Pemanfaatan statistika deskriptif sederhana untuk menganalisis respons siswa terhadap pembelajaran jarak jauh darurat covid 19

Annisa Annisa, Galuh Triwardana, Iin Agustien, Puspita Ayu Amelia, Shinta Millenia Putri, Tita Anjani, Diah Oga Nusantari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi tentang pendapat siswa terhadap proses pembelajaran online dimasa pandemi Covid-19 yang telah diselenggarakan selama beberapa waktu terakhir. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA) di Jakarta dan Sekitarnya. Sejumlah pertanyaan yang berhubungan dengan pembelajaran   jarak jauh dibuatkan dengan menggunakan google form dan disebarkan melalui beberapa media social. Dari 100 siswa perrtama yang merespon, hasil pengumpulan pendapat secara Statistika disederhanakan dan disajikan dalam bentuk tabel, grafik dan diagram. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Kemudahan mengakses internet belum menjamin bahwa siswa mampu menangkap/menyerap semua materi dari guru. Ketika diminta untuk menyatakan dalam bentuk persentase 11% siswa menyatakan tidak mengerti materi yang diajarkan secara daring, 35% siswa menyatakan mengerti materi sekitar 26%- 50%, 44% menyatakan mengerti materi  sekitar 51%-75%, dan 10% menyatakan bisa menangkap materi mendekati 100%  (antara 76%-100%). Melalui penelitian ini siswa mengharapakan agar dalam pembelajaran secara daring ini guru dapat menyiapkan video sebagai penjelasan materi sebelum memberikan tugas-tugas dan latihan.


Keywords


Pembelajaran Online; Pandemi Covid-19; Diagram dan Grafik.

Full Text:

PDF

References


Asnawir dan M. Basyirudin U. (2002). Media Pembelajaran. Jakarta: Ciputat Pers

Baharuddin, A, dkk. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Materi Dimensi Tiga Kelas X SMA. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa. Vol. 5 No. 4. http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/articleview/15020

Hamid, Rimba., Sentryo, Izlan., Hasan, Sakka. Online Learning and It’s Problems in the Covid 19 emergency period. Jurnal Prima Edukasia 8 (1), Juni 2020. Hal. 86-95. https://journal.uny.ac.id/index.php/jpe/article/view/32165/pdf

Hasan, M. Iqbal.(2017), Pokok-pokok Materi Statistik 1 (Statistik Deskriptif), edisi kedua, Jakarta : PT Bumi Aksara

Henik, I, Indarto A.S, Dewi Tustika. (2014). Persepsi Mahasiswa Tentang Media Pembelajaran E-Learning Students Perception E-Elerning In Obstetrics Departement. Jurnal Ilmu Kebidanan, Volume II, Nomor 2, Agustus 2014. http://ejournal.akbidyo.ac.id/index.php/JIK/article/view/59/56

http://nasional.kompas.com/read/2020/09/03/10063201/kilas-balik-pembelajaran-jarak-jauh-akibat-pandemi-covid-19

https://www.kemendikbud.go.id/main/blog/2020/05/kemendikbud-terbitkan-pedoman-penyelenggaraan-belajar-dari-rumah

Iwan F. 2014. Pemanfaatan Media dalam Pembelajaran. Jurnal Lingkar Widyaiswara Edisi 1 No. 4, Oktober – Desember 2014, p.104-117. https://juliwi.com/published/E0104/Paper0104-104-117.pdf

Nusantari, D.O., Ahmad, D.N., & Zulkarnain, I. (2020). COMMUNITY SERVICE: PROCESSING DATA STATISTICALLY. SEMANTIK Conference of Mathematics Educations, Yogyakarta, page 6-9, https://dx.doi.org/10.2991/assehr.k.200827.108

Seno. (2020). Revolusi pendidikan tinggi di tengah pandemi Covid-19. Media Indonesia.Com. https://mediaindonesia.com/read/detail/313911-revolusi-pendidikan-tinggi-di-tengah-pandemicovid-19

Sugiyono. (2018). Statistik Nonparametris Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Supardi, U.S. (2013). Aplikasi Statistika Dalam Penelitian. Jakarta: Change Publication.

Wibawanto, W. (2017). Desain dan Program Multimedia Pembelajaran Interaktif. Jember: Cerdas Ulet Kreatif

Yulisa, D. (2013). Pengaruh Penggunaan Media Interaktif dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar Sejarah Siswa SMA Negeri I Gunung Talang. Jurnal Dimensi Vol. 2 No. 2. https://www.journal.unrika.ac.id/index.php/jurnaldms/article/view/116


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Annisa, Galuh Triwardana, Iin Agustien, Puspita Ayu Amelia, Shinta Millenia Putri, Tita Anjani, Diah Oga Nusantari.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Publisher:
UNIVERSITAS INDRAPRASTA PGRI

Address: Department of Mathematics Education | (Kampus A) TB. Simatupang, Jl. Nangka Raya No.58 C, RT.5/RW.5, Tj. Bar., Kec. Jagakarsa, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12530, Indonesia | (Kampus B) Jl. Raya Tengah No. 80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760, Indonesia
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
E-mail: kampus@unindra.ac.id

 

Creative Commons License
HIMPUNAN : Jurnal Ilmiah Mahasiswa is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.