Pengaruh Kemandirian Belajar Siswa pada Pembelajaran Daring terhadap Prestasi Belajar Matematika

Khairunnisa Alwi Maulana, Khoirun Nisa Astuti, Nadya Millenia, Syifa Shafira Ridha

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh yang signifikan antara kemandirian belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan menggunakan analisa regresi sederhana. Pengambilan sampel digunakan dengan tektik Sampling Jenuh, dengan jumlah sampel sebanyak 31 siswa kelas VIII di SMP Bina Bangsa Mandiri Wanaherang. Analisis data dilakukan menggunakan uji deskriptif, uji persyaratan, dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bentuk persamaan regresi linier sederhana  = 70,487 + 0,106X sehingga dapat disimpulkan variabel X (Kemandirian Belajar Siswa) diikuti variabel Y (Prestasi Belajar Matematika). Kemudian dari hasil perhitungan koefisien korelasi diperoleh r= 0,527 dengan koefisien determinasi r²= 27,773%. Uji signifikan koefisien korelasi memperoleh hasil perhitungan diperoleh harga t hitung sebesar 3,339 sedangkan dari daftar distribusi t pada taraf 5% diproleh t tabel sebesar 1,699. Sehingga dapat disimpulakan bahwa t hitung > t tabel, maka Ho ditolak sehingga terdapat pengaruh antara Kemandirian Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Matematika.

Keywords


Kemandirian Belajar; Pembelajaran Daring; Prestasi Belajar Matematika.

Full Text:

PDF

References


Achdiyat, M. & Lestari, K. D. (2016). Prestasi Belajar Matematika Ditinjau Dari Kepercayaan Diri Dan Keaktifan Siswa Di Kelas. Diakses melalui https://media.neliti.com/media/publications/234984-prestasi-belajar-matematika-ditinjau-dar-6e4d01cc.pdf

Aprilyani, N., & Hakim, A. R. (2020). Pengaruh Pembelajaran Assurance, Relevance, Interest, Assessment, Satisfaction Berbantuan Etnomatematika terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 4(1), 61-74. http://jurnal.ugj.ac.id/index.php/JNPM/article/view/2549/1707

Badan Pusat Pengembangan dan Pembinaan Bahasa (n.d). Kemandirian (Def. 1). Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Online. Diakses melalui https://kbbi.web.id/mandiri

Bungsu, T. K., dkk. (2019). Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Di SMKN 1 Cihampelas. Diakses melalui https://jonedu.org/index.php/joe/article/view/78/65

Diana, P. Z., Wirawati, D., & Rosalia, S. (2020). Blended learning dalam pembentukan kemandirian belajar. Alinea: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajaran, 9(1), 16-22. https://jurnal.unsur.ac.id/ajbsi/article/view/763/742

Egok, A. S. (2017). Kemampuan Berpikir Kritis dan Kemandirian Belajar dengan Hasil Belajar Matematika. Diakses melalui https://media.neliti.com/media/publications/121337-ID-kemampuan-berpikir-kritis-dan-kemandiria.pdf

Farhan, M. & Hakim, A. R. (2021). Kemandirian Belajar, Adversity Quetiont Dan Kemampuan Penalaran Matematis Pada Implementasi Pembelajaran Daring Matakuliah Analisis Real. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 4(6), 1687-1698. https://www.journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/jpmi/article/view/8683/2838

Fatimah, D. (2021). Analisis Pelaksanaan Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Sekolah Dasar. Diakses melalui https://repository.unja.ac.id/15935/5/SKRIPSI%20DEWI%20FATIMAH%20.pdf

Finartin, U., & Ilham, A. (2020). Pengaruh Kemandirian Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar di SDN 03 Limboto Barat Kabupaten Gorontalo. Diakses melalui https://ejurnal.pps.ung.ac.id/index.php/Aksara/article/view/196

Hakim, A. R. (2015). Analisis prestasi belajar matematika ditinjau dari kecerdasan spiritual dan sikap peserta didik pada pelajaran matematika. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika, 47-54. Jakarta 26 Agustus 2015. https://scholar.google.co.id/citations?view_op=view_citation&hl=id&user=Yqqlw3MAAAAJ&citation_for_view=Yqqlw3MAAAAJ:hFOr9nPyWt4C

