Penalaran Statistis Siswa SMP Pada Materi Statistik

Cindy Maharani, Sarah Ayu Syaputri

Abstract


Penalaran statistis berperan penting dalam menghadapi situasi seseorang yang berhadapan dengan sekumpulan data ataupun kejadian-kejadian dalam kehidupan sehari-hari. Kemampuan penalaran statistis merupakan kemampuan untuk memahami informasi-informasi yang ada dalam kehidupan keseharian berdasarkan data-data statistik, kemampuan untuk menjawab permasalahan dengan baik berdasarkan data yang ada dengan cara yang berbeda dan memperoleh hasil yang tidak jauh berbeda. Kemampuan penalaran statistis juga berarti kemampuan untuk memahami dengan baik bagaimana cara memilih, menyajikan, mereduksi, dan mempresentasikan data yang akan digunakan untuk permasalahan yang ada. Statistika menjadi pedoman dalam proses pengambilan keputusan, melihat gejala atau fenomena yang terjadi. Sehingga statistika menjadi disiplin yang terus dikembangkan. Salah satu langkah agar siswa memaksimalkan pembelajaran dengan kemampuan penalaran statistis. Penulisan artikel ini bertujuan untuk memberikan kontribusi bagi peningkatan mutu kemampuan penalaran statistis dalam menentukan pembelajaran yang tepat dengan mengumpulkan informasi, mencari referensi hasil-hasil penelitian mengenai pembelajaran dari jurnal atau internet.

Keywords


Penalaran Statistik; Materi Statistika; Pembelajaran Matematika.

Full Text:

PDF

References


Arifin, M. & Hakim, A. R. (2021). Kajian karakter tokoh pandawa dalam kisah mahabharata diselaraskan dengan pendidikan karakter bangsa Indonesia. Jurnal Syntax Transformation, 2(5), 613-623. https://doi.org/10.46799/jurnalsyntaxtransformation.v2i3.284.

Fardillah, F., & Pamungkas, A. S. (2018). Capaian Kemampuan Penalaran Statistis Mahasiswa Berbasis Experiental Learning. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika, 11(2), 67–76. https://doi.org/10.30870/jppm.v11i2.3755

Hakim, A. R. (2015). Pengaruh Penggunaan Media Clock Set terhadap Hasil Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 3(3), 197-202. https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/Formatif/article/view/124/120

Kesumawati, N., & Octaria, D. (2019). Level Kemampuan Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Soal Penalaran Statistis.pdf. Prosiding Seminar Nasional, 619–624. https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/Index.Php/Prosidingpps/Article/Download/2585/2396

Maryati, I. (2017). Peningkatan Kemampuan Penalaran Statistis Siswa Sekolah Menengah Pertama Melalui Pembelajaran Kontekstual. Jurnal “Mosharafa,” 6(1), 129–140. https://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/mosharafa/article/view/mv6n1_12/305

Maryati, I., & Priatna, N. (2017). Analisis Kesulitan Dalam Materi Statistika Ditinjau Dari Kemampuan Penalaran Dan Komunikasi Statistis. Prisma, 6(2), 173–179. https://doi.org/10.35194/jp.v6i2.209

Nisa, S., Zulkardi, Z., & Susanti, E. (2019). Kemampuan Penalaran Statistis Siswa Pada Materi Penyajian Data Histogram Melalui Pembelajaran PMRI. Jurnal Pendidikan Matematika, 13(1), 21–40. https://doi.org/10.22342/jpm.13.1.5460.21-40

Pangestu, P., & Santi, A. U. P. S. (2016). Jurnal Pendidkan Matematika dan Matematika. Jurnal Pendidkan Matematika Dan Matematika, 2(2), 58–71. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/fbc/article/view/1654

Putri, A., Iswara, A. D., & Hakim, A. R. (2021). Menumbuhkembangkan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik dalam pembelajaran Matematika. Himpunan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika, 1(2), 124-133. http://jim.unindra.ac.id/index.php/himpunan/article/view/3599

Rahmah, N. (2013). Hakikat Pendidikan Matematika. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 2, 1–10. https://doi.org/10.24256/jpmipa.v1i2.88

Rosidah. (2016). Penalaran Statistis Siswa SMA dalam Pemecahan Masalah Statistika Ditinjau dari Perbedaan Gender. Prosiding Seminar Nasional, 02(1), 57–65. https://journal.uncp.ac.id/Index.Php/Proceding/Article/View/370%5C

Rosidi, A., Kesumawati, N., & Misdalina. (2019). Kemampuan Penalaran Statistis Pembelajaran Kooperatif Think Pair Share, Think Talk Write dan Teams Games Tournament. Jurnal Pendidikan Matematika RAFA, 5(1), 70–77. https://doi.org/10.19109/jpmrafa.v5i1.3018

Sari, A. P., Jamaludin., & Hakim, A. R. (2021). Pengembangan Alat Peraga BACALA (Bangun Datar, Pecahan, Labirin) untuk Pembelajaran Matematika Tingkat Sekolah Dasar. Himpunan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika, 1(1). 1-10. http://jim.unindra.ac.id/index.php/himpunan/article/view/3116/pdf_1

Sariningsih, R., & Herdiman, I. (2017). Mengembangkan kemampuan penalaran statistik dan berpikir kreatif matematis mahasiswa di Kota Cimahi melalui pendekatan open-ended. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 4(2), 239-246. https://journal.uny.ac.id/index.php/jrpm/article/view/16685/10193

Ulpah, M., & Kusumah, S. Y. (2012). Meningkatkan Kemampuan Penalaran Statistis Siswa Madrasah Aliyah Melalui Pembelajaran Kontekstual. Prosiding Seminar Nasional, 563–570. https://core.ac.uk/Download/Pdf/11065490.Pdf

Wulansari, T., Putra, A., Rusliah, N., & Habibi, M. (2019). Pengaruh model pembelajaran berbasis masalah pada materi statistika terhadap kemampuan penalaran statistik siswa. AKSIOMA: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 10(1), 35–47. https://doi.org/10.26877/aks.v10i1.3647


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Sarah Ayu Syaputri

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Publisher:
UNIVERSITAS INDRAPRASTA PGRI

Address: Department of Mathematics Education | (Kampus A) TB. Simatupang, Jl. Nangka Raya No.58 C, RT.5/RW.5, Tj. Bar., Kec. Jagakarsa, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12530, Indonesia | (Kampus B) Jl. Raya Tengah No. 80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760, Indonesia
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
E-mail: kampus@unindra.ac.id

 

Creative Commons License
HIMPUNAN : Jurnal Ilmiah Mahasiswa is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.