Pengaruh Penalaran Matematis terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arcat. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Write-Pair-Squar Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMA Negeri 2 Bangkinang. Supremum Journal of Mathematics Education (SJME), 1(1), 1-6. Diakses melalui https://journal.unsika.ac.id/index.php/supremum/article/view/547/641
Damayanti, R. (2012). Penerapan Model Pembelajaran Berbalik (Reciprocal Teaching) Terhadap Kemampuan Penalaran Matematika SMP. Bandung: unpas.ac.id
Farhan, M. & Hakim, A. R. (2021). Kemandirian Belajar, Adversity Quetiont Dan Kemampuan Penalaran Matematis Pada Implementasi Pembelajaran Daring Matakuliah Analisis Real. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 4(6), 1687-1698. Diakses melalui https://www.journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/jpmi/article/view/8683/2838
Hartati, M., & Surya E. (2017). Peningkatan Kemampuan Komunikasi dan Penalaran Matematis Siswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD pada SMK di Pangkalan Brandan. unimed.ac.id
Hutagalung, A., & Harahap, M. (2018). Peningkatan Kemampuan Spasial Siswa Melalui Penggunaan Model Auditory, Intellectually, Repetition (AIR) Di SMP Negeri 1 Pinangsori. Jurnal MathEdu (Mathematic Education Journal), 1(1), 15-23. Diakses melalui https://journal.ipts.ac.id/index.php/MathEdu/article/view/296/266
Jihad, A., & Haris, A. (2013). Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo.
Karunia. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika. Karawang: Refika Aditama.
Kemendikbud. (2014). Konsep dan Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
Luritawaty, I. P. (2018). Pembelajaran Take and Give dalam Upaya Mengembangkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 179-188. Diakses melalui https://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/mosharafa/article/view/mv7n2_3/59
Putri, A., Iswara, A. D., & Hakim, A. R. (2021). Menumbuhkembangkan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik dalam pembelajaran Matematika. Himpunan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika, 1(2), 124-133. Diakses melalui http://www.jim.unindra.ac.id/index.php/himpunan/article/view/3599/pdf
Rahman, R., & Maarif. (2014). Pengaruh Penggunaan Metode Discovery Terhadap Kemampuan Analogi Matematika Siswa SMK Al-Ikhsan Pamarican Kabupaten Ciamis Jawa Barat. Ilmu Ilmiah Program Studi Matematika STIKIP Siliwangi Bandung, 3(1), 33-56. Diakses melalui http://e-journal.stkipsiliwangi.ac.id/index.php/infinity/article/view/38/37
Sugiono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sukirwan., Darhim., & Herman, T. (2018). Analysis of Students’ Mathematical Reasoning. Journal of Physics, 9(8), 1-7. Diakses melalui https://iopscience.iop.org/article/10.1088/1742-6596/948/1/012036/pdf
Sumartini, T. S. (2015). Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 71. Diakses melalui https://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/mosharafa/article/view/mv4n1_1/244
Supardi, U. S. (2016). Aplikasi Statistika dalam Penelitain Edisi Revisi. Jakarta: Change Publication.
Syaharuddin. (2016). Deskripsi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Dalam Hubungan Dengan Pemahaman Konsep Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa Kelas VIII SMPN 4 Binamu Kebupaten Janeponto. Makassar: Unviversitas Negeri Maksasar. Diakses melalui http://eprints.unm.ac.id/4405/
Wahyuni, I., & Kharimah, N. I. (2017). Analisis Kemampuan Pemahaman dan Penalaran Matematis Mahasiswa Tingkat IV Materi Sistem Bilangan Kompleks pada Mata Kuliah Analisis Kompleks. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 1(2), 228-240. Diakses melalui https://jurnal.ugj.ac.id/index.php/JNPM/article/view/608/443
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Fadillah Nurul Annisa
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Publisher:
UNIVERSITAS INDRAPRASTA PGRI
Address: Department of Mathematics Education | (Kampus A) TB. Simatupang, Jl. Nangka Raya No.58 C, RT.5/RW.5, Tj. Bar., Kec. Jagakarsa, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12530, Indonesia | (Kampus B) Jl. Raya Tengah No. 80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760, Indonesia
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
E-mail: kampus@unindra.ac.id
HIMPUNAN : Jurnal Ilmiah Mahasiswa is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.