Etnomatematika batik khas Banten, nilai filosofis dan materi Transformasi Geometri bagi siswa SMA

Tasya Shiffa Firdaussa, Nining Nurasih, Anita Anita, Zeny Purwaningsih, Khoirotun Nisa, Jaka Wijaya Kusuma

Abstract


Etnomatematika merupakan matematika dalam perspektif budaya. Bermacam-macam suku yang tinggal di Banten menghasilkan budaya Banten semakin iberagam, salah satunya batik Banten. Batik Banten adalah salah satu batik yang sudah diakui secara internasional oleh UNESCO. Motif Banten memiliki dua belas (12) motif yang diberi hak paten. Batik Banten memiliki ciri khas warna yang iceria dengan menggunakan gabungan warna muda (pastel) yangi memberi kesan ilembut, yang mana digunakan untuk menggambarkan karakteristik masyarakat Banten iyang berekspresif serta hati iyang lembut. Penelitianiini menggunakan penelitian kualitatif melalui pendekatan kebudayaan (etnografi). Hasil dari penelitian yang sudah kamiiamati ini yaitu kajian nilai-nilai filosofis yang tertera pada beberapa batik Banten. Selain itu terdapat nilai-nilai matematis pada motif batik dan konsep matamatis, seperti transformasi geometrii dan bangun datar yang diantaranya belah ketupat, lingkaran, dan persegi. 

Keywords


Ethnomathematics; Banten Batik Motifs; Geometric Transformation; Mathematical Concept.

Full Text:

PDF

References


Aprilyani, N., & Hakim, A. R. (2020). Pengaruh Pembelajaran Assurance, Relevance, Interest, Assessment, Satisfaction Berbantuan Etnomatematika terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 4(1), 61–74. http://jurnal.ugj.ac.id/index.php/JNPM/article/view/2549/1707

Arifin, M. & Hakim, A. R. (2021). Kajian karakter tokoh pandawa dalam kisah mahabharata diselaraskan dengan pendidikan karakter bangsa Indonesia. Jurnal Syntax Transformation, 2(5), 613-623. http://jurnal.syntaxtransformation.co.id/index.php/jst/article/view/284

Astriandini, M. G. & Kristanto, Y. D. (2021). Kajian Etnomatematika Pola Batik Keraton Surakarta Melalui Analisis Simetri. Jurnal Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 13–24. https://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/mosharafa/article/view/mv10n2/704

Hakim, A. R. (2016). Prestasi Belajar Matematika Ditinjau dari Sikap dan Komitmen Diri Peserta Didik pada Pelajaran Matematika. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 2(1), 24–36. https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/jkpm/article/view/1892/1473

https://dpmptsp.bantenprov.go.id/Berita/topic/516 (diakses pada tanggal 25 November 2021)

Mahuda, I. (2020). Etnomatematika Pada Motif Batik Banten. Jurnal Lebesgue: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika dan Statistika, 1(1), 29-38. http://lebesgue.lppmbinabangsa.id/index.php/home/article/view/10/6

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Zulaekhoh, D. & Hakim, A. R. (2021). Analisis Kajian Etnomatematika pada Pembelajaran Matematika Merujuk Budaya Jawa. JPT: Jurnal Pendidikan Tematik, 2(2), 216-226. https://siducat.org/index.php/jpt/article/view/289/213


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Tasya Shiffa Firdaussa, Nining Nurasih, Anita Anita, Zeny Purwaningsih, Khoirotun Nisa, Jaka Wijaya Kusuma

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Publisher:
UNIVERSITAS INDRAPRASTA PGRI

Address: Department of Mathematics Education | (Kampus A) TB. Simatupang, Jl. Nangka Raya No.58 C, RT.5/RW.5, Tj. Bar., Kec. Jagakarsa, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12530, Indonesia | (Kampus B) Jl. Raya Tengah No. 80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760, Indonesia
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
E-mail: kampus@unindra.ac.id

 

Creative Commons License
HIMPUNAN : Jurnal Ilmiah Mahasiswa is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.