Simple entry base: pembukuan matematis wirausaha untuk pembelajaran Matematika secara kontekstual
Abstract
Penelitian dilaksanakan dengan tujuan untuk mengembangkan aplikasi Simple Entry Base. Penelitian pengembangan ini bertempat di Mebel Kamper Indah yang lokasinya terletak di daerah Cipadu, Larangan, Tangerang, Provinsi Banten. Penelitian research and development ini melalui tahapan Analisys, Design, Development, Implementation, Evaluation. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi berbasis website berhasil dikembangkan dengan baik. Kemudian, melalui hasil wawancara dengan mebel kamper indah yang dilakukan di tempat penelitian, website dapat digunakan dengan mudah. Dapat disimpulkan bahwa simple entry base mampu membantu wirausaha untuk memudahkan tahap pembukuan laporan keuangan dengan cepat dan efektif.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agustina, Y., Setianingsih, S., & Santoso, Y. D. (2019). Pelatihan Penyusunan Laporan Keuangan Bagi Entitas Mikro, Kecil, dan Menengah Bidang Usaha Dagang pada UMKM Binaan Pusat Inkubasi Bisnis Syariah Majelis Ulama Indonesia. Intervensi Komunitas Jurnal Pengabdian Masyarakat. 1(1), 1-13. http://ojs.itb-ad.ac.id/index.php/IK/article/view/242/170
Anita, dkk. (2016). Pembelajaran bunga tunggal dengan pendekatan problem based learning di kelas VII, Seminar Nasional & Lokakarya PISA 2016 (hlm 1-11). FKIP Universitas Sriwijaya. https://repository.unsri.ac.id/6363/
Anitah, S., Manoy, J. T., & Susanah. (2007). Strategi Pembelajaran Matematika. Jakarta: Universitas Terbuka.
Batubara, F. A. (2012). Perancangan Website pada PT Ratu Enim Palembang. Jurnal Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Terapan “REINTEK” (Rekayasa Inovasi Teknologi), 7(1), 15-27. http://jurnal.umsu.ac.id/index.php/reintek/article/view/252/196
Hakim, A. R. (2017). Pembelajaran Matematika yang Mudah dan Menyenangkan Bagi Peserta Didik. Prosiding Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika Fakultas Teknik, Matematika, dan lmu Pengetahuan Alam Universitas Indraprasta PGRI, 271–281. https://scholar.google.co.id/citations?view_op=view_citation&hl=id&user=Yqqlw3MAAAAJ&citation_for_view=Yqqlw3MAAAAJ:kNdYIx-mwKoC
Hakim, A. R., Saputro, R. I. H., Jamaludin, & Mulyana. (2020). Pengembangan Media Informasi Statistika (MISTIK) untuk Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional dan Diskusi Panel Pendidikan Matematika Universitas Indraprasta PGRI, Jakarta, 419-430. http://www.proceeding.unindra.ac.id/index.php/DPNPMunindra/article/view/4775/757
Hakim, A.R. (2019). Menjawab tantangan era industry 4.0 dengan menjadi wirausahawan di bidang pendidikan matematika. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Kaluni. Vol 2, 480-489. https://scholar.google.co.id/citations?view_op=view_citation&hl=id&user=Yqqlw3MAAAAJ&citation_for_view=Yqqlw3MAAAAJ:roLk4NBRz8UC
Hakim, A.R. (2019). Teka Teki Silang Untuk Kelas 1 Tingkat Sekolah Dasar Sebagai Inovasi Pembelajaran Matematika. Seminar & Conference Proceeding Universitas Muhammadiyah Tanggerang, 125-134. http://jurnal.umt.ac.id/index.php/cpu/article/view/1691
Hery. (2011). Kewirausahaan. Yogyakarta: Andi Offset.
Jogianto, H. M. (2009). Sistem Teknologi Informasi. Yogyakarta: Andi Offset.
Kaukab, M. E. (2019). Implementasi activity-based costing pada UMKM. Journal of Economic, Management, Accounting and Technology, 2(1), 69-78. https://scholar.google.co.id/scholar?hl=id&q=Kaukab,+M.+E.+(2019).
Malasari, N. & Hakim, A. R. (2017). Pengembangan Media Belajar pada Operasi Hitung untuk Tingkat Sekolah Dasar. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 3(1), 11-22. https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/jkpm/article/view/1911/2196
Munawir. (2004). Analisis Laporan Keuangan, Edisi Ke-4. Yogyakarta: Liberty. https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/jkpm/article/view/1911
Nugroho, Tatas. R., Ainiyah, N., & Nirmala, D. (2020). Pelatihan dan Pengembangan Usaha Ekonomi Mikro di Desa Karangdiyeng Kecamatan Kutorejo Kabupaten Mojokerto. ABDIMAS NUSANTARA: Jurnal Pengebadian Kepada Masyarakat, 1(2), 100-105. http://ejurnal.unim.ac.id/index.php/abdimasnusantara/article/view/589/337
Shields, J., & Shelleman, J. (2011). Management accounting reports in small businesses: Frequency of use and influence of owner locus of control and goals. Small Business Institute Journal, 7(1), 29–51. https://sbij.org/index.php/SBIJ/article/view/92/52
Supardi, U. S. (2013). Aplikasi Statistika dalam Penelitian. Unindra Press. Jakarta. Indonesia.
Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2008 Tentang Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah.https://www.ojk.go.id/sustainable-finance/id/peraturan/undang-undang/Pages/Undang-Undang-Republik-Indonesia-Nomor-20-Tahun-2008-Tentang-Usaha-Mikro,-Kecil,-dan-Menengah.aspx
UNESCO. (1996). The International Commission on Education for the Twenty First
Century, France: the United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization. Diakses 19 April 2017. http://www.unesco.org/education/pdf/15_62.pdf
Umayah, Hakim, A.R. & Nurrahmah, A. (2019). Pengaruh Metode Contextual Teaching and Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 5(1), 85-94. https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/jkpm/article/view/5075/2857
Zimmerer, T.W., & Scarborough. (2005). Pengantar Kewirausahaan dan Manajemen
Bisnis Kecil, Second Edition Pent: Yanto Sidik Pratiknyo. Jakarta: Prenhalindo.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Rachma Tia Chair, Agus Sudrajat, Heru Herianto, Dwi Hanifatun Nisa
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Publisher:
UNIVERSITAS INDRAPRASTA PGRI
Address: Department of Mathematics Education | (Kampus A) TB. Simatupang, Jl. Nangka Raya No.58 C, RT.5/RW.5, Tj. Bar., Kec. Jagakarsa, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12530, Indonesia | (Kampus B) Jl. Raya Tengah No. 80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760, Indonesia
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
E-mail: kampus@unindra.ac.id
HIMPUNAN : Jurnal Ilmiah Mahasiswa is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.