Eksplorasi etnomatematika ditinjau dari nilai Matematika pada motif batik Banten

Hanifah Rifda Zahroh, Kisti Aprianti Purnama, M. Fariz Asalauqi, Iva Faridayanti, Jaka Wijaya Kusuma

Abstract


Etnomatematika adalah studi tentang bagaimana matematika berkembang dan terkait dengan budaya masyarakat, seperti artefak dan budaya. Batik merupakan salah satu warisan budaya Indonesia yang sudah diakui oleh UNESCO. Mengenal berbagai jenis batik, seperti jenis batik yang ada di Banten, merupakan salah satu pendekatan untuk melestarikan warisan budaya batik kita. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan nilai filosofis dan praktis dari konsep matematika berdasarkan etnomatematika pada batik Banten. Metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan etnografi digunakan dalam penelitian ini untuk menunjukkan nilai-nilai filosofis dan matematis seperti konsep simetri, keserasian, keselarasan, dan transformasi geometri. 

Full Text:

PDF

References


Aprilyani, N., & Hakim, A. R. (2020). Pengaruh Pembelajaran Assurance, Relevance, Interest, Assessment, Satisfaction Berbantuan Etnomatematika terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 4(1), 61–74. http://jurnal.ugj.ac.id/index.php/JNPM/article/view/2549/1707

Arifin, M. & Hakim, A. R. (2021). Kajian karakter tokoh pandawa dalam kisah mahabharata diselaraskan dengan pendidikan karakter bangsa Indonesia. Jurnal Syntax Transformation, 2(5), 613-623. http://jurnal.syntaxtransformation.co.id/index.php/jst/article/view/284/412

Astriandini, M. G. & Kristanto, Y. D. (2021). Kajian Etnomatematika Pola Batik Keraton Surakarta Melalui Analisis Simetri. Jurnal Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 13-24. https://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/mosharafa/article/view/mv10n2/704

Mahuda, I. (2020). Etnomatematika Pada Motif Batik Banten. Jurnal Lebesgue: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika dan Statistika, 1(1), 29-38. http://lebesgue.lppmbinabangsa.id/index.php/home/article/view/10/6

Mulyadi. (2019). “Etnografi Pembangunan Papua”, http://books.google.co.id/books/about/Etnografi_Pembangunan_Papua.html?id=Cwm6DwAAQBAJ&source=kp_book_description&redir_esc=y, diakses pada 26 November 2021 pukul 10.27.

Universitas Raharja. (2020). Penelitian Kualitatif, https://raharja.ac.id/2020/20/29/penelitian-kualitatif/, diakses pada 26 November 2021 pukul 11.05.

Zulaekhoh, D. & Hakim, A. R. (2021). Analisis Kajian Etnomatematika pada Pembelajaran Matematika Merujuk Budaya Jawa. JPT: Jurnal Pendidikan Tematik, 2(2), 216-226. https://siducat.org/index.php/jpt/article/view/289/213


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jaka Wijaya Kusuma, Hanifah Rifda Zahroh, Kisti Aprianti Purnama, M. Fariz Asalauqi, Iva Faridayanti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Publisher:
UNIVERSITAS INDRAPRASTA PGRI

Address: Department of Mathematics Education | (Kampus A) TB. Simatupang, Jl. Nangka Raya No.58 C, RT.5/RW.5, Tj. Bar., Kec. Jagakarsa, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12530, Indonesia | (Kampus B) Jl. Raya Tengah No. 80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760, Indonesia
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
E-mail: kampus@unindra.ac.id

 

Creative Commons License
HIMPUNAN : Jurnal Ilmiah Mahasiswa is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.