Meningkatkan Kemampuan Literasi-Numerasi untuk Mengembangkan Pemahaman Konsep dalam Pembelajaran Matematika Peserta Didik
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alberta. (2018). Literacy and Numeracy Progressions. (Online), (https://education.alberta.ca/literacy-and-numeracy/), diakses 3 Februari 2022.
Anggrieni, N. & Putri, R. I. I. (2018). Analisis Kemampuan Literasi Matematika Siswa Kelompok Kecil Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Tipe PISA. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Ahamad Dahlan, Vol.6, Hal 472–481. http://seminar.uad.ac.id/index.php/sendikmad/article/view/1065/pdf
Arifin, M. & Hakim, A. R. (2021). Kajian karakter tokoh pandawa dalam kisah mahabharata diselaraskan dengan pendidikan karakter bangsa Indonesia. Jurnal Syntax Transformation, 2(5), 613-623. https://doi.org/10.46799/jurnalsyntaxtransformation.v2i3.284.
Diana, P., Marethi, I., & Pamungkas, A. S. (2020). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa: Ditinjau dari Kategori Kecemasan Matematik. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 4(1), 24–32. https://journal.unsika.ac.id/index.php/supremum/article/view/2033/pdf_12
Direktorat, S. D. (2021). Pendidikan, Kementerian Teknologi, D A N Dasar, Direktorat Sekolah Pengantar, Kata. Modul Literasi Numerasi Di Sekolah Dasar, 1, 22. http://ditpsd.kemdikbud.go.id/upload/filemanager/2021/06/2 Modul Literasi Numerasi.pdf
Fadhila, El, Husna. dkk (2014). Penerapan Strategi REACT dalam Meningkatkan Kemamupan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas X SMAN 1 Batang Anai. Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 72–78. https://drive.google.com/file/d/0B-k3cSUkM3IyeHF3ZVRyRkRQTDQ/view?pli=1&resourcekey=0-AlYd1kFvCXs0n6eqRvdJ0w
Fauzi, F. G., dkk. (2021). Analisis literasi numerasi siswa kelas VIII di SMP Petri Jaya Jakarta Timur pada konten aljabar. Himpunan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika, 1(2), 83-91. http://jim.unindra.ac.id/index.php/himpunan/article/view/4497/pdf
Fiad, U., Suharto., & Kurniati, D. (2017). Identifikasi Kemampuan Literasi Matematika Siswa Smp Negeri 12 Jember Dalam Menyelesaikan Soal PISA Konten Space and Shape. Kadikma: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 8(1), 72–78. https://jurnal.unej.ac.id/index.php/kadikma/article/view/5256/3975
Hasibuan, L. S. (2021). Resmi! UN & Ujian Kesetaraan Dihapus 2021, Lulus Pakai Rapor. CNBC Indonesia. Diakses pada 2 Februari 2022
Indrawati, F., & Hartati, L. (2017). Peran Penguasaan Dasar Matematika dan Persepsi Mahasiswa Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Mata Kuliah Kalkulus I. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 7(2), 107–114. https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/Formatif/article/view/2226/1686
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2017). Gerakan Literasi Nasional. (Online), (http://gln.kemdikbud.go.id). Diakses 2 Februari 2022
Khakima, L. N., Marlina, L., & Zahra, S.F.A. (2021). Penerapan Literasi Numerasi dalam Pembelajaran Siswa MI/SD. Prosiding SEMAI Seminar Nasional PGMI 2021, 775–792. https://proceeding.iainpekalongan.ac.id/index.php/semai/article/view/430/135
Kharizmi, M. (2021). Kesulitan Siswa Sekolah Dasar Dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi. Ragam: Jurnal Multidisiplin Ilmu, 2(3), 102–108. http://www.journal.umuslim.ac.id/index.php/rg/article/view/917/699
Makki, S. (2019). Nadiem Hapus Ujian Nasional Mulai 2021. https://www.cnnindonesia.com/nasional/20191211112022-20-455978/nadiem-hapus-ujian-nasional-mulai-2021. Diakses pada 2 Februari 2022
Nehru, N. A. (2019). Asesmen Komptenesi Sebagai Bentuk Perubahan Ujian Nasional Pendidikan Indonesia: Analisis Dampak Dan Problem Solving Menurut Kebijakan Merdeka Belajar. https://www.coursehero.com/file/p1l1e8r3/berkapasitas-kecil-sehingga-bisa-menghemat-biaya-Kemampuan-numerasi-membutuhkan/
Pangesti, F. T. P. (2018). Menumbuhkembangkan Literasi Numerasi Pada Pembelajaran Matematika Dengan Soal Hots. Indonesian Digital Journal of Mathematics and Education, 5(9): 566–575. http://idealmathedu.p4tkmatematika.org/articles/IME-V5.9-21-Pangesti.pdf
Prenzel, M., Blum, W., & Klieme, E. (2015). Assessing Mathematical Literacy. Assessing Mathematical Literacy: The PISA Experience. https://doi.org/10.1007/978-3-319-10121-7
Pusat Asesmen dan Pembelajaran Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. (2021). Asesmen Nasional. (Online). https://anbk.kemdikbud.go.id/ Diakses pada 3 Februari 2022
Rohim, D. C., Rahmawati, S., & Ganestri, I. D. (2021). Konsep Asesmen Kompetensi Minimum Meningkatkan Kemampuan Literasi Numerasi Sekolah Dasar untuk Siswa. Jurnal Varidika, 33(1), 54–62. https://journals.ums.ac.id/index.php/varidika/article/view/14993/6810
Salim & Prajono, R. (2018). Profil Kemampuan Literasi Matematis Siswa Kelas VIII1 SMP Negeri 9 Kendari. Jurnal Ideal Mathedu. 05(09): 594–602. http://idealmathedu.p4tkmatematika.org/articles/IME-V5.9-29-Salim-Prajono.pdf
Sari, R. H. N. (2015). Literasi Matematika: Apa, Mengapa dan Bagaimana? Prosiding Seminar Nasional Matematika dana Pendidikan Matematika. 713–720. http://seminar.uny.ac.id/semnasmatematika/sites/seminar.uny.ac.id.semnasmatematika/files/banner/PM-102.pdf
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Publisher:
UNIVERSITAS INDRAPRASTA PGRI
Address: Department of Mathematics Education | (Kampus A) TB. Simatupang, Jl. Nangka Raya No.58 C, RT.5/RW.5, Tj. Bar., Kec. Jagakarsa, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12530, Indonesia | (Kampus B) Jl. Raya Tengah No. 80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760, Indonesia
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
E-mail: kampus@unindra.ac.id
HIMPUNAN : Jurnal Ilmiah Mahasiswa is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.