Peningkatan Keterampilan Berbicara Bahasa Inggris Melalui Guided Conversation

Alma Shafira, Doni Anggoro Ari Santoso

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peningkatan yang terjadi pada keterampilan berbicara Bahasa Inggris pada siswa dengan penggunaan metode guided conversation di kelas X AP SMK Yaspi Jaya Jakarta. Dengan mengetahui bagaimana peningkatan tersebut terjadi, diharapkan kepada calon tenaga kependidikan dapat menerapkan beberapa metode pengajaran yang menarik guna meningkatkan keterampilan berbicara Bahasa Inggris siswa. Penelitian ini merupakan studi deskriptif kualitatif dengan pendekatan penelitian tindakan kelas yang memiliki 2 siklus sebelum peneliti melakukan observasi. Pada tahap siklus 1, persentase keterampilan berbicara Bahasa Inggris siswa kelas X AP adalah 33,33% dari 15 siswa dengan rata-rata nilai 59,3. Lalu pada siklus II peneliti menambahkan detail penjelasan dan contoh pada materi yang diajarkan, di siklus kedua ini peningkatan terjadi sebanyak 26,67% yaitu menjadi 60%. Dengan demikian penggunaan metode guided conversation di kelas ini memang berhasil meningkatkan kemampuan berbicara Bahasa Inggris dengan  metode-metode yang diterapkan selama hal itu menyenangkan dan mudah dipahami oleh para siswa.

Keywords


Keterampilan berbicara; bahasa Inggris; Guided Conversation

Full Text:

PDF

References


Syamsuddin, A. (2003). Peran guru membimbing keberhasilan siswa. Bandung: Sinar Baru.

Arikunto, E. (2004). Komunikasi massa suatu pengantar. Bandung: Simbosa Rekatama Media

Chapelle, A. C. (2004). English language learning and technology. London; Benjamins Publishing Company.

Dardjowidjojo, S. (2003). Psikolinguistik pengantar pemahaman bahasa manusia. Jakarta: Balai Pustaka.

Douglas, H. B. (2001). Teaching by principle and interactive approach to language pedagogy. San Fransisco: Longman.

Hakim, T. (2009). Mengatasi kegalalan dalam berbicara bahasa Inggris. Jakarta: Puspa Swara.

Hamalik. (2003). Peranan motivasi terhadap keberhasilan dalam belajar. Bandung: Angkasa.

Hamer, J. (2009). The practice of english language teaching. Boston: Pearson.

H. Nashar. (2004). Motivasi siswa dalam proses pembelajaran. Jakarta: Ghalia

Indonesia.

Kridalaksana, H. (2001). Kamus linguistik. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Nurgiyantoro, B. (2013). Penilaian dalam pengajaran bahasa dan sastra. Yogyakarta: Gajah Mada.

Surharsimi, Suhardjono, Supardi. (2015). Penelitian tindakan kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Tarigan, H. G. (2008). Berbicara sebagai suatu keterampilan bahasa. Bandung: Angkasa.




DOI: https://doi.org/10.30998/jedu.v1i1.4409

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Published by:
Universitas Indraprasta PGRI, Jakarta, Indonesia

Address: TB. Simatupang, Jl. Nangka Raya No.58 C, RT.5/RW.5, Tj. Barat., Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan, Provinsi DKI Jakarta, 12530, Indonesia

Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia

Work Hours: 09.00 AM – 04.00 PM Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm.

Creative Commons License
JEdu: Journal of English Education is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.