Analisis Kesulitan Belajar Matematika Pada Siswa Kelas IV SD Islam Sukamulya

Andika Muhammad Faris, Farah Dita Auliya, Siti Ilmatul Ummah, Tarisya Cahya Putri, Yulia Magdalena Simbolon

Abstract


Tujuan dari penelitihan Penelitian ini adalah untuk mengetahui studi awal dalam Identifikasi permasalahan yang dihadapi kelas 4 SD Islam Sukamulya dalam Pembelajaran Matematika. Waktu pelaksanaan pengambilan data dimulai dari tanggal 26 April 2023 di SDN telang 1 sampai selesai. Metode penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dimana intrumen yang digunakan adalah angket, wawancara, observasi dan tes hasil belajar (kognitif). Angket, wawancara dilakukan setelah pelaksanaan penerapan metode ceramah, lembar pengamatan untuk mengamati pelaksanaan metode cerama sedangkan tes hasil belajar kognitif dengan KKM 70. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik total sampling, dengan populasi 22 siswa kelas IV dan sampel 22 siswa kelas 4. Hasil yang di dapat peneliti pada angket dan wawancara membuat siswa tidak memahami materi yang di sampaikan guru. Sedangkan hasil dari pengamatan siswa siswa kurang dalam memahami penjelasan dari guru sehingga menunjukkan bahwa hasil belajar tergolong masih sangat kurang (65%)

Keywords


Analisis; Kesulitan Belajar; Kualitatif Deskriptif; Matematika

References


Adisel, Saputri, I. E., Ulfah, A., Sudumo, A. H., Alamsah, S., & Ulandari. (2022). Pengaruh Penggunaan Metode Ceramah Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS. Journal of Edication and Instruction, 137.

Dakhi, A. S. (2020). Peningkatan Hasil Belajar siswa. Jurnal Education and Development, 469.

Khauro, K., Setiawan, A., & Citrawati, T. (n.d.). Pengaruh Metode Ceramah Terhadap Hasil Belajar Dalam Pelajaran Matematika Kelas I SDN Telang 1. 669.

Machmud, M. (2016). Tuntunan Penulisan Tugas Akhir Berdasarkan Prinsip Dasar Penelitian Ilmiah. Malang: Penerbit Selaras.

Setyowati, Rini & Firmansyah, & Wira. (2018). Upaya Peningkatan Citra Pembelajaran IPS Bermakna di Indonesia. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial Indonesia, 3.

Syahraini, T. (2014). Metode Ceramah Konsep dan Aplikasi Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Tarbiyah.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 farah dita farah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Publisher:
UNIVERSITAS INDRAPRASTA PGRI

Address: Department of Mathematics Education | (Kampus A) TB. Simatupang, Jl. Nangka Raya No.58 C, RT.5/RW.5, Tj. Bar., Kec. Jagakarsa, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12530, Indonesia | (Kampus B) Jl. Raya Tengah No. 80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760, Indonesia
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
E-mail: kampus@unindra.ac.id

 

Creative Commons License
HIMPUNAN : Jurnal Ilmiah Mahasiswa is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.