Keefektifan Penggunaan Google Meet pada Pembelajaran Matematika di masa Pandemi Covid-19

Anggi Rachma Cipta Ramadhani, Saiidah Saiidah, Maria Fransisca, Hanum Listya Anggraini Marjono, Galang Prasetya, Eva Yuni Rahmawati

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana efektivitas pembelajaran matematika dengan menggunakan media aplikasi Google Meet di masa pandemi Covid-19. Dalam pembelajaran matematika di masa pandemi saat ini, guru harus mampu menerapkan kegiatan pembelajaran dengan baik meskipun dengan adanya aturan social distancing. Salah satu solusinya yaitu melakukan kegiatan pembelajaran dalam jaringan secara virtual dengan menggunakan media aplikasi Google Meet. Aplikasi Google Meet menyediakan fitur yang mendukung pelaksanaan pembelajaran secara daring, bersifat gratis, dan penggunaan kuota internet yang lebih efisien atau lebih stabil. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas penggunaan Google Meet sebagai media pembelajaran daring selama pandemi Covid-19. Metode penelitian yang digunakan yaitu Literature Review. Metode dalam pencarian sumber data artikel dilakukan melalui database resources Google Scholar (2020-2021) untuk mengambil artikel yang relevan yang diterbitkan dalam Bahasa Indonesia. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Google Meet efektif digunakan sebagai media pembelajaran daring, khususnya selama pandemi Covid-19.

Keywords


Keefektifan Penggunaan Google Meet; Pembelajaran Matematika; Pandemi Covid-19.

Full Text:

PDF

References


Abidin, Z. (2020). Belajar Matematika di Era Covid-19. 1–2. https://doi.org/10.31219/osf.io/nrbu7

Aisyah, S., & Sari, D. I. (2021). Efektivitas Penggunaan Platform Google meet Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal MathEdu (Mathematic Education Journal). 4(1), 45–49. Diakses pada link https://journal.ipts.ac.id/index.php/MathEdu/article/view/2313

Arsyad, M. N., & Tobing, S. M. (2021). Implementasi Pembelajaran Daring Berbasis Google Meet pada Mahasiswa IKIP Budi Utomo Malang. Jurnal Nalar Pendidikan, 9(1), 24-29. Diakses pada link https://ojs.unm.ac.id/nalar/article/view/24-29

Farid, M., Utami, A. D., & Rohman, N. (2021). Penerapan Aplikasi Google Meet pada Pembelajaran Sosiologi Ekonomi di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Edutama, 1–12. Diakses pada link http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/1742/

Hermanto. (2020). Pemanfaatan Google meet untuk Pembelajaran Daring. Di akses pada link https://republika.co.id/berita/qhj39g34/pemanfaatangoogle-meet-untukpembelajaran-daring

Juniarti, N. M. E., & Rasna, I. W. (2020). Pemanfaatan Aplikasi Googel Meet Dalam Keterampilan Menyimak dan Berbicara untuk Pembelajaran Bahasa pada Masa Pandemi Covid-19.Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Bahasa Indonesi. 9(2), 133-141. Diakses pada link https://ejournal-pasca.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_bahasa/article/view/3537/pdf

Kemendikbud. (2020). Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran. KEMENDIKBUD: Jakarta

Khasanah, D. R. A. U., dkk. (2020). Pendidikan Dalam Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Sinestesia. 10(1), 41–48. https://sinestesia.pustaka.my.id/journal/article/view/44

Maulia, P. S., & Purnama, H. (2021). Efektivitas Google meet Sebagai Media Pembelajaran Daring Selama Pandemi Covid-19 pada Mahasiswa Digital PR Telkom University. eProceedings of Management. 8(2). Diakses pada link https://openlibrarypublications.telkomuniversity.ac.id/index.php/management/article/view/14872/14649

Muniroh, S. H., dkk. (2020). Efetivitas Pembelajaran Matematika Melalui Media Google meet Ditinjau dari Hasil Belajar Siswa di Masa Pandemi Covid-19. EDISI: Jurnal Edukasi dan Sains. 2(2), 410-419. Diakses pada link https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/edisi/article/view/1059

Mustakim. (2020). Efektivitas Pembelaharan Daring Menggunakan Media Online Selama Pandemi Covid-19 Pada Mata Pelajaran Matematika. Al asma: Journalof Islamic Education. 2(1), 1-12. Diakses pada link https://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/alasma/article/view/13646

Mutaqin, E. J., dkk. (2021). The Effectiveness of Whatsapp-Based Online Learning in Class Students IV SD Negeri Babakandesa. Seminar Nasional Pendidikan dan Kewirausahaan (SNPK 2020). 4(1), 117-122. Diakses pada link https://jurnal.uns.ac.id/SHES/article/download/48583/30234#:~:text=Menurut%20Slavin%20(Triwibowo%2C%202015),Intensif%20dan%20(d)%20Waktu.

