Pengaruh Kemandirian Belajar Siswa terhadap Kemampuan Penalaran Matematis

Esti Dwi Octaviani, Theresia Avilla Sekar Arum, Mailizar Mailizar

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: Pengaruh Kemandirian Belajar terhadap Kemampuan Penalaran Matematis. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan pemberian angket untuk variabel bebas dan pemberian soal untuk variabel terikat. Sampel yang diambil untuk penelitian ini berasal dari populasi terjangkau peserta didik kelas XI SMAN 27 Kabupaten Tangerang tahun ajaran 2021/2022 dengan Teknik pengambilan simple random sampling. Metode penelitian yang digunakan peneliti adalah regresi sederhana. Sebelum melakukan uji hipotesis peneliti melakukan uji persyaratan data yaitu uji normalitas dan uji linearitas. Hasil perhitungan uji normalitas data menggunakan uji Liliefors menunjukkan bahwa data atau sampel berdistribusi normal. Pada hasil perhitungan uji linearitas menunjukkan bahwa regresi berpola linear. Hasil penelitian menyimpulkan terdapat pengaruh positif yang signifikan kemandirian belajar (X) terhadap kemampuan penalaran matematis (Y). Hal ini dibuktikan dengan ๐นโ„Ž๐‘–๐‘ก๐‘ข๐‘›๐‘” > ๐น๐‘ก๐‘Ž๐‘๐‘’๐‘™ (38,74 > 1,56)

Keywords


Kemandirian Belajar Siswa; Kemampuan Penalaran Matematis; Pembelajaran Matematika di SMA.

Full Text:

PDF

References


Akhdiyat, A. M., Hidayat, W. (2018). Pengaruh Kemandirian Belajar Matematik Siswa Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMA. JPMIโ€“Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 1(6), 1045-1054. https://www.journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/jpmi/article/view/1750/325

Alsalamah, N. A., Zaenuri., & Isnarto. (2020). Eksplorasi Kemampuan Penalaran Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa di Era Pandemi. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana UNNES. 195-199.

Astuti, F. S., Bintang, T. B., Utami, R. V., & Akbar, P. (2020). Pengaruh Kemandirian Belajar Matematik Siswa Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMP. Journal on Education, 2(3), 297-305. https://jonedu.org/index.php/joe/article/view/434/323

Bungsu, T. K., Vilardi, M., Akbar, P., & Bernard, M. (2019). Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Di Smkn 1 Cihampelas. Journal on Education, 1(2), 382-389. https://jonedu.org/index.php/joe/article/view/78/65

Fajriyah, L., Nugraha, Y., Akbar, P., & Bernard, M. (2019). Pengaruh Kemandirian Belajar Siswa SMP Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis. Journal On Education. 1(2), 288-296. https://jonedu.org/index.php/joe/article/view/66/54

Farhan, M. & Hakim, A. R. (2021). Kemandirian Belajar, Adversity Quetiont Dan Kemampuan Penalaran Matematis Pada Implementasi Pembelajaran Daring Matakuliah Analisis Real. JPMIโ€“Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(6), 1687-1698. https://www.journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/jpmi/article/view/8683/2838

Farhan, M. (2020). Kemandirian Belajar dan Kemampuan Penalaran Matematis pada Mata Kuliah Analisis Real. Prosiding Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, Jakarta, Vol.6, Hal 351-359. http://proceeding.unindra.ac.id/index.php/DPNPMunindra/article/view/4759/750

Mayasari, & Rosyana, T. (2019). Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Kota Bandung. Jurnal Cendikia Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 82โ€“89. https://www.j-cup.org/index.php/cendekia/article/view/66/65

Mulyana, A. & Sumarmo, U; (2015). Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematik dan Kemandirian Belajar Siswa SMP Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Didaktik Jurnal Ilmiah STKIP Siliwangi Bandung, 9(1), 40-51. http://e-journal.stkipsiliwangi.ac.id/index.php/didaktik/article/view/116

Nuridawani., Said, M., & Saiman. (2015). Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa Madrasah Tsanawiyah (MTs) melalui Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL). Jurnal Didaktik Matematika, 2(2), 59-71. https://jurnal.unsyiah.ac.id/DM/article/view/2815

Putera, I. K. J. A., Payadnya, I. P. A. A., & Puspadewi, K. R. (2019). Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas X SMA Negeri 6 Denpasar Tahun Ajaran 2018/2019. Prosiding Senama PGRI, (1), 71-79. https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/senama/article/view/330

Sugandi, A. I. (2013). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Setting Kooperatif Jigsaw Terhadap Kemandirian Belajar Siswa SMA. Infinity Jurnal Ilmiah Program Studi Matematika STKIP Siliwangi Bandung, 2(2), 144โ€“155. http://www.e-journal.stkipsiliwangi.ac.id/index.php/infinity/article/view/31

Sukmawati, Halim, S. N. H., & Istianah, N. (2020). Pengaruh Metakognisi, Konsep Diri dan Kemandirian Belajar terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas XI IPA SMAN 1 Gowa. Jurnal Matematika dan Statistika serta Aplikasinya, 8(1), 5-11. https://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/msa/article/view/JMSA.VOL8N1015/pdf_1

Undang-undang No. 20 Tahun 2003.

Wibowo, A. (2017). Pengaruh pendekatan pembelajaran matematika realistik dan saintifik terhadap prestasi belajar, kemampuan penalaran matematis dan minat belajar. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 4(1), 1. https://doi.org/10.21831/jrpm.v4i1.10066

Zannati, G. N., Fitrianna, A. Y, & Rohaeti, E. E. (2018). Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa pada Materi Perbandingan. JPMIโ€“Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 1(2), 107-112. https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/jpmi/article/view/97/994


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Esti Dwi Octaviani, Theresia Avilla Sekar Arum, Mailizar.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Publisher:
UNIVERSITAS INDRAPRASTA PGRI

Address: Department of Mathematics Education | (Kampus A) TB. Simatupang, Jl. Nangka Raya No.58 C, RT.5/RW.5, Tj. Bar., Kec. Jagakarsa, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12530, Indonesiaย | (Kampus B) Jl. Raya Tengah No. 80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760, Indonesia
Phone: +62 (021) 7818718 โ€“ 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
E-mail:ย kampus@unindra.ac.id

ย 

Creative Commons License
HIMPUNAN : Jurnal Ilmiah Mahasiswa is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.