Etnomatematika: nilai filosofis dan konsep Matematika pada motif batik Banten

Feny Safira, Anggun Tri Prabawati, Fatimah Fatimah, Anisa Dwi Safiri, Jaka Wijaya Kusuma

Abstract


Budaya yang berkembang dilingkungan masyarakat tanpa disadari memiliki konsep matematika didalamnya. Konsep matematika yang tercantum di dalam budaya ini disebut etnomatematika. Etnomatematika merupakan jembatan antara budaya, matematika, dan Pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsep-konsep etnomatematika pada batik Banten. Penelitian ini menerapkan jenis penelitian etnografi dengan pendekatan kualitatif. Instrumen dalam penelitian ini adalah human instrument, peneliti berhubungan langsung dengan penelitian dan berperan sebagai pengumpul data melalui pengumpulan data pustaka, wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.  Hasil dari penelitian ini berupa aktivitas dasar matematika yang dilakukan saat pembuatan batik dan konsep matematika yang terkandung pada batik banten seperti translasi,refleksi,dan rotasi. Motif batik yang memiliki konsep matematika diintegrasikan ke dalam permasalahan materi matematika sehingga dapat menjadi sumber belajar yang baru.

Keywords


Ethnomathematics; Banten Batik Motifs; Philosophical Values; Mathematical Concept.

Full Text:

PDF

References


Arifin, M. & Hakim, A. R. (2021). Kajian karakter tokoh pandawa dalam kisah mahabharata diselaraskan dengan pendidikan karakter bangsa Indonesia. Jurnal Syntax Transformation, 2(5), 613-623. http://jurnal.syntaxtransformation.co.id/index.php/jst/article/view/284/412

Astriandini, M. G. & Kristanto, Y. D. (2021). Kajian Etnomatematika Pola Batik Keraton Surakarta Melalui Analisis Simetri. Jurnal Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 13-24. https://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/mosharafa/article/view/mv10n2/704

Mahuda, I. (2020). Etnomatematika Pada Motif Batik Banten. Jurnal Lebesgue: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika dan Statistika, 1(1), 29-38. http://lebesgue.lppmbinabangsa.id/index.php/home/article/view/10/6

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Zulaekhoh, D. & Hakim, A. R. (2021). Analisis Kajian Etnomatematika pada Pembelajaran Matematika Merujuk Budaya Jawa. JPT: Jurnal Pendidikan Tematik, 2(2), 216-226. https://siducat.org/index.php/jpt/article/view/289/213


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Feny Safira, Anggun Tri Prabawati, Fatimah Fatimah, Anisa Dwi Safiri, Jaka Wijaya Kusuma

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Publisher:
UNIVERSITAS INDRAPRASTA PGRI

Address: Department of Mathematics Education | (Kampus A) TB. Simatupang, Jl. Nangka Raya No.58 C, RT.5/RW.5, Tj. Bar., Kec. Jagakarsa, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12530, Indonesia | (Kampus B) Jl. Raya Tengah No. 80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760, Indonesia
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
E-mail: kampus@unindra.ac.id

 

Creative Commons License
HIMPUNAN : Jurnal Ilmiah Mahasiswa is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.