Pengaruh Penalaran Matematis terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa

Hilaliyah Hilaliyah, Fadillah Nurul Annisa

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penalaran matematis terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa. Metode dari penelitian ini menggunakan metode korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik sampling jenuh, dengan populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMP Darul Ma’Arif Jakarta dan sampel sebanyak 32 siswa. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji deskriptif, uji persyaratan analisis, dan uji hipotesis. Dari hasil perhitungan dan pengolahan data yang telah dilakukan, didapat persamaan regresi X. Kemudian didapat nilai koefisien determinasi yaitu 41,01% menunjukkan bahwa kemampuan pemahaman konsep matematika siswa dipengaruhi oleh faktor penalaran matematis sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain. Setelah dilakukan uji signifikan koefisien korelasi memperoleh hasil perhitungan thitung sebesar 4,558 pada taraf 5% diperoleh ttabel sebesar 2,042 sehingga dapat disimpulkan terdapat pengaruh positif yang signifikan penalaran matematis terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa.

Keywords


Penalaran Matematis, Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika

Full Text:

PDF

References


Arcat. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Write-Pair-Squar Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMA Negeri 2 Bangkinang. Supremum Journal of Mathematics Education (SJME), 1(1), 1-6. Diakses melalui https://journal.unsika.ac.id/index.php/supremum/article/view/547/641

Damayanti, R. (2012). Penerapan Model Pembelajaran Berbalik (Reciprocal Teaching) Terhadap Kemampuan Penalaran Matematika SMP. Bandung: unpas.ac.id

Farhan, M. & Hakim, A. R. (2021). Kemandirian Belajar, Adversity Quetiont Dan Kemampuan Penalaran Matematis Pada Implementasi Pembelajaran Daring Matakuliah Analisis Real. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 4(6), 1687-1698. Diakses melalui https://www.journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/jpmi/article/view/8683/2838

Hartati, M., & Surya E. (2017). Peningkatan Kemampuan Komunikasi dan Penalaran Matematis Siswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD pada SMK di Pangkalan Brandan. unimed.ac.id

Hutagalung, A., & Harahap, M. (2018). Peningkatan Kemampuan Spasial Siswa Melalui Penggunaan Model Auditory, Intellectually, Repetition (AIR) Di SMP Negeri 1 Pinangsori. Jurnal MathEdu (Mathematic Education Journal), 1(1), 15-23. Diakses melalui https://journal.ipts.ac.id/index.php/MathEdu/article/view/296/266

Jihad, A., & Haris, A. (2013). Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo.

Karunia. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika. Karawang: Refika Aditama.

Kemendikbud. (2014). Konsep dan Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Luritawaty, I. P. (2018). Pembelajaran Take and Give dalam Upaya Mengembangkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 179-188. Diakses melalui https://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/mosharafa/article/view/mv7n2_3/59

Putri, A., Iswara, A. D., & Hakim, A. R. (2021). Menumbuhkembangkan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik dalam pembelajaran Matematika. Himpunan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika, 1(2), 124-133. Diakses melalui http://www.jim.unindra.ac.id/index.php/himpunan/article/view/3599/pdf

Rahman, R., & Maarif. (2014). Pengaruh Penggunaan Metode Discovery Terhadap Kemampuan Analogi Matematika Siswa SMK Al-Ikhsan Pamarican Kabupaten Ciamis Jawa Barat. Ilmu Ilmiah Program Studi Matematika STIKIP Siliwangi Bandung, 3(1), 33-56. Diakses melalui http://e-journal.stkipsiliwangi.ac.id/index.php/infinity/article/view/38/37

Sugiono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sukirwan., Darhim., & Herman, T. (2018). Analysis of Students’ Mathematical Reasoning. Journal of Physics, 9(8), 1-7. Diakses melalui https://iopscience.iop.org/article/10.1088/1742-6596/948/1/012036/pdf

Sumartini, T. S. (2015). Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 71. Diakses melalui https://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/mosharafa/article/view/mv4n1_1/244

Supardi, U. S. (2016). Aplikasi Statistika dalam Penelitain Edisi Revisi. Jakarta: Change Publication.

Syaharuddin. (2016). Deskripsi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Dalam Hubungan Dengan Pemahaman Konsep Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa Kelas VIII SMPN 4 Binamu Kebupaten Janeponto. Makassar: Unviversitas Negeri Maksasar. Diakses melalui http://eprints.unm.ac.id/4405/

Wahyuni, I., & Kharimah, N. I. (2017). Analisis Kemampuan Pemahaman dan Penalaran Matematis Mahasiswa Tingkat IV Materi Sistem Bilangan Kompleks pada Mata Kuliah Analisis Kompleks. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 1(2), 228-240. Diakses melalui https://jurnal.ugj.ac.id/index.php/JNPM/article/view/608/443


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Fadillah Nurul Annisa

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Publisher:
UNIVERSITAS INDRAPRASTA PGRI

Address: Department of Mathematics Education | (Kampus A) TB. Simatupang, Jl. Nangka Raya No.58 C, RT.5/RW.5, Tj. Bar., Kec. Jagakarsa, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12530, Indonesia | (Kampus B) Jl. Raya Tengah No. 80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760, Indonesia
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
E-mail: kampus@unindra.ac.id

 

Creative Commons License
HIMPUNAN : Jurnal Ilmiah Mahasiswa is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.