Pengaruh Kecerdasan Intrapersonal terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa di SMP Al Muslim Tambun
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh kecerdasan intrapersonal terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah survey korelasional. Sampel diperoleh dari kelas VII SMP Al Muslim Tambun tahun ajaran 2022/2023 sebanyak 29 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan angket dan tes soal. Analisis data yang dilakukan dengan menggunakan bantuan Microsoft Excel 2019 terdiri dari analisis data statistik deskriptif, uji persyaratan analisis data, uji hipotesis penelitian, dan uji hipotesis statistik. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan kesimpulan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara kecerdasan intrapersonal terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika namun masih tergolong rendah. Kontribusi kecerdasan intrapersonal masih rendah dengan kemampuan pemahaman konsep matematika hanya sebesar 14,11%, ini menunjukkan bahwa 85,89% keberadaan skor kemampuan pemahaman konsep matematika dipengaruhi faktor (variabel) lain.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aledya, V. (2019). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Pada Siswa. ResearchGate. 1–7
Annisa, W. N., Nurfitriyanti, M., & Masruroh, A. (2023). Pengaruh Kecerdasan Intrapersonal Terhadap Pemahaman Konsep Matematika. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif , 6(1), 1–10.
https://doi.org/10.22460/jpmi.v6i1.12659
Arikunto, S. (2013). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. PT Bumi Aksara: Jakarta.
Darmawanti, Vivi. (2020). Analisis kemampuan pemahaman konsep matematis ditinjau dari kemandirian belajar peserta didik kelas VIII pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV). (Skripsi) UIN Sultan Syarif Kasim Riau. https://www.ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/mtk/article/download/638/563
Hilaliyah & Annisa, F. N. (2022). Pengaruh Penalaran Matematis terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika. Himpunan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika, 2(2), 125-133. Diakses melalui https://jim.unindra.ac.id/index.php/himpunan/article/view/6817/pdf
Meidianti, A., Kholifah, N., & Sari, N. I. (2022). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik dalam Pembelajaran Matematika. Himpunan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika, 2(2), 134-144. Diakses melalui https://jim.unindra.ac.id/index.php/himpunan/article/view/6818/pdf
Prasasti, D., Awalina, F. M., & Hasana, U. U. (2020). Permasalahan Pemahaman Konsep Siswa pada Pelajaran Matematika Kelas 3 Semester 1. Manazhim, 2(1), 45–53. https://doi.org/10.36088/manazhim.v2i1.659
Rochmahwati, P., & Afifah, M. (2018). Korelasi Kecerdasan Interpersonal, Intrapersonal Dan Kecerdasan Emosi Siswa Kelas V Sd Muhammadiyah Ponorogo. Muslim Heritage, 3(2), 239–262.
Septiyani, E., & Apriyanto, M. T. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Android untuk Tingkat SMP. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 5(1), 153. https://doi.org/10.30998/jkpm.v5i1.5230
Shoimatul Ula. (2013). Revolusi Belajar : Optimalisasi Intelegensi Melalui Pembelajaran Berbasis Intelegensi Majemuk. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Syafrida, Christine Shantika Septinarami, Nabila Alifviyani.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Publisher:
UNIVERSITAS INDRAPRASTA PGRI
Address: Department of Mathematics Education | (Kampus A) TB. Simatupang, Jl. Nangka Raya No.58 C, RT.5/RW.5, Tj. Bar., Kec. Jagakarsa, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12530, Indonesia | (Kampus B) Jl. Raya Tengah No. 80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760, Indonesia
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
E-mail: kampus@unindra.ac.id
HIMPUNAN : Jurnal Ilmiah Mahasiswa is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.