Analisis Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas VIII MTs Safinatul Husna pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel

Umi Apniatul Fitri, Huri Suhendri, Rita Ningsih

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa kelas VIII di MTs Safinatul Husna. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualiatif dengan metode deskriptif. Penentuan subjek pada penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode Purposive Sampling. Subjek dalam penelitian ini adalah kelas VIII-B MTs Safinatul Husna yang terdiri dari 25 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen tes soal uraian kemampuan pemahaman konsep matematika siswa Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 36% siswa yang mempunyai tingkat pemahaman konsep matematika materi SPLDV dengan kriteria tinggi, 32% siswa yang mempunyai tingkat pemahaman konsep matematika materi SPLDV dengan kriteria sedang, dan 32% siswa yang mempunyai tingkat pemahaman konsep matematika materi SPLDV dengan kriteria rendah.

Keywords


Analisis; Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika; Pembelajaran Matematika; SPLDV.

Full Text:

PDF

References


Amallia, N, & Unaenah, E. (2018). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Pada Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Attadib Journal of Elementary Education, 3(2),123–133. https://www.jurnalfai-uikabogor.org/index.php/attadib/article/view/414/390

Andri, A., Dores, O. J., & Lina, A. H. (2020). Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Matematika Pada Siswa Sdn 01 Nanga Kantuk. J- PiMat: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 158–167. https://jurnal.stkippersada.ac.id/jurnal/index.php/jpimat/article/view/688/pdf

Anggraeni, S. T., Muryaningsih, S., & Ernawati, A. (2020). Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Matematika Di Sekolah Dasar. Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD), 1(1), 25–37. https://jurnalnasional.ump.ac.id/index.php/jrpd/article/view/7929/3247

Fajar, A. P., Kodirun, K., Suhar, S., & Arapu, L. (2019). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 17 Kendari. Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 229.

Farhan, M. & Hakim, A. R. (2021). Kemandirian Belajar, Adversity Quetiont Dan Kemampuan Penalaran Matematis Pada Implementasi Pembelajaran Daring Matakuliah Analisis Real. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 4(6), 1687–1698. Diakses melalui https://www.journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/jpmi/article/view/8683/2838

Kartika, R. W., Megawanti, P. & Hakim, A. R. (2021). Pengaruh adversity quotient dan task commitment terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 8(2), 206–216. https://journal.uny.ac.id/index.php/jrpm/article/view/36831/17272

Puspaningtyas, N. D. (2019). Berpikir Lateral Siswa SD dalam Pembelajaran Matematika. Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 24–30. https://ejurnal.teknokrat.ac.id/index.php/jurnalmathema/article/view/351/245

Putri, A., Iswara, A. D., & Hakim, A. R. (2021). Menumbuhkembangkan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik dalam pembelajaran Matematika. Himpunan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika, 1(2), 124–133. http://jim.unindra.ac.id/index.php/himpunan/article/view/3599

Rifaldiyah, Y. & Wardana. M. Y. S. (2019). Penerapan Model Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Kognitif Pemecahan Masalah Matematika. TSCJ, 2(1), 19–26. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/TSCJ/article/view/18380/10859

Sopamena, P. (2018). Matematika dan Era Globalisasi. FITL IAIN Ambon.

Wardani, F. (2020). An analysis of student’s concepts understanding about simple harmonic motion: Study in vocational high school. Journal of Physics: Conference Series, 1511(1). https://doi.org/10.1088/1742- 6596/1511/1/012079


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Umi Apniatul Fitri, Huri Suhendri, Rita Ningsih

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Publisher:
UNIVERSITAS INDRAPRASTA PGRI

Address: Department of Mathematics Education | (Kampus A) TB. Simatupang, Jl. Nangka Raya No.58 C, RT.5/RW.5, Tj. Bar., Kec. Jagakarsa, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12530, Indonesia | (Kampus B) Jl. Raya Tengah No. 80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760, Indonesia
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
E-mail: kampus@unindra.ac.id

 

Creative Commons License
HIMPUNAN : Jurnal Ilmiah Mahasiswa is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.