Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Ditinjau dari Penggunaan Metode Ceramah

Bilqis Farikha Rizki Al Fajrin, Laila Nurul Karimah, Nani Anisah, Hikmah Ayu Retno

Abstract


Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan hasil analisis pemahaman konsep siswa dengan metode pembelajaran yang digunakan yaitu ceramah. Penelitian dilakukan pada siswa kelas IV SDN Tegal Parang 03 Pagi. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Penentuan subjek dalam penelitian dilakukan dengan metode Purposive Sampling. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Tegal Parang 03 Pagi yang terdiri dari 26 siswa. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah tes tertulis pada materi pengukuran sudut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai 80,5 terdapat 15% siswa yang mendapat nilai rendah, 62% siswa mendapat nilai sedang, dan 23% mendapat tinggi.


Full Text:

PDF

References


Anderha, R. R., & Maskar, S. (2021). Pengaruh Kemampuan Numerasi Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Pendidikan Matematika. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 2(1), 1-10.

Amir, A., & Nuraisyah, N. (2017). Peningkatan Kemampuan Berhitung Pembagian Melalui Metode Jarimatika pada Siswa Kelas III SD Negeri 195 Pagaran Baru Kotanopan. PeTeKa, 1(1), 48-53.

As’ari, D. R. (2015). Strategi dan Metode Pembelajaran Bahasa Arab. Prosiding Konferensi Nasional Bahasa Arab, Pemalang. 1(1).

Fitri, U. A., Suhendri, H., & Ningsih, R. (2022). Analisis Pemahaman Konsep Matematik Siswa Kelas VIII MTs Safinatul Husna pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Himpunan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika, 2(2), 169-176.

Julianto, I. N. L. (2019, September). Interaktivitas warna sebagai rangsang visual pada ruang belajar siswa sekolah dasar kelas 1–3 di kota denpasar. In Sandyakala: Prosiding Seminar Nasional Seni, Kriya, dan Desain. Denpasar. (Vol. 1, pp. 56-64).

Khauro, K., Setyawan, A., & Citrawati, T. (2020). Pengaruh Metode Ceramah Terhadap Hasil Belajar Dalam Pelajaran Matematika Kelas I SDN Telang 1. Prosiding Nasional Pendidikan: LPPM IKIP PGRI Bojonegoro, 1(1).

Kurniaman, O., & Noviana, E. (2017). Penerapan Kurikulum 2013 dalam meningkatkan keterampilan, sikap, dan pengetahuan. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(2), 389-396.

Mahmudah, M. (2016). Urgensi Diantara Dualisme Metode Pembelajaran Ceramah Dalam Kegiatan Belajar Mengajar Untuk Siswa MI/SD. Cakrawala: Jurnal Studi Islam, 11(1), 116-129.

Mulyasa, E. (2006). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya

Musianto, L.S. (2002). Perbedaan Pendekatan Kuantitatif dengan Pendekatan Kualitatif dalam Metode Penelitian. Jurnal Manajemen & Kewirausahaan, 4(2) 124-136.

Novita, R. (2014). Efektivitas penggunaan metode ceramah bervariasi dalam meningkatkan operasi perkalian bagi anak berkesulitan belajar. Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus, 3(3).

Pradana, D. P. (2021). Perbandingan Metode Ceramah Dan Cerita Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Katolik Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik Sekolah Dasar Katolik Di Kota Madiun (Doctoral dissertation). STKIP Widya Yuwana, Madiun.

Ramadhan, M. A. (2022). Metode ceramah untuk pembelajaran.

Rosdianto, H., & Murdani, E. (2017). The implementation of POE (Predict Observe Explain) model to improve student’s concept understanding on Newton’s law. Jurnal Pendidikan Fisika, 6(1), 55-57.

Roestiyah, NK. (2008). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sinabariba, R. B. (2017). Peranan guru memilih model-model pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan menulis puisi. In Seminar Nasional PGSD UNIMED (Vol. 1, No. 1).

Tanjung, H. S., & Nababan, S. A. (2018). Pengembangan perangkat pembelajaran matematika berorientasi model pembelajaran berbasis masalah (pbm) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa SMA Se-Kuala Nagan Raya Aceh. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 9(2).

Yanuarti, A., & Sobandi, A. (2016). Upaya meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran quantum teaching. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran (JPManper), 1(1), 11-18.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Bilqis Farikha Rizki Alfajrin, Laila Nurul Karimah, Nani Anisah, Hikmah Ayu Retno.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Publisher:
UNIVERSITAS INDRAPRASTA PGRI

Address: Department of Mathematics Education | (Kampus A) TB. Simatupang, Jl. Nangka Raya No.58 C, RT.5/RW.5, Tj. Bar., Kec. Jagakarsa, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12530, Indonesia | (Kampus B) Jl. Raya Tengah No. 80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760, Indonesia
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
E-mail: kampus@unindra.ac.id

 

Creative Commons License
HIMPUNAN : Jurnal Ilmiah Mahasiswa is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.