Buku Ajar Realistik Pengolahan Data Terintegrasi RME dalam Buku Guru dan Buku Siswa

Situs Indrawati, Jesi Alexander Alim, Muhammad Fendrik

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan buku guru dan buku siswa berbasis Realistic Mathematics Education (RME) pada materi Pengolahan Data untuk siswa kelas VI sekolah dasar. Pengembangan dilakukan untuk menyediakan bahan ajar yang kontekstual, interaktif, dan sesuai dengan karakteristik berpikir siswa usia sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah model pengembangan Plomp yang terdiri dari tiga tahap yaitu preliminary research phase, development and prototyping phase, dan assessment phase. Instrument pengumpulan data menggunakan angket validasi dan angket respon. Pengujian dilakukan dengan validasi ahli dan uji praktikalitas. Validasi dilakukan oleh ahli materi, ahli media, dan ahli bahasa. Analisis data dilakukan dengan teknik kuantitatif deskripstif. Pengolahan hasil validasi menggunakan indeks Aiken’v. Hasil validasi menunjukkan bahwa buku guru dan buku siswa termasuk dalam kategori “sangat valid”. Selanjutnya, uji praktikalitas yang melibatkan guru dan siswa juga menunjukkan bahwa bahan ajar ini sangat praktis untuk digunakan dalam pembelajaran. Buku ini dirancang untuk mendukung pembelajaran bermakna melalui aktivitas pengumpulan dan pengolahan data berbasis konteks nyata siswa, sejalan dengan prinsip-prinsip RME. Dengan demikian, pengembangan buku guru dan buku siswa berbasis RME ini diharapkan dapat menjadi alternatif bahan ajar yang efektif dan menyenangkan untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa, khususnya pada topik pengolahan data.

Keywords


buku guru; buku siswa; pengolahan data; Realistic Mathematics Education

References


Alim, J. A., Hermita, N., Alim, M. L., Wijaya, T. T., & Pereira, J. (2021). Developing a Math Textbook using realistic Mathematics Education Approach to increase elementary students’ learning motivation. Jurnal Prima Edukasia, 9(2).

Alim, J. A., Hermita, N., Sari, I. K., Alpusari, M., Sulastio, A., Mulyani, E. A., Putra, R. A., & Arnawa, I. M. (2020). Development of Learning Flow for KPK Based on Interactive Multimedia Assisted RME Based on Students PGSD UNRI. Journal of Physics: Conference Series, 1655(1), 012045. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1655/1/012045

Anthony, G., & Walshaw, M. (2009). Mathematics Education in the Early Years. Contemporary Issues in Early Childhood, 10(2), 107–122. https://doi.org/10.1007/978-3-319-23935-4

Cai, J., & Ni, Y. (2011). Investigating curricular effect on the teaching and learning of mathematics in a cultural context: Theoretical and methodological considerations. International Journal of Educational Research, 50(2), 65–70.

Chusna, F. A. (2016). Upaya Guru Mengatasi Kesulitan Belajar Matematika Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 1 Pangenrejo. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Edisi, 35, 5.

Fauzan, A., & Sari, O. Y. (2017). Pengembangan Alur Belajar Pecahan Berbasis Realistic Mathematics Education. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana Unsyiah. Aceh, 55–63.

Hendrik, A. I., Ekowati, C. K., & Samo, D. D. (2020). Kajian Hypothetical Learning Trajectories dalam Pembelajaran Matematika di Tingkat SMP. Fraktal: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1(1), 1–11. https://doi.org/10.35508/fractal.v1i1.2683

Husnia, H., Hotimah, H., Wahyudi, M., & Sitaresmi, P. D. W. (2023). Analisis Pengaruh Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Terhadap Hasil Belajar Siswa Sd. AL JABAR: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 2(1), 21–31. https://doi.org/10.46773/aljabar.v2i1.514

Hussar, W.J., and Bailey, T. M. (2011). Projections of Education Statistics to 2020. U.S. Department of Education, National Center for Education Statistics, 177.

Lestari, A. P., Putra, D. A., & Faradita, M. N. (2020). Analysis of RME Learning Model in Improving Primary School Student Mathematic Education ( RME ) Dalam. 9(2), 179–186. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v9i2.617

Marni, & Pasaribu, L. H. (2021). Peningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Kemandirian Siswa Melalui Pembelajaran Matematika Realistik. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 05(02), 1902. https://j-cup.org/index.php/cendekia/article/view/621

Napitupulu, R. C., Alim, J. A., Hermita, N., & Ibrahim, B. (2021). Development of an RME-Based Hypothetical Learning Trajectory of Least Common Multiple for Elementary School Students. Journal of Teching and Learning in Elementary Education, 4(2).

