Pengaruh Media Pembelajaran Permainan Tradisional terhadap Kecerdasan Logika Matematika
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh media pembelajaran permainan tradisional terhadap kecerdasan logika matematika kelas II SDN Tanjung Barat 09. Permainan tradisional yang digunakan adalah permainan Pathilan dimana dalam penelitian menggunakan metode pra – eksperimen dengan desain penelitian One Group PreTest – PostTest Design dengan 30 siswa sebagai sampel. Pengambilan sampel penelitian menggunakan teknik purposive sampling. Sebelum dilakukan uji hipotesis data dilakukan terlebih dahulu uji persyaratan data yaitu uji normalitas dengan mengunakan uji lillifors didapat kedua data tersebut berdistribusi normal dan uji homogenitas menggunakan uji fisher didapat kedua data homogen. Selanjutnya dilakukan uji hipotesis menggunakan uji t dengan hasil yang diperoleh atau untuk taraf signifikan α = 0,05 dan dk = n₁ + n₂ - 2, dapat disimpulkan bahwa nilai kecerdasan logika matematika siswa setelah menggunakan media pembelajaran permainan tradisional pathilan (PostTest) lebih tinggi daripada nilai kecerdasan logika matematika siswa sebelum menggunakan media pembelajaran permainan tradisional pathilan (PreTest).
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aulia, N. (2020) Analisis Kecerdasan Logika Matematika Pada Siswa dengan Permainan Edukasi. (Skripsi). Program Studi Matematika, Universitas Indraprasta PGRI, Jakarta.
Farida, A. (2017). Improving 2nd Grader’s Calculation Skill through Pathilan Tradisional Game. JRAMathEdu (Journal of Research and Advances in Mathematics Education), 1(2),111-119. https://journals.ums.ac.id/index.php/jramathedu/article/view/3386
Hakim, A. R. (2015). Pengaruh Penggunaan Media Clock Set Terhadap Hasil Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 3(3), 197-202. https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/Formatif/article/view/124/120
Hakim, A. R., Saputro, R. I. H., Jamaludin, & Mulyana. (2020). Pengembangan Media Informasi Statistika (MISTIK) untuk Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional dan Diskusi Panel Pendidikan Matematika Universitas Indraprasta PGRI, Jakarta, 419-430. https://proceeding.unindra.ac.id/index.php/DPNPMunindra/article/view/4775/757
Komariyah, U. (2020). Penerapan Teori Belajar Dienes Melalui Permainan Pathilan Untuk Memahami Konsep Operasi Hitung Penjumlahan Dan Pengurangan Bilangan Bulat (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia). http://repository.upi.edu/50382/6/S_PGSD_1601965_Chapter%205.pdf
Kusumawati, E. (2020). PerananTeori Multiple Intelegencedalam Proses PembelajaranTematik pada Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional PGSD UST. Vol. 1. 2020. https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/sn-pgsd/article/view/8875
Masnuah, S., dkk. (2022) Analisis Kebijakan Pendidikan Islam dalam Undang – undang No. 20 Tahun 2003 (Sisdiknas). MODELING: Jurnal Program Studi PGMI, 9(1), 115-130. http://www.jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/1131
Ni’am (2022). Analisis Bentuk Pola Asuh Demokratis Orang Tua Dalam Mengembangkan Kecerdasan Logis Matematis Di Pos Paud Bintang Ceria Jepara. Diss. IAIN KUDUS, 2022. http://repository.iainkudus.ac.id/7067/4/4.%20BAB%20I.pdf
Nurrahmah, A. (2015). Pengaruh Kecerdasan Logik Matematika dan Minat Belajar terhadap Prestasi Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 5(2). https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/Formatif/article/view/331
Nurrahmah, A., & Ningsih, R. (2018). Penerapan permainan tradisional berbasis matematika. WikramaParahita: JurnalPengabdian Masyarakat, 2(2), 43-50.https://e-jurnal.lppmunsera.org/index.php/parahita/article/view/631/pdf
Pristiwanti, D., Badariah, B., Hidayat, S., & Dewi, R. S. (2022). Pengertian Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 7911-7915.https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/view/9498/7322
Putri, L. U. (2017). Pengaruh Permainan Dakon Terhadap Kecerdasan Logika Matematika (Doctoral dissertation, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang). http://eprintslib.ummgl.ac.id/556/
Rohani. (2019). Diktat media pembelajaran. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara. http://repository.uinsu.ac.id/8503/1/Diktat%20Media%20Pembelajaran%20RH%202019.pdf
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Tiara Maulida, Arfatin Nurrahmah, Dellia Mila Vernia
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Publisher:
UNIVERSITAS INDRAPRASTA PGRI
Address: Department of Mathematics Education | (Kampus A) TB. Simatupang, Jl. Nangka Raya No.58 C, RT.5/RW.5, Tj. Bar., Kec. Jagakarsa, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12530, Indonesia | (Kampus B) Jl. Raya Tengah No. 80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760, Indonesia
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
E-mail: kampus@unindra.ac.id
HIMPUNAN : Jurnal Ilmiah Mahasiswa is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.