Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Etnomatematika Terintegrasi STEM pada Masjid Agung Kauman Semarang

Irma Meika Wati, Lintang Rizqy Septiani, Nur Khayatun, Adi Satrio Ardiansyah

Abstract


Mengembangkan bahan ajar berbasis etnomatematika terintegrasi STEM pada arsitektur Masjid Agung Kauman Semarang menjadi tujuan dalam penelitian ini. Penelitian dan pengembangan dilakukan dengan menggunakan model 4D yang dimodifikasi menjadi tahap Define, Design, dan Develop. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, angket, dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif. Hasil menunjukkan bahwa bahan ajar layak dengan skor 92,65%, bahan ajar praktis dengan skor 91,5% dan bahan ajar memiliki respons positif terhadap peserta didik dengan skor 88%. Dengan demikian, pengembangan bahan ajar berbasis etnomatematika yang terintegrasi oleh STEM pada Masjid Agung Kauman Semarang layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran matematika kelas VIII jenjang SMP/MTs. Adapun saran dalam penelitian ini adalah untuk mengembangkan bahan ajar yang lebih baik dan menguji implementasinya pada lingkup yang lebih luas dalam penelitian selanjutnya.


Keywords


Pengembangan Bahan Ajar; Etnomatematika; Arsitektur Masjid Agung Kauman Semarang; STEM.

Full Text:

PDF

References


Aninda, A., Permanasari, A., & Ardianto, D. (2019). Implementasi Pembelajaran Berbasis Proyek Pada Materi Pencemaran Lingkungan Untuk Meningkatkan Literasi STEM Siswa SMA. Journal of Science Education and Practice, 3(2), 1-16.

Ardiansyah, A. S., & Pratama, N. T. (2021). Belajar dan Berwisata Melalui Objek Wisata Bledug Kuwu pada Bahan Ajar Materi Barisan. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 4(4), 319-330.

Ardiansyah, A. S., Siswanti, A. P., & Aktari, R. (2023). Pengembangan Buku Ajar Dengan Pendekatan Etnomatematika Melalui Objek Nuwo Sesat Dalam Materi Bangun Datar. In ProSANDIKA UNIKAL (Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Universitas Pekalongan) (Vol. 4, No. 1, pp. 71-80).

Dwiantara, G. A., & Masi, L. (2016). Pengaruh Penggunaan Pendekatan Pembelajaran Open-Ended Terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematik Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 2 Kendari. Jurnal Penelitian Pendidikan, 4(1).

Fitriyah, D. N., Santoso, H., & Suryadinata, N. (2018). Bahan Ajar Transformasi Geometri Berbasis Discovery Learning Melalui Pendekatan Etnomatematika. Jurnal Elemen, 4(2), 145-158.

Karuna, M. I., Sari, E. F., & Ardiansyah, A. S. (2023). Pengembangan Buku Ajar Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Melalui Eksplorasi Kuliner Telur Asin. In ProSANDIKA UNIKAL (Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Universitas Pekalongan) (Vol. 4, No. 1, pp. 59-70).

Latif, N. S. (2022). Pengembangan E-Modul Garis dan Sudut Berbasis Etnomatematika untuk Efektivitas Pembelajaran Daring Asinkronus. EDUMAT: Jurnal Edukasi Matematika, 13(1), 21-30.

Magdalena, I., Sundari, T., Nurkamilah, S., Nasrullah, N., & Amalia, D. A. (2020). Analisis Bahan Ajar. Nusantara, 2(2), 311-326.

Maternity, F. et al. (2018). “No主観的健康感を中心とした在宅高齢者における健 康関連指標に関する共分散構造分析Title.”International Reviews of Immunology” 66(1): 1–15.

Niam, M. A., & Asikin, M. (2020). The Development of Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM)-Based Mathematics Teaching Materials to Increase Mathematical Connection Ability. MaPan: Jurnal Matematika dan Pembelajaran, 8(1), 153-167.

Nurhidayat, M. F., & Asikin, M. (2021). Bahan ajar berbasis stem dalam pembelajaran matematika: potensi dan metode pengembangan. In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika (Vol. 4, pp. 298-302).

