Penerapan Etnomatematika dalam Pembelajaran Matematika pada Jenjang Sekolah Dasar

Kuriang Reka Pratiwi, Monika Nurmaina, Faiqoh Fauziah Aridho

Abstract


Proses pembelajaran matematika yang dilakukan saat ini cenderung terlalu kering, teoritis, kurang kontekstual dan bersifat semu. Oleh karena itu, sangat dibutuhkan model/metode dan pendekatan yang inovatif untuk merealisasikan proses pembelajaran tersebut. Pada pembelajaran ini perlu adanya kebermaknaan dari materi yang disampaikan sehingga mampu menyentuh aspek dalam kehidupan sehari-hari siswa. Kebermaknaan ini diperoleh karena materi matematika dihubungkan dengan pengalaman siswa, kehidupan social, bahkan menyentuh ranah seni dan budaya setempat. Proses mempraktekkan konsep matematika dalam pembelajaran dengan kearifan budaya lokal disebut etnomatematika. Jenis penulisan ini bertujuan untuk mengkaji lebih lanjut mengenai definisi etnomatematika, model pembelajaran yang mendukung, indikator etnomatematika, serta contoh soal mengenai pendekatan etnomatematika pada jenjang Sekolah Dasar.

Keywords


Etnomatematika; Matematika; Pembelajaran Matematika di SD.

Full Text:

PDF

References


Abi, A. M. (2017). Integrasi Etnomatematika Dalam Kurikulum Matematika Sekolah. JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia), 1(1), 1. https://doi.org/10.26737/jpmi.v1i1.75

Ajmain. A., Herna. H., & Masrura, S. I. (2020). Implementasi Pendekatan Etnomatematika Dalam Pembelajaran Matematika. SIGMA (Suara Intelektual Gaya Matematika), 12, 45–54. https://journal.unismuh.ac.id/index.php/sigma/article/view/3910/2663

Arifin, M. & Hakim, A. R. (2021). Kajian karakter tokoh pandawa dalam kisah mahabharata diselaraskan dengan pendidikan karakter bangsa Indonesia. Jurnal Syntax Transformation, 2(5), 613-623. https://doi.org/10.46799/jurnalsyntaxtransformation.v2i3.284.

Fitria, M. I. (2019). Pengembangan Pembelajaran Matematika Kontekstual Berbasis Etnomatematika Kultur Arek untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematika. http://digilib.uinsby.ac.id/38480/

Kencanawaty, G., & Irawan, A. (2017). Penerapan Etnomatematika dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Berbasis Budaya. Ekuivalen:Pendidikan Matematika, 27(2), 169–175. http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/ekuivalen/article/view/3652

Kencanawaty, G., Febriyanti, C., & Irawan, A. (2020). Kontribusi Etnomatematika dalam Pembelajaran Matematika Tingkat Sekolah Dasar. Journal of Medives: Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 4(2), 255–262. https://e-journal.ivet.ac.id/index.php/matematika/article/view/1107/950

Laurens, T. (2017). Analisis Etnomatematika Dan Penerapannya Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. Jurnal LEMMA, 3(1), 86–96. https://doi.org/10.22202/jl.2016.v1i3.1120

Masamah, U. (2018). Pengembangan Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Etnomatematika Berbasis Lokal Budaya Kudus. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2),125-154. https://journal.iainkudus.ac.id/index.php/jmtk/article/view/4867/3154

Nurkhafifah, S., Pilokol, N. S., & Megawanti, P. (2021). Eksplorasi etnomatematika terhadap konsep geometri pada struktur bangunan Rumah Joglo Semar Tinandhu. Himpunan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika, 1(2), 92-105. http://jim.unindra.ac.id/index.php/himpunan/article/view/6046/pdf

Nuthqi, P. A. & Nurfitriyanti, M. (2021). Pengembangan media pembelajaran Matematika berbasis budaya bagi siswa kelas VIII SMP semester 1. Himpunan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika, 1(2), 140-153. http://jim.unindra.ac.id/index.php/himpunan/article/view/6178/pdf

Putra, R. W. Y., & Indriani, P. (2017). Implementasi Etnomatematika Berbasis Budaya Lokal dalam Pembelajaran Matematika pada Jenjang Sekolah Dasar. Numerical: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1(1), 9–14. http://journal.unipdu.ac.id:8080/index.php/jmpm/article/view/767/594

Sarwoedi, Marinka, D. O., Febriani, P., & Wirne, I. N. (2018). Efektifitas Etnomatematika dalam Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 03(02), 171–176. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jpmr/article/view/7521

Sirate, F. S. (2012). Implementasi Etnomatematika Dalam Pembelajaran Matematika Pada Jenjang Pendidikan Sekolah Dasar. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 15(1), 41–54. https://doi.org/10.24252/lp.2012v15n1a4

Zulaekhoh, D., & Hakim, A. R. (2021). Analisis Kajian Etnomatematika pada Pembelajaran Matematika Merujuk Budaya Jawa. JPT (Jurnal Pendidikan Tematik), 2(2), 216-226. https://siducat.org/index.php/jpt/article/view/289/213


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Kuriang Reka Pratiwi, Monika Nurmaina, Faiqoh Fauziah Aridho

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Publisher:
UNIVERSITAS INDRAPRASTA PGRI

Address: Department of Mathematics Education | (Kampus A) TB. Simatupang, Jl. Nangka Raya No.58 C, RT.5/RW.5, Tj. Bar., Kec. Jagakarsa, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12530, Indonesia | (Kampus B) Jl. Raya Tengah No. 80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760, Indonesia
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
E-mail: kampus@unindra.ac.id

 

Creative Commons License
HIMPUNAN : Jurnal Ilmiah Mahasiswa is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.