Pengembangan media pembelajaran Matematika berbasis budaya bagi siswa kelas VIII SMP semester 1

Prismawinda Anniva Nuthqi, Maya Nurfitriyanti

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mendesain dan mengembangkan media pembelajaran matematika berbasis budaya bagi siswa kelas VIII SMP Semester 1. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian pengembangan (Research and Development). Model pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE dengan tahap sistematis yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Hasil berdasarkan penelitian dan pembahasan secara singkat dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran matematika berbasis budaya dalam bentuk ICT ini memiliki kriteria baik dengan perolehan presentase dari ahli desain sebesar 80%, ahli materi sebesar 91%, ahli media sebesar 65% dan penilaian guru sebesar 96%. Sehingga tingkat validasi media pembelajaran matematika berbasis budaya dalam bentuk ICT ini diinterprestasikan baik untuk direalisasikan pada peserta didik Sekolah Menengah Pertama Kelas VIII Semester 1.

Full Text:

PDF

References


Aprilyani, N., & Hakim, A. R. (2020). Pengaruh Pembelajaran Assurance, Relevance, Interest, Assessment, Satisfaction Berbantuan Etnomatematika terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 4(1), 61–74. http://jurnal.ugj.ac.id/index.php/JNPM/article/view/2549/1707

Hakim, A. R. (2017). Pembelajaran Matematika yang Mudah dan Menyenangkan Bagi Peserta Didik. Prosiding Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika. Fakultas Teknik, Matematika, dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indraprasta PGRI. 271–281. https://scholar.google.com/scholar?cluster=3506891842100778129&hl=en&oi=scholarr

Hakim, A.R. (2019). Menjawab tantangan era Industry 4.0 dengan menjadi wirausahawan di bidang pendidikan matematika. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan KALUNI, Vol. 2, 480–489. Jakarta: LPPM Universitas Indraprasta PGRI. https://scholar.google.co.id/citations?view_op=view_citation&hl=id&user=Yqqlw3MAAAAJ&citation_for_view=Yqqlw3MAAAAJ:roLk4NBRz8UC

Purnama, S. (2013). Metode Penelitian Dan Pengembangan (Pengenalan Untuk Mengembangkan Produk Pembelajaran Bahasa Arab). LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan), 4(1), 19–32. https://ejournal.almaata.ac.id/index.php/LITERASI/article/view/70/69

Rusmana, I. M. & Isnaningrum, I. (2012). Efektivitas penggunaan media ICT dalam peningkatan pemahaman konsep matematika. Jurnal Formatif, 2(3): 198-205. https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/Formatif/article/view/102/97

Sugiono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Supriadi, H. (2016). Peranan Pendidikan Dalam Pengembangan Diri Terhadap Tantangan Era Globalisasi. KREATIF: Jurnal Ilmiah Prodi Manajemen Universitas Pamulang, 3(2): 92–119. http://openjournal.unpam.ac.id/index.php/kreatif/article/view/424/350

Ulia, N. (2016). Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika Materi Bangun Datar Dengan Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Dengan Pendekatan Saintifik Di SD. Jurnal Tunas Bangsa, 3(11), 56–68. https://ejournal.bbg.ac.id/tunasbangsa/article/view/626/586


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Prismawinda Anniva Nuthqi, Maya Nurfitriyanti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Publisher:
UNIVERSITAS INDRAPRASTA PGRI

Address: Department of Mathematics Education | (Kampus A) TB. Simatupang, Jl. Nangka Raya No.58 C, RT.5/RW.5, Tj. Bar., Kec. Jagakarsa, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12530, Indonesia | (Kampus B) Jl. Raya Tengah No. 80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760, Indonesia
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
E-mail: kampus@unindra.ac.id

 

Creative Commons License
HIMPUNAN : Jurnal Ilmiah Mahasiswa is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.