Analisis literasi numerasi siswa kelas VIII di SMP Petri Jaya Jakarta Timur pada konten aljabar

Farhan Gilang Fauzi, Khoirunnisa Khoirunnisa, Febby Melyana, Dewi Rahmawati, Shofuro Yasmin, Arfatin Nurrahmah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat literasi numerasi siswa kelas VIII di SMP Petri Jaya Jakarta Timur. Partisipan dalam penelitian ini adalah kelas VIII SMP Petri Jaya yang berjumlah 24 siswa.  Pada penelitin ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data yang dikumpulkan yaitu hasil tes tertulis siswa dengan enam butir soal uraian materi aljabar, wawancara, dan analisis dokumen. Terdapat tiga tahapan yang dilakukan untuk teknis analisis data, yaitu: reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa literasi numerasi siswa kelas VIII SMP Petri Jaya tergolong rendah. Hal ini diperoleh dari rekapitulasi literasi numerasi subjek dan hasil wawancara tiga subjek yang mewakili tingkat literasi numerasi. faktor rendahnya tingkat literasi numerasi siswa kelas VIII SMP Petri Jaya yaitu: (1) Siswa tidak menyukai soal cerita yang panjang; (2) Siswa belum memahami materi prasyarat; dan (3) Siswa kesulitan dalam menentukan strategi penyelesaian.

Keywords


Numeracy literacy, algebra, problem solving.

Full Text:

PDF

References


Afriyanti, I., Wardono, & Kartono. (2018). Pengembangan Literasi Matematika Mengacu PISA Melalui Pembelajaran Abad Ke-21 Berbasis Teknologi. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 608–617. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/20202/9580

Ekowati, D. W., dkk. (2019). Literasi Numerasi Di Sd Muhammadiyah. ELSE (Elementary School Educatio Journal), 3(1), 93-103. http://103.114.35.30/index.php/pgsd/article/view/2541/1798

Goos, M., Dole, S., & Geiger, V. (2011). Improving Numeracy Education in Rural Schools: A Professional Development Approach. Mathematics Education Research Journal, 23(2), 129. https://link.springer.com/article/10.1007%2Fs13394-011-0008-1

Hakim, A. R. (2017). Pembelajaran Matematika yang Mudah dan Menyenangkan Bagi Peserta Didik. Prosiding Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika. Fakultas Teknik, Matematika, dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indraprasta PGRI. 271-281. https://scholar.google.com/scholar?cluster=3506891842100778129&hl=en&oi=scholarr

Hartatik, S. & Hanifah. (2020). ‘Kemampuan Numerasi Mahasiswa Pendidikan Profesi Guru Sekolah Dasar dalam Menyelesaikan Masalah Matematika’, Education and Human Development Journal, 5(1), 32-42. http://repository.unusa.ac.id/6612/

Hewi, L. & Shaleh, M. (2020). Refleksi Hasil PISA (The Programme For International Student Assesment): Upaya Perbaikan Bertumpu Pada Pendidikan Anak Usia Dini). Jurnal Golden Age, 4(1), 30–41. https://e-journal.hamzanwadi.ac.id/index.php/jga/article/view/2018/1275

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (2017) ‘Materi Pendukung Literasi Numerasi’, Materi Pendukung Literasi Numerasi, 8(9), 1–58.

Mahmud, M. R. & Pertiwi, I. M. (2019) ‘Literasi numerasi siswa dalam pemecahan masalah tidak terstruktur’, KALIMATIKA Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 69-88. http://kalamatika.matematika-uhamka.com/index.php/kmk/article/view/331/75

Mubarokah, L. 2020. Penggunaan Aritmatika Sosial Oleh Guru Matematika SMP Negeri 3 Metroyudan Pada Kehidupan Sehari-Hari dan Implementasinya dalam Pembelajaran Matematika Tahun 2020. Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga, Salatiga.

Novitasari, D. 2019. Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas IX SMP Dengan Menggunakan Soal Programme For International Student Assessment (PISA) Pada Konten Ruang dan Bentuk. Skripsi. Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Intan Lampung. Bandar Lampung.

Nudiati, D. & Sudiapermana, E. (2020). Literasi Sebagai Kecakapan Hidup Abad 21 Pada Mahasiswa. Indonesia Journal of Learning Education and Counseling, 3(1), 34-40. http://journal.ilininstitute.com/index.php/IJoLEC/article/view/561/338

Pangesti, F. T. P. (2018). Menumbuhkembangkan Literasi Numerasi Pada Pembelajaran Matematika Dengan Soal HOTS. Indonesian Digital Journal Of Mathematics And Education. 5(9). 566-575. https://scholar.google.com/scholar?hl=en&as

Peng, C. F. (2016). Pelaksanaan Program Literasi dan Numerasi (Linus) di Sekolah Rendah (The Implementation of Literacy and Numeracy (Linus) Program at Primary School). Jurnal Pendidikan Bahasa Melayu, 5(2), 1-11. http://spaj.ukm.my/jpbm/index.php/jpbm/article/view/92/92

Purpura, D. J. & Lonigan, C. J. (2013). Informal Number-Related Mathematics Skills: An Examination of the Strcture and Relations Between These Skilss in Preschool. Journal of Experimental Child Psychology, 50(1), 647-658. https://journals.sagepub.com/doi/10.3102/0002831212465332

Rumus Hitung. (2015). ‘Rumus Matematika Aljabar SMP Kelas 8’, https://rumushitung.com/2015/09/10/rumus-matematika-aljabar-smp-kelas-8/, diakses pada 29 Mei 2021 pukul 20.30.

Sari, R. H. N. (2015). Literasi Matematika: Apa, Bagaimana? (Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan UNY PM-02) Online. Yogyakarta: Pendidikan Matematika Program Pascasarja UNY.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sumarwati. (2013). Soal Cerita Dengan Bahasa Komunikatif untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan, 19(1), 26-36. https://www.neliti.com/publications/114984/soal-cerita-dengan-bahasa-komunikatif-untuk-meningkatkan-kualitas-pembelajaran-m#id-section-content

Suryapuspita, B. K., Wardono, W., & Kartono, K. (2018). Analisis Soal-Soal Matematika Tipe Higher Order Thinking Skill (HOTS) pada Kurikulum 2013 untuk Mendukung Kemampuan Literasi Siswa. PRISMA (Prosiding Seminar Nasional Matematika) 1, 876-884. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/20393/9685

Widaningsih, Riris, Hadi Purnomo Susanto, dan Dwi Cahyani N. A. 2020. Hubungan Antara Adversity Quotient (AQ) dan Literasi Numerasi dengan Kemampuam Berpikir Kritis Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Pacitan Tahun Pelajaran 2019/2020. Repository STKIP PGRI Pacitan.

Winiarsih, I., Hakim, A. R., & Sari, N. I. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis dalam Menyelesaikan Soal Matriks Ditinjau dari Gaya Belajar. JPT (Jurnal Pendidikan Tematik), 2(1), 139-146. https://www.siducat.org/index.php/jpt/article/view/254/185


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Farhan Gilang Fauzi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Publisher:
UNIVERSITAS INDRAPRASTA PGRI

Address: Department of Mathematics Education | (Kampus A) TB. Simatupang, Jl. Nangka Raya No.58 C, RT.5/RW.5, Tj. Bar., Kec. Jagakarsa, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12530, Indonesia | (Kampus B) Jl. Raya Tengah No. 80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760, Indonesia
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
E-mail: kampus@unindra.ac.id

 

Creative Commons License
HIMPUNAN : Jurnal Ilmiah Mahasiswa is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.