Pengaruh Model Pembelajaran Terbimbing terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika

Ilmala Febita Sari, Yogi Wiratomo, Anik Pujiati

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran penemuan terbimbing terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika yang dimiliki oleh peserta didik khususnya dalam penelitian ini yaitu peserta didik kelas X SMK. Metode penelitian kuantitatif yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan sampel eksperimen yaitu peserta didik kelas X yang diajarkan dengan model pembelajaran penemuan terbimbing dan sampel kontrol yaitu peserta didik kelas X yang diajarkan dengan model pembelajaran konvensional. Hasil perhitungan uji normalitas data menggunakan uji Chi Kuadrat menunjukkan bahwa data atau sampel berdistribusi normal. Pada hasil perhitungan uji homogenitas data menggunakan uji Fisher menunjukkan bahwa variansi kedua data atau sampel homogen. Hasil penelitian menyimpulkan terdapat penaruh model pembelajaran penemuan terbimbing terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika. Hal ini dibuktikan dengan nilai thitung > ttabel yaitu 5,32 > 1,671.

Keywords


Model Pembelajaran Penemuan Terbimbing; Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika; Pembelajaran Matematika.

Full Text:

PDF

References


Anggraini. (2017). Analisis kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah Matematika setelah Pembelajaran dengan Strategi Heuristik Krulik-Rudnick Materi Luas Permukaan Kubus dan Balok di Kelas VIII SMP. Jurnal Universitas Jambi, 5(1), 1–12. https://repository.unja.ac.id/id/eprint/24895

Damayanti, N. (2022). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMA pada Materi Barisan dan Deret Geometri. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 107–118. https://doi.org/https://doi.org/10.31980/mosharafa.v11i1.1162

Departemen Pendidikan Nasional. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Perpusnas, 19(8), 1–33.

Martana, A. N. (2017). Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Dengan Strategi Metakognitif Tipe Self-Explanation. repository UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/34602

Mawaddah, S., & Maryanti, R. (2016). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP dalam Pembelajaran Menggunakan Model Penemuan Terbimbing (Discovery Learning). EDU MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.20527/edumat.v4i1.2292

Menteri Pendidikan Nasional. (2006). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2006.

Ningsih, Y. (2017). Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) Kelas IV SDN Cempaka Putih Barat 17 Pagi Senen Jakarta Pusat. Jurnal Universitas Negeri Jakarta. http://repository.unj.ac.id/id/eprint/21424

Priatina, Y. (2018). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif tipe STAD pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 4(1), 67-78. https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/jkpm/article/view/3062/2293

Putri, A., Iswara, A. D., & Hakim, A. R. (2021). Menumbuhkembangkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik dalam Pembelajaran Matematika. Himpunan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika, 1(2), 124–133. http://jim.unindra.ac.id/index.php/himpunan/article/view/3599

Rahmah, N. (2018). Hakikat Pendidikan Matematika. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 1(2), 1–10. https://doi.org/10.24256/jpmipa.v1i2.88

Riska Harahap, E. & Surya, E. (2017). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Prosiding Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan dan Penerapan MIPA, 553–558.

Rofi’ah, N., dkk. (2019). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Berdasarkan Langkah Penyelesaian Polya. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 120. https://doi.org/10.20527/edumat.v7i2.7379

Sinaga, L. E. (2019). Perbedaan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa yang Diajarkan dengan Model Guided Discovery Learning dan Guided Inquiry Learning pada Materi Program Linear di Kelas XI MIA SMA Negeri 8 Medan TP 2019/2020. Repository UHN - Universitas HKBP Nommensen, 1–49. http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/3300

Supardi. (2012). Arah Pendidikan di Indonesia dalam Tataran Kebijakan dan Implementasi. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 2(2), 111–121. https://doi.org/10.30998/formatif.v2i2.92

Yusri, A. Y. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VII di SMP Negeri Pangkajene. Jurnal "Mosharafa", 7(1), 51–62. https://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/mosharafa/article/view/mv7n1_6/345


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Ilmala febita Sari, Yogi Wiratomo, Anik Pujiati.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Publisher:
UNIVERSITAS INDRAPRASTA PGRI

Address: Department of Mathematics Education | (Kampus A) TB. Simatupang, Jl. Nangka Raya No.58 C, RT.5/RW.5, Tj. Bar., Kec. Jagakarsa, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12530, Indonesia | (Kampus B) Jl. Raya Tengah No. 80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760, Indonesia
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
E-mail: kampus@unindra.ac.id

 

Creative Commons License
HIMPUNAN : Jurnal Ilmiah Mahasiswa is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.