Pratiwi, K. R., Nurmaina, M., & Aridho, F. F. (2022). Penerapan Etnomatematika dalam Pembelajaran Matematika pada Jenjang Sekolah Dasar. Himpunan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika, 2(1), 99-105.

Purniati, T., Turmudi, T., Juandi, D., & Suhaedi, D. (2021). Ethnomathematics exploration of the masjid raya bandung ornaments in transformation geometry materials. Journal of Medives: Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 5(2), 235-243.

Pusvita, Y., Herawati, H., & Widada, W. (2019). Etnomatematika Kota Bengkulu: Eksplorasi Makanan Khas Kota Bengkulu “Bay Tat” untuk Memahami Pembelajaran Matematika di Sekolah. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 4(2), 185-193.

Rahmatillah, C. R., Maulida, N. F., Isnaini, M. A. N., Utami, T. M., Maghfiroh, L., & Ardiansyah, A. S. (2022). Menjelajahi Museum Kartini pada Bahan Ajar Materi Bangun Datar Segi Empat. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 6(3), 403-416.

Rahmawati, F. D. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Etnomatematika Untuk Meningkatkan Prestasi Dan Motivasi Belajar Siswa SMP. Jurnal Pedagogi Matematika, 6(6), 69-76.

Safira, F., Prabawati, A. T., Fatimah, F., Safiri, A. D., & Kusuma, J. W. (2021). Etnomatematika: nilai filosofis dan konsep Matematika pada motif batik Banten. Himpunan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika, 1(2), 162-168.

Setiawan, N. C. E., Dasna, I. W., & Muchson, M. (2020). Pengembangan Digital Flipbook untuk Menfasilitasi Kebutuhan Belajar Multiple Representation pada Materi Sel Volta. Hydrogen: Jurnal Kependidikan Kimia, 8(2), 107-115.

Siniguian, M. T. (2017). Students Difficulty in Solving Mathematical Problems. International Journal of Advanced Research in Engineering and Applied Sciences, 6(2), 1-12.

Suherman, Vidákovich, T., & Komarudin. (2021). STEM-E: Fostering mathematical creative thinking ability in the 21st Century. Journal of Physics: Conference Series, 1882(1). https://doi.org/10.1088/1742- 6596/1882/1/012164

Sukmana, R. W. (2017). Pendekatan Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM) Sebagai Alternatif dalam Mengembangkan Minat Belajar Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 2(2), 191-199.

Suryaman, O. (2018). Indonesia (PMRI) terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Materi Geometri di SD Gugus Ciwaru. EDUCATOR, 4(2), 149-159.

Taskiyah, A. N., & Widyastuti, W. (2021). Etnomatematika dan Menumbuhkan Karakter Cinta Tanah Air Pada Permainan Engklek. Jurnal Pendidikan Matematika (Kudus), 4(1), 81-94.

Thiagarajan, S. Semmel, D.S dan Semmel, MI. (1974). Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children. Indiana: Indiana University Bloomington.

Twiningsih, A. T. (2020). Improving Student Learning Outcomes Through StemBasedMagic Box Medium in The Concept of Addition Theory. International Journal of Research in STEM Education, 2(1), 79-80.

Zulaekhoh, D. & Hakim, A. R. (2021). Analisis Kajian Etnomatematika pada Pembelajaran Matematika Merujuk Budaya Jawa. JPT (Jurnal Pendidikan Tematik), 2(2), 216-226.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Irma Meika Wati, Lintang Rizqy Septiani, Nur Khayatun, Adi Satrio Ardiansyah.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Publisher:
UNIVERSITAS INDRAPRASTA PGRI

Address: Department of Mathematics Education | (Kampus A) TB. Simatupang, Jl. Nangka Raya No.58 C, RT.5/RW.5, Tj. Bar., Kec. Jagakarsa, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12530, Indonesia | (Kampus B) Jl. Raya Tengah No. 80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760, Indonesia
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
E-mail: kampus@unindra.ac.id

 

Creative Commons License
HIMPUNAN : Jurnal Ilmiah Mahasiswa is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.