan Klasikal Model Project Based Learning (PjBL) pada Siswa Sekolah Menengah Atas. Bulletin of Counseling and Psychotherapy, 4(2), 250-257. Doi: https://doi.org/10.51214/bocp.v4i2.286.
Adhitya, R., & Mirwansyah, D. (2022). Aplikasi Bimbingan Konseling Berbasis Web Di Smk Negeri 16 Samarinda. Jurnal Informatika, 1(2), 13-31. Tersedia di http://ejurnal.staialfalah.ac.id/index.php/aliftikar/article/view/6.
DOI: https://doi.org/10.30998/ocim.v3i2.10621
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Orien: Cakrawala Ilmiah Mahasiswa
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
__________________________________________________________________________________________________________________________________________
Orien: Cakrawala Ilmiah Mahasiswa
Published by Program Studi Bimbingan dan Konseling Universitas Indraprasta PGRI in collaboration with Pusat Kajian Penelitian dan Pengembangan Universitas Indraprasta PGRI.
Address: Kampus B Universitas Indraprasta PGRI
Jalan Raya Tengah No. 80 Gedong, Pasar Rebo, Jakarta Timur, DKI Jakarta 13780, Indonesia
e-mail: orienjurnal.unindra@gmail.com
__________________________________________________________________________________________________________________________________________
Orien: Cakrawala Ilmiah Mahasiswa indexed by:
View Orien Stats