Nalurita, S. (2020). Pemanfaatan Aplikasi Google Meet pada Mata Kuliah Teknik Proyeksi Bisnis Semester Gasal Tahun Pelajaran 2020/2021 di Universitas Dirgantara Marsekal Suryadarma (UNSURYA) (Studi pada Mahasiswa Prodi Manajemen Kelas G). Jurnal Ilmiah Manajemen Surya Pasca Scientia, 10(1). Diakses pada link https://journal.universitassuryadarma.ac.id/index.php/jimspc/article/view/593

Nurazizah, A., & Widiansyah, S. (2021). Penggunaan Media Google Meet pada Proses Pembelajaran Mahasiswa Pendidikan Sosiologi di Masa Pandemi Covid-19. EDISI, 3(1), 22-27. Diakses pada link https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/edisi/article/view/1210

Padha, M. I. B., Sutijono, S., & Farid, D. A. M. (2021). Pengaruh Penggunaan Teknik Self-Management Dalam Konseling Kelompok Melalui Google Meet Terhadap Prokrastinasi Akademik Siswa Dalam Pembelajaran Daring Saat Pandemi Covid-19 Di Sma Dr. Soetomo Surabaya. G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 6(1), 129-136. Diakses pada link http://journal.upy.ac.id/index.php/bk/article/view/2192

Pernantah, P. S., Nova, N., & Ramadhani, A. S. (2021). Penggunaan Aplikasi Google Meet dalam Menunjang Keefektifan Belajar Daring Masa Pandemi Covid-19 di SMA Negeri 3 Pekanbaru. Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 21(1), 45-50. Diaskes pada link http://pedagogi.ppj.unp.ac.id/index.php/pedagogi/article/view/991

Prisuna, B. F. (2021). Pengaruh Penggunaan Aplikasi Google meet terhadap Hasil Belajar. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan. 14(2), 137-147. Diakses pada link https://journal.uny.ac.id/index.php/jpip/article/view/39160/16703

Purnama, Y. I. (2021). Analisis Respon Mahasiswa Terhadap Pengimplementasian Google Meet Pada Matakuliah Speaking For Daily Context. Prosiding Penelitian Pendidikan dan Pengabdian 2021, 1(1), 237-241. Diakses pada link http://prosiding.rcipublisher.org/index.php/prosiding/article/view/141

Purnamasari, M., dkk. (2017). Upaya Meningkatkan hasil Belajar Matematika Terhadap Konsep Bangun Ruang Materi Luas dan Volume Balok dan Kubus Menggunakan Metode Drill Sekolah SMK Islam Al-Ghazali Kelas VIII. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan MAtematika dan Matematika. 3(1), 45-52. Diakses pada link https://jurnal.umj.ac.id/index.php/fbc/article/download/1728/1765

Rahayu, S., & Pahlevi, T. (2021). Pengaruh media pembelajaran e-learning dengan google meet terhadap hasil belajar siswa. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 5(1), 91-99. Diakses pada link https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJL/article/view/32919

Sari, A. P., Jamaludin, J., & Hakim, A. R. (2021). Pengembangan alat peraga BACALA (bangun datar, pecahan, labirin) untuk pembelajaran Matematika tingkat Sekolah Dasar. Himpunan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika, 1(1), 1-10. Diakses pada link http://www.jim.unindra.ac.id/index.php/himpunan/article/view/3116/pdf_1

Sari, N. (2021). Pemanfaatan Aplikasi Google meet Pada Mata Kuliah Teknik Proyeksi Bisnis Semester Gasal Tahun Pelajaran 2020/2021 Di Universitas Dirgantara Marsekal Suryadarma (UNSURYA). Jurnal Ilmiah Manajemen Surya PascaScientia. 10(1), 22-30. Diakses pada link https://journal.universitassuryadarma.ac.id/index.php/jimspc/article/view/593/564

Simanjuntak, J., & Simangunsong, M. I. (2021). Perkembangan Matematika dan Pendidikan Matematika di Indonesia Berdasarkan Filosofi. SERPEN: Journal of Mathematics Education and Applied. 2(2), 32-39. Diakses pada link https://jurnal.uhn.ac.id/index.php/sepren/article/download/512/222/

Tampang, B. L. (2012). Peran Teknologi Informasi dala Pengembangan Vokasi Pendidikan Tinggi. Seminar Internasional, Peran LPTK Dalam Pengembangan Pendidikan Vokasi di Indonesia. Diakses pada link https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/APTEKINDO/article/view/81

Trisnawati. (2021). Penerepan Aplikasi Google meet Dalam Pembelajaran Matematika di Kelas XI SMA Negeri 9 Samarinda Pada Masa Pandemi Covid-19. Sistema: Jurnal Pendidikan. 2(1), 19-26. Diakses pada link https://jurnal.fkip-uwgm.ac.id/index.php/sjp/article/view/718

Wahyuni, V. N. (2021). Efektifitas penggunaan google meet dalam pembelajaran daring terhadap peningkatan hasil belajar siswa kelas V SD Al Islam Plus Krian Sidoarjo (Doctoral dissertation, UIN Sunan Ampel Surabaya). Diakses pada link http://digilib.uinsby.ac.id/46396/2/Vivin%20Nur%20Wahyuni_D07217032.pdf

Yuliana, D. (2022). Efektivitias Penggunaan Google meet Sebagai Media Pembelajaran Daring Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi (JUKANTI). 5(1), 8-19. Diakses pada link https://ojs.cbn.ac.id/index.php/jukanti/article/download/378/181

Zulyadaini. (2016). Perbandingan Hasil Belajar Matematika Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Coop-Coop Dengan Konvensional. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi. 16(1), 153-158. Diakses pada link https://media.neliti.com/media/publications/225355-perbandingan-hasil-belajar-matematika-mo-46b604d6.pdf.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Anggi Rachma Cipta Ramadhani, Saiidah, Maria Fransisca, Hanum Listya Anggraini Marjono, Galang Prasetya, Eva Yuni Rahmawati.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Publisher:
UNIVERSITAS INDRAPRASTA PGRI

Address: Department of Mathematics Education | (Kampus A) TB. Simatupang, Jl. Nangka Raya No.58 C, RT.5/RW.5, Tj. Bar., Kec. Jagakarsa, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12530, Indonesia | (Kampus B) Jl. Raya Tengah No. 80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760, Indonesia
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
E-mail: kampus@unindra.ac.id

 

Creative Commons License
HIMPUNAN : Jurnal Ilmiah Mahasiswa is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.