Analisis kompetensi pedagogical content knowledge mahasiswa calon guru Matematika

Yosie Irawan, Inah Purnamasari, Refi Meilina Asfifah, Yasid Karami, Siti Alfiah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan Pedagogical Content Knowledge mahasiswa calon guru matematika di Universitas Indraprasta PGRI Jakarta. Subjek penelitian dalam penelitian ini dipilih dari mahasiswa program studi pendidikan matematika non reguler semester 7. Setelah pengelompokkan sesuai kategori dipilih tiga orang subjek penelitian. Subjek penelitian dengan kategori IPK≥3,5 dan memiliki pengalaman mengajar memiliki kemampuan Content Knowledge yang cukup baik. Sementara subjek penelitian dengan kategori IPK≥3,5 namun belum memiliki pengalaman mengajar memiliki kemampuan Content Knowledge yang baik. Subjek penelitian dengan kategori IPK<3,5 dan memiliki pengalaman mengajar memiliki kemampuan Content Knowledge yang sangat baik. kemampuan Pedagogical Content Knowledge (PCK) ketiga subjek penelitian pada komponen mengajar mampu memahami Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), strategi pembelajaran, media pembelajaran serta mampu mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi proses pengajaran. Ketiga subjek penelitian memiliki pemahaman yang baik mengenai perbedaan karakteristik siswa, bagaimana menggali potensi yang dimiliki siswa serta memberikan alternatif solusi apabila ada siswa yang mengalami kesulitan dalam pembelajaran.

Keywords


Guru, Pedagogical Content Knowledge, Matematika

Full Text:

PDF

References


Aminah, N., & Wahyuni, I. (2018). Kemampuan Pedagogic Content Knowledge (PCK) Calon Guru Matematika Pada Program Pengalaman Lapangan di SMP/SMA Negeri Kota Cirebon. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 2(2), 259-267. http://dx.doi.org/10.33603/jnpm.v2i2.1291

Purwaningsih, E. (2015). Potret representasi pedagogical content knowledge (PCK) guru dalam mengajarkan materi getaran dan gelombang pada siswa SMP. Indonesian Journal of Applied Physics, 5(1), 9-15.

Irfan, A., Anzora, A., & Fuadi, T. M. (2018). Analisis Pedagogical Content Knowledge Mahasiswa Calon Guru Pada Program Studi Pendidikan Matematika. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 239-250.

Purwoko, R. Y. (2017). Urgensi Pedagogical Content Knowledge Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Surya Edukasi (JPSE), 3(2), 42-55. https://doi.org/10.37729/jpse.v3i2.4338

Republik Indonesia. 2005. Undang-Undang RI Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Lembaran Negara RI Tahun 2005, Nomor 157. Sekretariat Negara. Jakarta.

Wahyuni, F. T. (2019). HUBUNGAN ANTARA TECHNOLOGICAL PEDAGOGICAL CONTENT KNOWLEDGE (TPACK) DENGAN TECHNOLOGY INTEGRATION SELF EFFICACY (TISE) GURU MATEMATIKA DI MADRASAH IBTIDAIYAH. Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2).

Widiyastuti, E. (2016). ANALISIS PEDAGOGICAL CONTENT KNOWLEDGE GURU, LITERASI MATEMATIKA, DAN KARAKTER PESERTA DIDIK (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Semarang). http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/26401

Maryono, M. (2016). Profil Pedagogical Content Knowledge (PCK) mahasiswa calon guru matematika ditinjau dari kemampuan akademiknya. Jurnal Review Pembelajaran Matematika, 1(1), 1-16. https://doi.org/10.15642/jrpm.2016.1.1.1-16

Wulandari, M. R., & Iriani, A. (2018). Pengembangan Modul Pelatihan Pedagogical Content Knowledge (PCK) Dalam Meningkatkan Kompetensi Profesional dan Kompetensi Pedagogik Guru Matematika SMP. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 5(2), 177-189. https://doi.org/10.24246/j.jk.2018.v5.i2.p177-189

Sarwah, S., & Ilyas, M. (2019). Pedagogik Content Knowledge Mahasiswa Laki-Laki Calon Guru Dalam Pembelajaran Matematika SMA Ditinjau Dari Kemampuan Akademik. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika, 2(2).

Purwadi, H. (2018). KEMAMPUAN PEDAGOGICAL CONTENT KNOWLEDGE (PCK) GURU MATEMATIKA DALAM PENYUSUNAN RPP.

Resbiantoro, G. (2016). Analisis Pedagogical Content Knowledge (PCK) Terhadap Buku Guru SD Kurikulum 2013. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 6(3), 153-162. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2016.v6.i3.p153-162

Afifah, Nurul (2015). Problematika Pendidikan Di Indonesia (Telaah dari Aspek Pembelajaran). Elementari: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 41-47.

Ansyar, Mohamad. 2015. Kurikulum Hakikat, Fondasi, Desain, dan Pengembangan. Jakarta: Kencana Media Group.

Afandi, M. H. Studi Komparasi Pedagogical Content Knowledge (Pck) Pendidik Ips Indonesia (Sman 2 Jember) Dengan Thailand (Chinorotwittayalai School). http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/87039

Yohafrinal, Y., Damris, M., & Risnita, R. (2015). Analisis Pedagogical Content Knowledge (PCK) Guru MIPA di SMA Negeri 11 Kota Jambi. Edu-Sains: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 4(2). https://doi.org/10.22437/jmpmipa.v4i2.2531


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Yosie Irawan, Inah Purnamasari, Refi Meilina Asfifah, Yasid Karami, Siti Alfiah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Publisher:
UNIVERSITAS INDRAPRASTA PGRI

Address: Department of Mathematics Education | (Kampus A) TB. Simatupang, Jl. Nangka Raya No.58 C, RT.5/RW.5, Tj. Bar., Kec. Jagakarsa, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12530, Indonesia | (Kampus B) Jl. Raya Tengah No. 80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760, Indonesia
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
E-mail: kampus@unindra.ac.id

 

Creative Commons License
HIMPUNAN : Jurnal Ilmiah Mahasiswa is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.