Meningkatkan Kemampuan Literasi-Numerasi untuk Mengembangkan Pemahaman Konsep dalam Pembelajaran Matematika Peserta Didik

Anggi Nur A'ini Inayah, Gizka Paundria Nagari, Kevin Setiawan, Nur Anisah

Abstract


Artikel ini merupakan hasil literature review tentang kemampuan literasi numerasi untuk mengembangkan pemahaman konsep dalam pembelajaran matematika. Penulisan artikel ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan secara menyeluruh mengenai pentingnya kemampuan literasi numerasi dalam mengembangkan kemampuan pemahaman konsep dalam pembelajaran matematika. Hasil yang didapatkan dalam penulisan artikel ini berupa uraian definisi kemampuan literasi numerasi dan pemahaman konsep, uraian indikator pada kemampuan literasi numerasi dan pemahaman konsep, lalu uraian peran penting kemampuan literasi numerasi dalam konteks memahami konsep pada pembelajaran matematika, dan upaya yang dilakukan dalam meningkatkan kemampuan literasi numerasi serta mengembangkan kapabilitas pemahaman konsep dalam pembelajaran matematika pada diri peserta didik. Melalui artikel ini didapatkan juga bagaimana langkah guru dalam membangun minat literasi dan pemahaman konsep pada peserta didik di setiap kegiatan pembelajaran matematika. Bersamaan dengan artikel ini, dapat ditarik simpulan bahwa guru dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran matematika harus dapat mendorong peserta didik dalam hal memahami konsep untuk memudahkan memahami makna ataupun materi dalam pembelajaran.

Keywords


Literasi Numerasi; Pemahaman Konsep; Pembelajaran Matematika.

Full Text:

PDF

References


Alberta. (2018). Literacy and Numeracy Progressions. (Online), (https://education.alberta.ca/literacy-and-numeracy/), diakses 3 Februari 2022.

Anggrieni, N. & Putri, R. I. I. (2018). Analisis Kemampuan Literasi Matematika Siswa Kelompok Kecil Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Tipe PISA. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Ahamad Dahlan, Vol.6, Hal 472–481. http://seminar.uad.ac.id/index.php/sendikmad/article/view/1065/pdf

Arifin, M. & Hakim, A. R. (2021). Kajian karakter tokoh pandawa dalam kisah mahabharata diselaraskan dengan pendidikan karakter bangsa Indonesia. Jurnal Syntax Transformation, 2(5), 613-623. https://doi.org/10.46799/jurnalsyntaxtransformation.v2i3.284.

Diana, P., Marethi, I., & Pamungkas, A. S. (2020). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa: Ditinjau dari Kategori Kecemasan Matematik. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 4(1), 24–32. https://journal.unsika.ac.id/index.php/supremum/article/view/2033/pdf_12

Direktorat, S. D. (2021). Pendidikan, Kementerian Teknologi, D A N Dasar, Direktorat Sekolah Pengantar, Kata. Modul Literasi Numerasi Di Sekolah Dasar, 1, 22. http://ditpsd.kemdikbud.go.id/upload/filemanager/2021/06/2 Modul Literasi Numerasi.pdf

Fadhila, El, Husna. dkk (2014). Penerapan Strategi REACT dalam Meningkatkan Kemamupan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas X SMAN 1 Batang Anai. Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 72–78. https://drive.google.com/file/d/0B-k3cSUkM3IyeHF3ZVRyRkRQTDQ/view?pli=1&resourcekey=0-AlYd1kFvCXs0n6eqRvdJ0w

Fauzi, F. G., dkk. (2021). Analisis literasi numerasi siswa kelas VIII di SMP Petri Jaya Jakarta Timur pada konten aljabar. Himpunan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika, 1(2), 83-91. http://jim.unindra.ac.id/index.php/himpunan/article/view/4497/pdf

Fiad, U., Suharto., & Kurniati, D. (2017). Identifikasi Kemampuan Literasi Matematika Siswa Smp Negeri 12 Jember Dalam Menyelesaikan Soal PISA Konten Space and Shape. Kadikma: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 8(1), 72–78. https://jurnal.unej.ac.id/index.php/kadikma/article/view/5256/3975