Nuraina, N., Fauzi, K. M. A., & Simbolon, N. (2021). The Effect of Realistic Mathematics Educations (RME) Approach Based on Ethnomatics on the Improvement of Concept Understanding Ability and Students’ Learning Motivation in Elementary School Al-Kausar City of Langsa. Budapest International Research and Critics in Linguistics and Education (BirLE) Journal, 4(1), 543–554. https://doi.org/10.33258/birle.v4i1.1707

Oktaviani, C., Alim, J. A., Antosa, Z., & Hermita, N. (2022). Pengembangan Audible Books Berbasis Etnomatematika Sebagai Media Literasi Untuk Siswa Di Sekolah Dasar. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(3), 2464–2478. https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i3.5355

Putri, A. E., Firmansyah, A., Mirzachaerulsyah, E., & Firmansyah, H. (2021). Tradisi Saprahan Sebagai Sumber Belajar Sejarah Lokal Kalimantan Barat. Fajar Historia: Jurnal Ilmu Sejarah Dan Pendidikan, 5(1), 45–59. https://doi.org/10.29408/fhs.v5i1.3512

Rahayu, T. (2010). Pendekatan RME Terhadap Peningkatan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VII Penaruban 1 Purbalingga. UNY.

Reys, B., Reys, R., & Rubenstein, R. (2010). Mathematics Curriculum: Issues, Trends, and Future Directions, 72nd Yearbook. ERIC.

Salminen, J., & Rasku-puttonen, H. (2012). Observed Classroom Quality Profiles of Kindergarten Classrooms in Finland. 654–677. https://doi.org/10.1080/10409289.2011.574267

Silvia, S., Fauzan, A., Musdi, E., & Jamaan, E. Z. (2021). Pengembangan Desain Pembelajaran Statistika Berbasis Realistic Mathematic Education (Rme). AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(4), 2849. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i4.4362

Suriyani. (2017). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Melalui Pendekatan Open-Ended. Jurnal Pembelajaran Dan Matematika Sigma, 3(2), 54–60.

Suryana, A., Zaki, I. B., Sua, J., Phua, G., Jekson, J., & Celvin, C. (2021). Pentingnya Membaca Buku bagi Generasi Baru di Era Teknologi Bersama Komunitas Ayobacabatam. National Conference for Community Service Project (NaCosPro), 3, 715–720. https://journal.uib.ac.id/index.php/nacospro/article/view/6010

Taufina, T., Chandra, C., Fauzan, A., & Ilham Syarif, M. (2019). Development of Statistics in Elementary School Based RME Approach with Problem Solving for Revolution Industry 4.0. 382(Icet), 716–721. https://doi.org/10.2991/icet-19.2019.172

Yuhasriati, Y., Johar, R., Khairunnisak, C., Rohaizati, U., Jupri, A., & Zubaidah, T. (2022). Students Mathematical Representation Ability in Learning Algebraic Expression using Realistic Mathematics Education. Jurnal Didaktik Matematika, 9(1), 151–169. https://doi.org/10.24815/jdm.v9i1.25434

Yunianta, T. N. H., Suryadi, D., Dasari, D., & Herman, T. (2023). Textbook praxeological-didactical analysis: Lessons learned from the Indonesian mathematics textbook. Journal on Mathematics Education, 14(3), 503–524.

Zagoto, M. M., Arnawa, I. M., Musdi, E., Edi, F., & ... (2022). Hypothetical Learning Trajectory Berbasis Realistics Mathematics Education. Edumaspul: Jurnal …, 6(2), 3098–3104. https://ummaspul.e-journal.id/maspuljr/article/view/5263%0Ahttps://ummaspul.e-journal.id/maspuljr/article/download/5263/2310


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Situs Indrawati, Jesi Alexander Alim, Muhammad Fendrik.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Publisher:
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Department of Mathematics Education

(Kampus A) TB. Simatupang, Jln. Nangka Raya No.58 C, RT.5/RW.5, Tj. Bar., Kec. Jagakarsa, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12530, Indonesia.

(Kampus B)Jln. Raya Tengah No.80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760, Indonesia.

Phone: +62 (021) 7818718 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia

E-mail:kampus@unindra.ac.id

Creative Commons License
HIMPUNAN : Jurnal Ilmiah Mahasiswa is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.