Hakim, A. R. (2019). Menumbuhkembangkan Kemampuan Disposisi Matematis Siswa dalam Pembelajaran Matematika. Prosiding DPNPM Unindra 2019. Jakarta 24 Juli 2019. 555-564. http://www.proceeding.unindra.ac.id/index.php/DPNPMunindra/article/view/3933/354

Hidayat, D. R., Rohaya, A., Nadine, F., & Ramadhan, H. (2020). Kemandirian belajar peserta didik dalam pembelajaran daring pada masa pandemi covid-19. Perspektif Ilmu Pendidikan, 34(2), 147 - 154. https://doi.org/10.21009/PIP.342.9

Hidayat, M. A. & Sutirna. (2019). Pengaruh Kemandirian Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika, 809-817. Diakses melalui https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/article/view/2486

Nasution, N., Rizcka Fatya Rahayu, R. F., Yazid, S. T.M., & Amalia, D. (2018). Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 12(1), 9-14. Diakses melalui http://ejournal.uika-bogor.ac.id/index.php/JPLS/article/view/2879/1728

Ningsih, R. & Nurrahmah, A. (2016). Pengaruh Kemandirian Belajar Dan Perhatian Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Diakses melalui https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/Formatif/article/view/754

Palupi, S. R. (2017). Pengaruh Kemandirian Belajar, Persepsi Siswa tentang Metode Mengajar Guru dan Perhatian Orang Tua terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Srandakan Tahun Ajaran 2016/2017. Diakses melalui https://eprints.uny.ac.id/53467/1/Skripsi_13803241100_Sari%20Rumanti%20Palupi.pdf

Rachman, R. & Oktavianti, R. (2021). Pengaruh Kepercayaan Konsumen terhadap Loyalitas Pelanggan Dalam Penggunaan Sistem Pembayaran Online (Survei Pengguna Produk UniPin. Prologia, 5(1), 148-153. Doi: http://dx.doi.org/10.24912/pr.v5i1.8200

Safitri, A. I., & Pujiastuti, H. (2020). Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMPN 1 Bojonegara Pada Materi Aljabar. Guru Tua: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 2(1), 21-28. Diakses melalui https://unisa-palu.e-journal.id/gurutua/article/view/41/31

Sari, P. P., Hidayah, N., & Najibufahmi, M. (2021). Pengaruh Kemandirian dan Kreativitas Belajar terhadap Prestasi Belajar Matematika dalam Pembelajaran Daring. CIRCLE: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 71-82. Diakses melalui http://e-journal.iainpekalongan.ac.id/index.php/circle/article/view/3610

Siagian, H., Pangaribuan, J. J., & Silaban, P.J. (2020). Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1363-1369. Diakses melalui http://www.jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/528/pdf

Sugiono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Supardi, U. S. (2016). Aplikasi Statistika dalam Penelitian Edisi Revisi. Jakarta: Change Publication.

Syahputra, D. (2017). Pengaruh Kemandirian Belajar Dan Bimbingan Belajar Terhadap Kemampuan Memahami Jurnal Penyesuaian Pada Siswa SMA Melati Perbaungan. Diakses melalui http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/tawassuth/article/view/1227

Winiarsih1, I., Hakim, A. R., & Sari, N. I. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis dalam Menyelesaikan Soal Matriks Ditinjau dari Gaya Belajar. JPT (Jurnal Pendidikan Tematik), 2(1), 139-146. https://www.siducat.org/index.php/jpt/article/view/254/185


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Khairunnisa Alwi Maulana, Khoirun Nisa Astuti, Nadya Millenia, Syifa Shafira Ridha

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Publisher:
UNIVERSITAS INDRAPRASTA PGRI

Address: Department of Mathematics Education | (Kampus A) TB. Simatupang, Jl. Nangka Raya No.58 C, RT.5/RW.5, Tj. Bar., Kec. Jagakarsa, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12530, Indonesia | (Kampus B) Jl. Raya Tengah No. 80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760, Indonesia
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
E-mail: kampus@unindra.ac.id

 

Creative Commons License
HIMPUNAN : Jurnal Ilmiah Mahasiswa is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.