Analisis Tingkat Kesukaran, Daya Pembeda, dan Fungsi Distraktor PTS Matematika SMPN Jakarta

Eliza Pradita, Priarti Megawanti, Yulianingsih Yulianingsih

Abstract


Hakikatnya evaluasi dibutuhkan sebagai upaya untuk menilai dan mengukur perkembangan belajar peserta didik. Namun, evaluasi tidak akan berjalan baik manakala alat ukur yang digunakan tidak diketahui sudah layak atau belum. Beberapa syarat dari alat ukur yang baik adalah terpenuhinya rasio jumlah butir soal berdasarkan tingkat kesukaran, memiliki butir soal ideal berdasarkan uji daya pembeda, dan fungsi distraktor yang efektif. Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah soal Penilaian Tengah Semester pada mata pelajaran matematika di salah satu Sekolah Menengah Pertama Negeri Jakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan menelaah tiap butir soal yang berbentuk Pilihan Ganda berdasarkan data empirik. Sampel penelitian sebanyak 201 peserta didik yang semuanya adalah kelas VIII. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan tingkat kesukaran, rasio jumlah butir belum proporsional. Berdasarkan hasil uji daya pembeda, terdapat tujuh butir yang harus direvisi dan hanya terdapat lima butir yang distraktornya tidak berfungsi.


Keywords


difficulty level; discrimination; distractor function; evaluation; assessment taraf sukar; daya beda; fungsi distraktor; evaluasi; asesmen

Full Text:

PDF

References


Abdul, K. (2015). Menyusun dan Menganalisis Tes Hasil Belajar. Al-Ta’dib, 8(2), 70–81. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31332/atdb.v8i2.411

Akhmadi, M. N. (2021). Analisis Butir Soal Evaluasi Tema 1 Kelas 4 SDN Plumbungan Menggunakan Program Anates. Ed-Humanistics : Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(1), 799–806. https://doi.org/10.33752/ed-humanistics.v6i1.1464

Alwi, I. (2015). Kriteria Empirik dalam Menentukan Ukuran Sampel pada Pengujian Hipotesis Statistika dan Analisis Butir. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 2(2), 140–148. https://doi.org/10.30998/formatif.v2i2.95

Andriani, S. (2015). Evaluasi CSE-UCLA pada Studi Proses Pembelajaran Matematika. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 167–175. https://doi.org/10.24042/ajpm.v6i2.46

Arif, M. (2016). Pengembangan Instrumen Penilaian Mapel Sains melalui Pendekatan Keterampilan Proses Sains SD/MI. Ta’allum: Jurnal Pendidikan Islam, 4(1), 123–148. https://doi.org/10.21274/taalum.2016.4.1.123-148

Arifin, Z. (2017). Kriteria Instrumen dalam Suatu Penelitian. Jurnal Theorems (the Original Research of Mathematics), 2(1), 28–36. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31949/th.v2i1.571

Azis, A. (2016). Analisis Tes Buatan Guru Bidang Studi Matematika Kelas V SD 1 Katobengke. Edumatica: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 15–24. https://doi.org/10.22437/edumatica.v6i01.2998

Dewi, S. S., Hariastuti, R. M., & Utami, A. U. (2019). Analisis Tingkat Kesukaran dan Daya Pembeda Soal Olimpiade Matematika (OMI) Tingkat SMP Tahun 2018. Transformasi : Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 3(1), 15–26. https://doi.org/10.36526/tr.v3i1.388

Erfan, M., Maulyda, M. A., Hidayati, V. R., Astria, F. P., & Ratu, T. (2020). Analisis Kualitas Soal Kemampuan Membedakan Rangkaian Seri dan Paralel melalui Teori Tes Klasik dan Model RASCH. Indonesian Journal Of Educational Research and Review, 3(1), 11. https://doi.org/10.23887/ijerr.v3i1.24080

Farida, I. (2017). Evaluasi Pembelajaran Berdasarkan Kurikulum Nasional (E. Kuswandi (ed.); 1st ed.). Remaja Rosdakarya.

Fatimah, L. U., & Alfath, K. (2019). Analisis Kesukaran Soal, Daya Pembeda, dan Fungsi Distraktor. Jurnal Komunikasi Dan Pendidikan Islam, 8(2), 37–64.

Fitri, U. A., Suhendri, H., & Ningsih, R. (2022). Analisis Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas VIII MTs Safinatul Husna pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Himpunan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika, 2(80), 169–176.

Gierl, M. J., Bulut, O., Guo, Q., Zhang, X., Gierl, M. J., Bulut, O., Guo, Q., & Zhang, X. (2023). Developing, Analyzing, and Using Distractors for Multiple-Choice Tests in Education: A Comprehensive Review. Review of Educational Research, 87(6), 1082–1116.

