Analisis Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas V SD/MI Hidayatul pada Materi Pecahan

Vania Al-Fitri Shafwan, Desy Henika Putri Butar-Butar, Ilmi Arifiyah, Mella Novallina, Muhammad Rifdan

Abstract


Penelitian ini bertujuan hendak menganalisis kapasitas arestasi materi matematika murid kelas V pada SD/MI Hidayatul. Dengan kategori penelitian ini adalah penelitian kualitatif menggunakan metode deskriptif. Penetapan tema pada penelitian ini dilakukan dengan memakai metode Purposive sampling. Subjek pada penelitian ini ialah kelas V SD/MI Hidayatul yang berisikan 31 siswa. Sistem akumulas data yang dipakai yakni dengan menggunakan eksperimen. Instrument yang dipakai pada penelitian ini adalah instrument ujian pertanyaan essai kapasitas arestasi materi matematika murid dengan materi pecahan. Terdapat 10% siswa memiliki fase arestasi konsep matematika pelajaran pecahan standar tinggi, 30% murid memiliki fase arestasi konsep matematika pelajaran pecahan standar sedang, dan 60% murid memiliki fase arestasi konsep matematika pelajaran pecahan standar rendah. 


Full Text:

PDF

References


Aledya, V. (2019). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Pada Siswa. May, 0–7.

Anggraeni, S. T., Muryaningsih, S., & Ernawati, A. (2020). Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Matematika Di Sekolah Dasar. Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD), 1(1), 25–37.

Dewanto, A. C. (2018). Efektivitas PPL untuk meningkatkan efikasi diri mengajar pada mahasiswa Pendidikan matematika. Delta: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 6(1), 1-9.

Farhan, M. & Hakim, A. R. (2021). Kemandirian Belajar, Adversity Quetiont Dan Kemampuan Penalaran Matematis Pada Implementasi Pembelajaran Daring Mata kuliah Analisis Real. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 4(6), 1687–1698.

Kartika, R. W., Megawanti, P. & Hakim, A. R. (2021). Pengaruh adversity quotient dan task commitment terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 8(2), 206–216.

Putri, A., Iswara, A. D., & Hakim, A. R. (2021). Menumbuh kembangkan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik dalam pembelajaran Matematika. Himpunan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika, 1(2), 124–133.

Rahmawati, E., & Suhendri, H. (2016). Pengembangan desain pembelajaran matematika siswa sekolah dasar kelas

Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 6(3).

Sarah, Y. D. (2022). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Higher Order Thinking Skills Materi Barisan Dan Deret Aritmatika Di Kelas XI SMA N 2 Dumai Ditinjau Dari Self Efficacy (Doctoral dissertation, Universitas Islam Riau).

Siregar, J. A. (2016). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Pendekatan Realistik untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Intuisi Matematis Siswa SMP Budi Murni 3 Medan (Doctoral dissertation, UNIMED).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Vania Al-fitri Shafwan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Publisher:
UNIVERSITAS INDRAPRASTA PGRI

Address: Department of Mathematics Education | (Kampus A) TB. Simatupang, Jl. Nangka Raya No.58 C, RT.5/RW.5, Tj. Bar., Kec. Jagakarsa, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12530, Indonesia | (Kampus B) Jl. Raya Tengah No. 80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760, Indonesia
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
E-mail: kampus@unindra.ac.id

 

Creative Commons License
HIMPUNAN : Jurnal Ilmiah Mahasiswa is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.