Pengembangan Media Pembelajaran Komik Matematika Berbasis Android pada Materi Operasi Hitung Perkalian dan Pembagian di Kelas III SD

Nur Aisyah Fitriyani, Safa Tasya Camiela, Ade Meiliana, Arvianti Maymanah, Indah Fitria Dewi, Sri Mayanty

Abstract


Penelitian dilaksanakan dengan tujuan untuk mengembangkan media komik matematika berbasis android pada materi operasi hitung perkalian dan pembagian untuk pembelajaran di kelas III Sekolah Dasar. Penelitian pengembangan ini bertempat di SD Depok Baru 2 yang berlokasi di Jalan Merpati Raya, Depok Jaya, Kec. Pancoran Mas, Kota Depok, Jawa Barat 16432. Penelitian jenis research and development ini menggunakan model ADDIE melalui tahapan Analisys, Design, Development, Implementation, and Evaluation. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media komik matematika berbasis android berhasil dikembangkan dengan baik. Kemudian, berdasarkan hasil wawancara dengan guru dan siswa yang dilakukan di tempat penelitian, belajar matematika menggunakan media komik matematika berbasis android lebih membangkitkan minat siswa dalam belajar dan siswa menjadi lebih aktif. Simpulannya adalah media pembelajaran Matematika berbentuk komik memiliki karakteristik alur cerita dan tokoh dalam komik diperankan melalui sikap ingin tahu dan berfikir terbuka, layak digunakan dengan kriteria sangat baik, dan efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir dan berhitung siswa.

Keywords


media pembelajaran, android, komik matematika, matematika

Full Text:

PDF

References


Daryanto. (2016). Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

Fathurrohman, M. (2015). Model-model pembelajaran Inovatif. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Gunawan, I. (2014). Pengembangan Aplikasi Mobile Learning Fisika seagai Media Pembelajaran Pendukung. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 3(1),2.

Hadi, W. S., & Dwijayanti, P. (2015). Pengembangan Komik Fisika Berbasis Android sebagai Suplemen Pokok Bahasan Radioaktivitas untuk Sekolah Menengah Atas. Unnes Physics Education Journal. 4(2), 15-24

Hakim, A. R. (2016). Prestasi belajar matematika ditinjau dari sikap dan komitmen diri peserta didik pada pelajaran matematika. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 2(1), 24-36. https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/jkpm/article/view/1892/1473

Hakim, A. R. (2019). Teka teki silang matematika untuk kelas 1 tingkat sekolah dasar sebagai inovasi pembelajaran matematika. Seminar Nasional Penelitian Pendidikan Matematika (SNP2M) 2019 UMT, 125-134. http://jurnal.umt.ac.id/index.php/cpu/article/view/1691

Hakim, A. R., Fadilah, I., & Oktaviana, R. (2021). Pengembangan Alat Peraga Jam Sudut Untuk Pembelajaran Matematika Pada Materi Sudut Di Kelas IV Tingkat Sekolah Dasar. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENELITIAN DAN PENGABDIAN 2021, “Penelitian dan Pengabdian Inovatif pada Masa Pandemi Covid-19”, 1338-1347. http://prosiding.rcipublisher.org/index.php/prosiding/article/view/298/174

Hakim, A. R., Saputro, R. I. H., Jamaludin, J., & Mulyana, M. (2020). Pengembangan Media Informasi Statistika (MISTIK) untuk Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional dan Diskusi Panel Pendidikan Matematika Universitas Indraprasta PGRI, Jakarta, 419-430. http://www.proceeding.unindra.ac.id/index.php/DPNPMunindra/article/view/4775/757

Hamalik, O. (2015). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Hamzah, N. L. (2011). Teknologi Komunikasi & Informasi Pembelajaran. Jakarta: PT. Bumi Aksara, h. 121.

Malasari, N., & Hakim, A. R. (2017). Pengembangan Media Belajar pada Operasi Hitung untuk Tingkat Sekolah Dasar. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 3(1), 11-22. https://doi.org/10.30998/jkpm.v3i1.1911

Milles, H. (1992). Analisis Data Kualitatif. Jakarta: Universitas Indonesia Press. h. 16.

Moleong, L. J. (2007). Metodologi Penelitian Kualitatif. Edisi Revisi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Munir. (2012). Pembelajaran Jarak Jauh. Bandung: Alfabeta, h. 1.

Naibaho & Lamhot. (2019). The Integration Of Group Discussion Method Using Audio Visual Learning Media Toward Students’ Learning Achievement On Listening. International Journal of Research. 7 (8), 438-445.

Regina. (2018). Pengembangan Komik Berbasis Android Pada Pokok Bahasan Gerak Lurus. Indonesian Jurnal of Science and Mathematics Education. 01(1), 56

Rohani, A. (1997). Media intruksional Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta.

Rusman, D. K. & Riyana, C. (2013). Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Rusman. (2016). Model–Model Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Sadiman, A. dkk. (2012). Media Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Safaat H. N. (2011). Pemrograman Aplikasi Mobile Smartphone dan Tablet PC Berbasis Android. Bandung: Informatika Bandung.

Sagala, S. (2016). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Sari, A. P., Jamaludin, J., & Hakim, A. R. (2021). Pengembangan Alat Peraga BACALA (Bangun Datar, Pecahan, Labirin) untuk Pembelajaran Matematika Tingkat Sekolah Dasar. Himpunan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika, 1(1), 1–10. http://jim.unindra.ac.id/index.php/himpunan/article/view/3116/pdf_1

Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suharsimi. A. (2002). Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Sumiharsono, R. (2017). Media Pembelajaran. Jember: Pustaka Abadi.

UU sistem Pendidikan nasional nomor 20 pada pasal 1 tahun 2003.

Wahyuni, R. N. T., & Monika, A. K. (2016). Pengaruh Pendidikan terhadap Ketimpangan Pendapatan Tenaga Kerja di Indonesia. Jurnal Kependudukan Indonesia. 11(1), 15-18.

Waluyanto, H. D. (2005). Komik Sebagai Media Komunikasi Visual Pembelajaran. Surabaya: Universitas Kristen Petra.

Yuberti. (2016). Penelitian Dan Pengembangan Yang Belum Diminati Perspektifnya. Bandar Lampung: UIN Raden Intan Lampung.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Nur Aisyah Fitriyani, Safa Tasya Camiela, Ade Meiliana, Arvianti Maymanah, Indah Fitria Dewi, Sri Mayanty

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Publisher:
UNIVERSITAS INDRAPRASTA PGRI

Address: Department of Mathematics Education | (Kampus A) TB. Simatupang, Jl. Nangka Raya No.58 C, RT.5/RW.5, Tj. Bar., Kec. Jagakarsa, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12530, Indonesia | (Kampus B) Jl. Raya Tengah No. 80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760, Indonesia
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
E-mail: kampus@unindra.ac.id

 

Creative Commons License
HIMPUNAN : Jurnal Ilmiah Mahasiswa is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.