Pengaruh Kedisplinan Siswa terhadap Pemahaman Konsep Matematika kelas X SMA Negeri 9 Depok

Wardah Nur Syamsiyah, Natasya Intan Wandita, Rifa Safinatunnajah, Arfatin Nurrahmah

Abstract


Abstract: This study aims to determine the effect of learning discipline on the conceptual understanding of mathematics among tenth-grade students at SMA Negeri 9 Depok. The research used a quantitative approach with a correlational survey method. Instruments included a learning discipline questionnaire and a mathematics conceptual understanding test. A sample of 31 students was selected using simple random sampling. Data analysis results showed a positive and significant influence between learning discipline and conceptual understanding, with a coefficient of determination (R²) of 0.274. This indicates that 27.4% of the variation in mathematics conceptual understanding can be explained by learning discipline. The study concludes that improving learning discipline can be an effective strategy to enhance students’ understanding of mathematical concept.

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kedisiplinan belajar terhadap pemahaman konsep matematika siswa kelas X di SMA Negeri 9 Depok. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei korelasional. Instrumen yang digunakan berupa angket kedisiplinan belajar dan tes pemahaman konsep matematika. Sampel penelitian terdiri dari 31 siswa yang dipilih melalui teknik simple random sampling. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara kedisiplinan belajar dan pemahaman konsep matematika, dengan nilai koefisien determinasi (R²) sebesar 0,274. Artinya, 27,4% variasi dalam pemahaman konsep matematika dapat dijelaskan oleh kedisiplinan belajar. Penelitian ini menegaskan bahwa peningkatan kedisiplinan belajar dapat menjadi strategi efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa


Keywords


Kedisplinan, Pemahaman Konsep, Matematika

References


Handayani, R. (2017). Pengaruh Kedisplinan Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Kediri. Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 115–124.

Harun, M., & Aminah, S. (2021). Peran Kedisplinan dan Motivasi Belajar terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa SMP. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika, 10(1), 45–52.

Kurniasari, N., Yarmi, G., & Kartono, K. (2023). Hubungan Kedisiplinan dan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(3), 1452–1457. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i3.5646

Lestari, D., & Supriyadi, S. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran dan Kedisplinan terhadap Pemahaman Konsep Matematika. Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 7(3), 301–310.

Pratiwi, D., Nurrahmah, A., & Marliani, N. (2021). Pengaruh Kedisiplinan Belajar Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika. Original Research, 80, 341–348.

Rahmawati, N., & Setiawan, A. (2023). Kedisplinan Belajar sebagai Indikator Pembelajaran Mandiri dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, 14(1), 88–97.

Ramadhani, A. (2020). Hubungan antara Kedisplinan Belajar dengan Kemampuan Berpikir Logis dalam Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 6(2), 127–134.

Sari, M., & Widodo, A. (2018). Kedisplinan Belajar dan Pengaruhnya terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 3(1), 25–34.

Sugihartono, Fathiyah, K. N., Harahap, F., Setiawati, F. A., & Nurhayati, S. R. (2016). Psikologi Pendidikan.

Susilawati, S., & Tambunan, N. (2021). Pengaruh Disposisi Matematis dan Kedisiplinan Belajar terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Prosiding Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika. Original Research, 80, 371–380.

Wahyuni, P. U., & Ahmad, S. (2024). Pengaruh Kedisiplinan Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VI di Sekolah Dasar. jurnal Pendidikan tambusai, 8(1), 4433–4440.

Werdiningsih, C. E. (2022). Pengaruh Kedisiplinan Belajar Dan Berpikir Kritis Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis. Jurnal Lebesgue : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika dan Statistika, 3(3), 493–500. https://doi.org/10.46306/lb.v3i3.158

Yusuf, F., & Pratiwi, N. (2024). Efektivitas Program Disiplin Belajar terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa SMP. Jurnal Evaluasi Pendidikan, 8(1), 15–23.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Wardah Nur Syamsiyah, Natasya Intan Wandita, Rifa Safinatunnajah, Arfatin Nurrahmah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Publisher:
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Department of Mathematics Education

(Kampus A) TB. Simatupang, Jln. Nangka Raya No.58 C, RT.5/RW.5, Tj. Bar., Kec. Jagakarsa, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12530, Indonesia.

(Kampus B) Jln. Raya Tengah No.80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760, Indonesia.

Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia

E-mail: kampus@unindra.ac.id

 

Creative Commons License
HIMPUNAN : Jurnal Ilmiah Mahasiswa is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.