Hasibuan, L. S. (2021). Resmi! UN & Ujian Kesetaraan Dihapus 2021, Lulus Pakai Rapor. CNBC Indonesia. Diakses pada 2 Februari 2022

Indrawati, F., & Hartati, L. (2017). Peran Penguasaan Dasar Matematika dan Persepsi Mahasiswa Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Mata Kuliah Kalkulus I. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 7(2), 107–114. https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/Formatif/article/view/2226/1686

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2017). Gerakan Literasi Nasional. (Online), (http://gln.kemdikbud.go.id). Diakses 2 Februari 2022

Khakima, L. N., Marlina, L., & Zahra, S.F.A. (2021). Penerapan Literasi Numerasi dalam Pembelajaran Siswa MI/SD. Prosiding SEMAI Seminar Nasional PGMI 2021, 775–792. https://proceeding.iainpekalongan.ac.id/index.php/semai/article/view/430/135

Kharizmi, M. (2021). Kesulitan Siswa Sekolah Dasar Dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi. Ragam: Jurnal Multidisiplin Ilmu, 2(3), 102–108. http://www.journal.umuslim.ac.id/index.php/rg/article/view/917/699

Makki, S. (2019). Nadiem Hapus Ujian Nasional Mulai 2021. https://www.cnnindonesia.com/nasional/20191211112022-20-455978/nadiem-hapus-ujian-nasional-mulai-2021. Diakses pada 2 Februari 2022

Nehru, N. A. (2019). Asesmen Komptenesi Sebagai Bentuk Perubahan Ujian Nasional Pendidikan Indonesia: Analisis Dampak Dan Problem Solving Menurut Kebijakan Merdeka Belajar. https://www.coursehero.com/file/p1l1e8r3/berkapasitas-kecil-sehingga-bisa-menghemat-biaya-Kemampuan-numerasi-membutuhkan/

Pangesti, F. T. P. (2018). Menumbuhkembangkan Literasi Numerasi Pada Pembelajaran Matematika Dengan Soal Hots. Indonesian Digital Journal of Mathematics and Education, 5(9): 566–575. http://idealmathedu.p4tkmatematika.org/articles/IME-V5.9-21-Pangesti.pdf

Prenzel, M., Blum, W., & Klieme, E. (2015). Assessing Mathematical Literacy. Assessing Mathematical Literacy: The PISA Experience. https://doi.org/10.1007/978-3-319-10121-7

Pusat Asesmen dan Pembelajaran Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. (2021). Asesmen Nasional. (Online). https://anbk.kemdikbud.go.id/ Diakses pada 3 Februari 2022

Rohim, D. C., Rahmawati, S., & Ganestri, I. D. (2021). Konsep Asesmen Kompetensi Minimum Meningkatkan Kemampuan Literasi Numerasi Sekolah Dasar untuk Siswa. Jurnal Varidika, 33(1), 54–62. https://journals.ums.ac.id/index.php/varidika/article/view/14993/6810

Salim & Prajono, R. (2018). Profil Kemampuan Literasi Matematis Siswa Kelas VIII1 SMP Negeri 9 Kendari. Jurnal Ideal Mathedu. 05(09): 594–602. http://idealmathedu.p4tkmatematika.org/articles/IME-V5.9-29-Salim-Prajono.pdf

Sari, R. H. N. (2015). Literasi Matematika: Apa, Mengapa dan Bagaimana? Prosiding Seminar Nasional Matematika dana Pendidikan Matematika. 713–720. http://seminar.uny.ac.id/semnasmatematika/sites/seminar.uny.ac.id.semnasmatematika/files/banner/PM-102.pdf


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Publisher:
UNIVERSITAS INDRAPRASTA PGRI

Address: Department of Mathematics Education | (Kampus A) TB. Simatupang, Jl. Nangka Raya No.58 C, RT.5/RW.5, Tj. Bar., Kec. Jagakarsa, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12530, Indonesia | (Kampus B) Jl. Raya Tengah No. 80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760, Indonesia
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
E-mail: kampus@unindra.ac.id

 

Creative Commons License
HIMPUNAN : Jurnal Ilmiah Mahasiswa is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.