Analisis Kemampuan Komunikasi Matematika Dalam Menyelesaikan Masalah Pada Pokok Bahasan Sistem Persamaan Linier Tiga Variabel Siswa Kelas X MA Al Khairiyah

Paizah Paizah, Nurhayati Nurhayati

Abstract


Tujuan penelitian adalah untuk menganalisis: (1) kemampuan komunikasi matematika siswa berkemampuan tinggi dalam menyelesaikan masalah pada Pokok Bahasan Sistem Persamaan Linier Tiga Variabel; (2) kemampuan komunikasi matematika siswa berkemampuan sedang dalam menyelesaikan masalah pada Pokok Bahasan Sistem Persamaan Linier Tiga Variabel; (3) kemampuan komunikasi matematika siswa berkemampuan rendah dalam menyelesaikan masalah pada Pokok Bahasan Sistem Persamaan Linier Tiga Variabel. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif yang melibatkan 36 orang siswa kelas X IPS di MA Al Khairiyah Mampang Prapatan Jakarta Selatan. Sebagai subjek penelitian diambil 2 siswa yang berkemampuan tinggi, 2 siswa yang berkemampuan sedang, dan 2 siswa yang berkemampuan rendah. Analisis data dilakukan dengan tes tulis dan wawancara. Data dianalisis menggunakan indikator kemampuan komunikasi matematika. Hasil dari penelitian ini diketahui bahwa siswa kelas X IPS terbagi menjadi kemampuan komunikasi rangking tinggi, sedang, dan rendah. Siswa kurang mampu dalam mengekspresikan ide-ide matematika melalui soal cerita termasuk dalam kategori berkemampuan rendah. Siswa yang mampu dalam menjelaskan masalah soal cerita dalam bentuk rumus matematika pada Sistem Persamaan Linier Tiga Variabel termasuk dalam kategori berkemampuan sedang, dan siswa yang mampu dalam menyatakan peristiwa sehari-hari dalam bahasa atau simbol matematika pada Sistem Persamaan Linier Tiga Variabel termasuk dalam kategori berkemampuan tinggi

Full Text:

PDF

References


Al Ayyubi, I. I., Erwanudin, & Bernard, M. (2018). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMA. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(3), 355-360. https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/jpmi/article/view/281/127

Andinny, Y. (2015). Pengaruh Konsep Diri dan Berpikir Positif terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 3(2), 126-135. http://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/Formatif/article/viewFile/119/116

Ansari, B. I. 2016. Komunikasi Matematik, Strategi Berpikir dan Manajemen Belajar: Konsep dan Aplikasi. Banda Aceh: Penerbit PeNA.

Arikunto, S. 2010. Prosedur penelitian: Suatu Pendekatan Praktik (Edisi Revisi). Jakarta: Rineka Cipta.

Ayundhaningrum, Y., & Siagian, R. E. F. (2017). Pengaruh Kedisipinan dan Kemandirian Belajar terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 3(1), 23-32. https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/jkpm/article/view/2060/2197

BSNP. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Departemen Pendidikan Nasional, 2003. Undang-undang No.20 Tahun 2003, Tentang Sistem Pendidikan Nasional, Jakarta: Depdiknas.

Dilla, S. C., Hidayat, W., & Rohaeti, E. E. (2018). Faktor Gender dan Resiliensi dalam Pencapaian Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMA. Journal of Medives, 2(1), 129–136. https://e-journal.ivet.ac.id/index.php/matematika/article/view/553/563

Hakim, A. R. (2015). Analisis Prestasi Belajar Matematika Ditinjau Dari Kecerdasan Spiritual Dan Sikap Peserta Didik Pada Pelajaran Matematik. Seminar Nasional Pendidikan Matematika.

Hendriana, H., & Sumarmo, U. (2014). Penilaian Pembelajaran Matematika. Bandung: Refika Aditama.

Jumiati, Y., & Zanthy, L. S. (2020). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Persamaan dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel. JPMI (JurnalPembelajaran Matematika Inovatif), 3(1), 11-18. https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/jpmi/article/view/3682/1314

National Council of Teachers of Mathematics (NCTM). 2015. Curriculum and Evaluation Standards for School Mathematics. Reston. Virginia: NCTM.

Winiarsih, I., Hakim, A. R., & Sari, N. I. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis dalam Menyelesaikan Soal Matriks Ditinjau dari Gaya Belajar. JPT (Jurnal Pendidikan Tematik), 2(1), 139-146. https://www.siducat.org/index.php/jpt/article/view/254/185


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Paizah Paizah, Nurhayati Nurhayati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Publisher:
UNIVERSITAS INDRAPRASTA PGRI

Address: Department of Mathematics Education | (Kampus A) TB. Simatupang, Jl. Nangka Raya No.58 C, RT.5/RW.5, Tj. Bar., Kec. Jagakarsa, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12530, Indonesia | (Kampus B) Jl. Raya Tengah No. 80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760, Indonesia
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
E-mail: kampus@unindra.ac.id

 

Creative Commons License
HIMPUNAN : Jurnal Ilmiah Mahasiswa is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.