Pengaruh Model Pembelajaran SAVI terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis

Seva Ayu Ningsih, Seruni Seruni, Lin Mas Eva

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh Model Pembelajaran SAVI terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis kelas VII SMPI Al Hidayah Jakarta. Metode yang digunakan dalam penelitian kuantitatif dengan menggunakan Model Pembelajaran SAVI (Somatis, Auditori, Visual, Intelektual), ini dimana dari populasi kelas VII SMPI Al Hidayah Jakarta yang terdiri dari 50 siswa dari 2 kelas yang dipilih, diambil 25 siswa sebagai sampel pada kelas eksperimen dan 25 siswa sebagai sampel pada kelas kontrol. Pengambilan sampel penelitian ini menggunakan teknik random sampling. Sebelum dilakukan uji hipotesis data dilakukan terlebih dahulu uji persyaratan data yaitu uji normalitas dilakukan dengan mengunakan uji lilifors didapat kedua data tersebut berdistribusi normal dan uji homogenitas dengan menggunakan uji fisher didapat kedua data homogen. Selanjutnya dilakukan uji hipotesis dengan menggunakan uji t dan hasil uji t yang diperoleh nilai thitung > ttabel atau 2,106 > 2,021 dengan tingkat signifikan 0,05 sehingga dapat disimpulkan terdapat pengaruh model pembelajaran SAVI terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa.

Keywords


Pembelajaran SAVI; Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis; Pembelajaran Matematika.

Full Text:

PDF

References


Fauzi, F. G., dkk. (2021). Analisis Literasi Numerasi Siswa Kelas VIII di SMP Petri Jaya Jakarta Timur Pada Konten Aljabar. Himpunan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika, 1(2), 101-110. http://jim.unindra.ac.id/index.php/himpunan/article/view/4497/pdf

Hakim, A. R. (2015). Pengaruh Penggunaan Media Clock Set terhadap Hasil Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 3(3), 197-202. https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/Formatif/article/view/124/120

Kencanawati, S. A. M. M., Sariyasa., & Hartawan, I. G. N. Y. (2020). Pengaruh penerapan model pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visual, Intellectual) terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis. PHYTHAGORAS: Jurnal Pendidikan Matematika, 15(1), 13-23. https://journal.uny.ac.id/index.php/pythagoras/article/view/33006/pdf

Kurnia, F., Farhan, M., & Isnaningrum, I. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Kelas VIII MTs Pada Materi SPLDV. Himpunan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika, 2(1), 69-82. http://jim.unindra.ac.id/index.php/himpunan/article/view/6758/pdf

Maxwell, J. C. (2004). Berpikir Lain Dari Yang Biasanya (Thinking for A Change). Batam: Karisma Press.

Meier, D. (2005). The Accelerated Learning Handbook. Bandung: Kaifa.

Ngalimun. (2012). Stategi dan Model Pembelajaran. Banjarmasin: Aswaja Pressindo.

Putri, A., Iswara, A. D., & Hakim, A. R. (2021). Menumbuhkembangkan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik dalam pembelajaran Matematika. Himpunan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika, 1(2), 124-133. http://jim.unindra.ac.id/index.php/himpunan/article/view/3599

Sari, A. P., Jamaludin., & Hakim, A. R. (2021). Pengembangan Alat Peraga BACALA (Bangun Datar, Pecahan, Labirin) untuk Pembelajaran Matematika Tingkat Sekolah Dasar. Himpunan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika, 1(1). 1-10. http://jim.unindra.ac.id/index.php/himpunan/article/view/3116/pdf_1

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Seva Ayu Ningsih, Seruni Seruni, Lin Mas Eva.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Publisher:
UNIVERSITAS INDRAPRASTA PGRI

Address: Department of Mathematics Education | (Kampus A) TB. Simatupang, Jl. Nangka Raya No.58 C, RT.5/RW.5, Tj. Bar., Kec. Jagakarsa, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12530, Indonesia | (Kampus B) Jl. Raya Tengah No. 80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760, Indonesia
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
E-mail: kampus@unindra.ac.id

 

Creative Commons License
HIMPUNAN : Jurnal Ilmiah Mahasiswa is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.