Goleman et al., 2019. (2019). Analisis Butir Soal. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Hanifah, N. (2014). Perbandingan Tingkat Kesukaran, Daya Pembeda Butir Soal dan Reliabilitas Tes Bentuk Pilihan Ganda Biasa dan Pilihan Ganda Asosiasi Mata Pelajaran Ekonomi. SOSIO E-KONS, 6(1), 46. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30998/sosioekons.v6i1.1715

Ipin, A. (2018). Pengembangan Soal-Soal Pilihan Ganda untuk Mengukur Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Konsep Sistem Regulasi Manusia untuk Jenjng SMA. Mangifera Edu, 3(1), 26–39. https://doi.org/10.31943/mangiferaedu.v3i1.10

Kasiono, D. (2019). Peningkatan Kemampuan Menyusun Soal Dengan Metode Pendampingan Berpola SP3R Pada Guru SDN Sepanyul Kecamatan Gudo Kabupaten Jombang Tahun 2018. Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan, 4(1), 33. https://doi.org/10.26740/jdmp.v4n1.p33-41

Kemendikbud. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. In Kemendikbud RI. https://doi.org/10.1111/j.1651-2227.1982.tb08455.x

Kusumawardani, R. (2022). Bahan Ajar Evaluasi Pembelajaran Matematika. Universitas Indraprasta PGRI Jakarta.

Mahirah, B. (2017). Evaluasi Belajar Peserta Didik (Siswa). Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 1(2), 257–267.

Meidianti, A., Kholifah, N., & Sari, N. I. (2022). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik dalam Pembelajaran Matematika. Himpunan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika, 2(80), 134–144.

Naga, D. S. (2009). 64 Rumus Terapan Probabilitas dan Sekor pada Hipotesis Statistika (Ed. 2). Jakarta Grasindo.

Naga, D. S. (2022). Teori Sekor pada Pengukuran Mental. Nagarani Citrayasa.

Nasution, L. M. (2017). Statistik Deskriptif. Jurnal Hikmah, 14(1), 49–55. https://doi.org/10.1021/ja01626a006

NCTM. (2000). Principles and Standards for School Mathematics. National Council of Teachers of Mathematics. www.nctm.org

Nur Aziza, R., & Dzhalila, D. (2018). Metode Kuantitatif Dengan Pendekatan Klasik pada Aplikasi Analisis Butir Soal Sebagai Media Evaluasi Penentuan Soal yang Berkualitas. Jurnal KILAT (Kajian Ilmu Dan Teknologi), 7(1), 15–23. https://doi.org/10.33322/kilat.v7i1.104

Sahwan, F. F. (2016). Analisis Butir Soal Ujian Akhir Mata Pelajaran an Analysis of the Final Examination Items of Accounting. Jurnal Kajian Pendidikan Akuntansi Indonesia, 1, 1–13.

Santoso, B., Annisah, S., & Wahyuni, S. (2021). Analisis Butir Soal Ulangan Tengah Semester pada Mata Pelajaran Matematika Di SMP Negeri 2 Punggur. LINEAR: Journal of Mathematics Education, 2, 14. https://doi.org/10.32332/linear.v2i2.3507

Shadiq, F. (2008). Logika Matematika dan Pemecahan Masalah dalam Pembelajaran Matematika SMA (H. W. Sasongko (ed.)). Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kerja Pendidikan Matematika.

Siswondo, R., & Agustina, L. (2021). Penerapan Strategi Pembelajaran Ekspositori untuk Mencapai Tujuan Pembelajaran Matematika. Himpunan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika, 1(1), 33–40. http://jim.unindra.ac.id/index.php/himpunan/article/view/3155

Solichin, M. (2017). Analisis Daya Beda Soal, Taraf Kesukaran, Validitas Butir Tes, Interpretasi Hasil Tes dan Validitas Ramalan dalam Evaluasi Pendidikan. Dirasat: Jurnal Manajemen & Pendidikan Islam, 2(2), 192–213. https://doi.org/https://doi.org/10.26594/dirasat.v2i2.879

Susanto, H., Rinaldi, A., & Novalia, N. (2015). Analisis Validitas Reabilitas Tingkat Kesukaran dan Daya Beda pada Butir Soal Ujian Akhir Semester Ganjil Mata Pelajaran Matematika. Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 203–218. https://doi.org/10.24042/ajpm.v6i2.50

Tilaar, A. L. F., & Hasriyanti, H. (2019). Analisis Butir Soal Semester Ganjil Mata Pelajaran Matematika pada Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pengukuran Psikologi Dan Pendidikan Indonesia (JP3I), 8(1), 57–68. https://doi.org/10.15408/jp3i.v8i1.13068

Yani, A., Asri, A. F., & Burhan, A. (2014). Analisis Tingkat Kesukaran, Daya Pembeda, dan Fungsi Distraktor Soal Ujian Semester Ganjil Mata Pelajaran Produktif Di Smk Negeri 1 Indralaya Utara Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, 1(2), 98–115. https://doi.org/https://doi.org/10.36706/jptm.v1i2.7410


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Eliza Pradita, Priarti Megawanti, Yulianingsih Yulianingsih.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Publisher:
UNIVERSITAS INDRAPRASTA PGRI

Address: Department of Mathematics Education | (Kampus A) TB. Simatupang, Jl. Nangka Raya No.58 C, RT.5/RW.5, Tj. Bar., Kec. Jagakarsa, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12530, Indonesia | (Kampus B) Jl. Raya Tengah No. 80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760, Indonesia
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
E-mail: kampus@unindra.ac.id

 

Creative Commons License
HIMPUNAN : Jurnal Ilmiah Mahasiswa is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.