Pengaruh Penggunaan Model “Triple P” dalam Meningkatkan Keterampilan Berbicara Bahasa Inggris

Siti Restiana, Zumrotul Muniroh

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menguji kebenaran hipotesis penelitian yang di uji meliputi: Pengaruh Penggunaan Model Triple P Terhadap Kemampuan Berbicara Bahasa Inggris Siswa Kelas XI SMAN 11 Kab. Tangerang. Penelitian digunakan dengan menggunakan metode Pre-Test dan Post-Test. Populasi adalah siswa kelas XI SMAN 11 Kabupaten Tangerang dengan besar sampel 30 siswa, dengan teknik Random Sampling Instrumen penelitian yang digunakan yaitu tes lisan dengan instruksi membuat teks analytical exposition dengan menggunakan model Triple P dalam keterampilan berbicara bahasa Inggris. Berdasarkan perhitungan yang di peroleh,  sebesar 1,85 dari taraf signifikan  = 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa  < , 1,04 < 1,85 berarti homogen. Sedangkan, dari hasil pengujian hipotesis diketahui bahwa ternyata ada pengaruh yang signifikan terhadap pembelajaran menggunakan model Triple P terhadap keterampilan berbicara bahasa Inggris siswa kelas XI SMAN 11 Kab. Tangerang dimana  = 5,48 >  = 1,699. Hal ini dikarenakan model Triple P mengarahkan siswa untuk lebih berani dan kreatif dalam kegiatan pembelajaran.

Keywords


Model “Triple P”; keterampilan berbicara

Full Text:

PDF

References


Yudha, A. M. (2000). Perkembangan gerak . Jakarta: Depdikbud.

Amung Ma'mun, Y. M. (2000). Perkembangan Gerak. Jakarta: Depdikbud.

Harmer, J. (2004). The Practice of English Language Teaching 3rd edition. Harlow: Pearson Education Limited.

Manser, M. H. (1995). Oxford Learner’s Pocket Dictionary. New York: Oxford University Press.

Richard, J. C. (1990). Teaching Listening and Speaking from Theory to practice. New York: Cambridge University Press.

Sugiyono. (2012). Metedo Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.30998/jedu.v1i1.4413

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Published by:
Universitas Indraprasta PGRI, Jakarta, Indonesia

Address: TB. Simatupang, Jl. Nangka Raya No.58 C, RT.5/RW.5, Tj. Barat., Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan, Provinsi DKI Jakarta, 12530, Indonesia

Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia

Work Hours: 09.00 AM – 04.00 PM Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm.

Creative Commons License
JEdu: Journal of English Education is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.