Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif dalam Memecahkan Soal Matematika pada Materi Bangun Datar Kelas VII SMP

Sifa Fauziah Putri Pratama, Risalati Alfin Hasanah, Elma Yuniarti Br Sidabutar

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas VII di MTs Al-Maghfiroh Pasar Rebo. Bentuk penelitian ini menggunakan metodologi kualitatif dan penelitian deskriptif. Pendekatan Purpose Sampling digunakan untuk menentukan subjek penelitian ini. Subjek penelitian ini adalah 32 murid dari kelas VII-1 MTs Al-Maghfiroh. Tes dan wawancara adalah metode yang digunakan untuk mendapatkan data. Instrumen penelitian ini menilai kemampuan siswa untuk berpikir kreatif materi bangun datar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat siswa dengan tingkat kemampuan berpikir kreatif (12,5%), tingkat kemampuan berpikirnya cukup kreatif (40,63%), dan tingkat kemampuan berpikirnya tidak kreatif (46,87%).


Keywords


Matematika, Berpikir Kreatif, Bangun Datar, SMP, Pembelajaran Matematika.

Full Text:

PDF

References


Ekawati, S. & Adirakasiwi, A. G. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Dalam Menyelesaikan Soal Segiempat dan Segitiga. Jurnal Sesiomadika, 2(1), 405-414. Retrieved from https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/article/view/2738

Farhan, M. & Hakim, A. R. (2021). Kemandirian Belajar, Adversity Quetiont Dan Kemampuan Penalaran Matematis Pada Implementasi Pembelajaran Daring Matakuliah Analisis Real. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 4(6), 1687–1698. Retrieved from https://www.journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/jpmi/article/view/8683/2838

Fitri, U. A., Suhendri, H., & Ningsih, R. (2022). Analisis Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas VIII MTs Safinatul Husna pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Jurnal Ilmiah Mahasiswa 2(2), 169-176. Retrieved from https://jim.unindra.ac.id/index.php/himpunan/article/view/8214

Hasanah, R. A. dkk. (2022). Analisis Kemampuan Kreativitas Siswa Pada Pengaplikasian Materi. Prosiding Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 124-143. https://proceeding.unindra.ac.id/index.php/DPNPMunindra/article/view/5973/1548

Herdani, P. D. & Ratu, N. (2018). Analisis Tingkat Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMP Dalam Menyelesaikan Open – Ended Problem Pada Materi Bangun Datar Segi Empat. JTAM (Jurnal Teori dan Aplikasi Matematika), 2(1), 9-16. Retrieved from https://journal.ummat.ac.id/index.php/jtam/article/view/220

Kadir, I. A., dkk. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Pada Materi Segitiga. Journal of Mathematics Education, 3(2), 128-138. Retrieved from https://ejurnal.ung.ac.id/index.php/jmathedu/article/view/16388/5182

Kartika, R. W., Megawanti, P. & Hakim, A. R. (2021). Pengaruh adversity quotient dan task commitment terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 8(2), 206–216. Retrieved from https://journal.uny.ac.id/index.php/jrpm/article/view/36831/17272

Maulana. (2017). Konsep Dasar Matematika dan Pengembangan Kemampuan Berpikir Kritis-Kreatif. Sumedang: UPI Sumedang Press.

Putra, H. D., Herman, T. & Sumarmo, U. (2017). Development of Student Worksheets to Improve the Ability of Mathematical Problem Posing. International Journal on Emerging Mathematics Education, 1(1), 1-10. Retrieved from http://journal.uad.ac.id/index.php/IJEME/article/view/5507/pdf

Putri, A., Iswara, A. D., & Hakim, A. R. (2021). Menumbuhkembangkan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik dalam pembelajaran Matematika. Himpunan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika, 1(2), 124–133. Retrieved from http://jim.unindra.ac.id/index.php/himpunan/article/view/3599

Saputra, A. W., dkk. (2022). Menumbuhkembangkan kemampuan representasi matematis siswa dalam pembelajaran Matematika. Himpunan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika, 2(1), 49-60. Retrieved from https://jim.unindra.ac.id/index.php/himpunan/article/view/6573/pdf

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Syafrida, N. A. (2022). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep

Matematis Berdasarkan Hasil Belajar Siswa Kelas 10 MA. Prosiding Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 81-85. Retrieved from https://proceeding.unindra.ac.id/index.php/DPNPMunindra/article/view/5961

Zahid, A. (2016). Membangun Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Dengan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan E-Learning. Prosiding Seminar Nasional Matematika, 586-594. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/21559


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Sifa Fauziah Putri Pratama, Risalati Alfin Hasanah, Elma Yulianti Br Sidabutar.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Publisher:
UNIVERSITAS INDRAPRASTA PGRI

Address: Department of Mathematics Education | (Kampus A) TB. Simatupang, Jl. Nangka Raya No.58 C, RT.5/RW.5, Tj. Bar., Kec. Jagakarsa, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12530, Indonesia | (Kampus B) Jl. Raya Tengah No. 80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760, Indonesia
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
E-mail: kampus@unindra.ac.id

 

Creative Commons License
HIMPUNAN : Jurnal Ilmiah Mahasiswa is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.