Pengaruh Model Pembelajaran Terbimbing terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anggraini. (2017). Analisis kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah Matematika setelah Pembelajaran dengan Strategi Heuristik Krulik-Rudnick Materi Luas Permukaan Kubus dan Balok di Kelas VIII SMP. Jurnal Universitas Jambi, 5(1), 1–12. https://repository.unja.ac.id/id/eprint/24895
Damayanti, N. (2022). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMA pada Materi Barisan dan Deret Geometri. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 107–118. https://doi.org/https://doi.org/10.31980/mosharafa.v11i1.1162
Departemen Pendidikan Nasional. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Perpusnas, 19(8), 1–33.
Martana, A. N. (2017). Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Dengan Strategi Metakognitif Tipe Self-Explanation. repository UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/34602
Mawaddah, S., & Maryanti, R. (2016). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP dalam Pembelajaran Menggunakan Model Penemuan Terbimbing (Discovery Learning). EDU MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.20527/edumat.v4i1.2292
Menteri Pendidikan Nasional. (2006). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2006.
Ningsih, Y. (2017). Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) Kelas IV SDN Cempaka Putih Barat 17 Pagi Senen Jakarta Pusat. Jurnal Universitas Negeri Jakarta. http://repository.unj.ac.id/id/eprint/21424
Priatina, Y. (2018). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif tipe STAD pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 4(1), 67-78. https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/jkpm/article/view/3062/2293
Putri, A., Iswara, A. D., & Hakim, A. R. (2021). Menumbuhkembangkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik dalam Pembelajaran Matematika. Himpunan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika, 1(2), 124–133. http://jim.unindra.ac.id/index.php/himpunan/article/view/3599
Rahmah, N. (2018). Hakikat Pendidikan Matematika. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 1(2), 1–10. https://doi.org/10.24256/jpmipa.v1i2.88
Riska Harahap, E. & Surya, E. (2017). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Prosiding Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan dan Penerapan MIPA, 553–558.
Rofi’ah, N., dkk. (2019). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Berdasarkan Langkah Penyelesaian Polya. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 120. https://doi.org/10.20527/edumat.v7i2.7379
Sinaga, L. E. (2019). Perbedaan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa yang Diajarkan dengan Model Guided Discovery Learning dan Guided Inquiry Learning pada Materi Program Linear di Kelas XI MIA SMA Negeri 8 Medan TP 2019/2020. Repository UHN - Universitas HKBP Nommensen, 1–49. http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/3300
Supardi. (2012). Arah Pendidikan di Indonesia dalam Tataran Kebijakan dan Implementasi. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 2(2), 111–121. https://doi.org/10.30998/formatif.v2i2.92
Yusri, A. Y. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VII di SMP Negeri Pangkajene. Jurnal "Mosharafa", 7(1), 51–62. https://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/mosharafa/article/view/mv7n1_6/345
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Ilmala febita Sari, Yogi Wiratomo, Anik Pujiati.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Publisher:
UNIVERSITAS INDRAPRASTA PGRI
Address: Department of Mathematics Education | (Kampus A) TB. Simatupang, Jl. Nangka Raya No.58 C, RT.5/RW.5, Tj. Bar., Kec. Jagakarsa, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12530, Indonesia | (Kampus B) Jl. Raya Tengah No. 80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760, Indonesia
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
E-mail: kampus@unindra.ac.id
HIMPUNAN : Jurnal Ilmiah Mahasiswa is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.