Pengaruh Mathematical Habits of Mind terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa SMPN 210 Jakarta
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alpian, Y., Anggraeni, S. W., Wiharti, U., & Soleha, N. M. (2019). Pentingnya Pendidikan Bagi Manusia. Jurnal Buana Pengabdian, 1(1), 66-72. https://doi.org/10.36805/jurnalbuanapengabdian.v1i1.581
Aprilia, A., & Fitriana, D. N. (2022). Mindset Awal Siswa Terhadap Pembelajaran Matematika yang Sulit dan Menakutkan. PEDIR: Journal Elmentary Education, 28-40.(Vol. 1, Issue 2). https://pedirresearchinstitute.or.id/index.php/Pedirjournalelementaryeducation/article/view/69
Aringga, D., Shodiqin, A., & Albab, I. U. (2019). Penelusuran Kebiasaan Berpikir (Habits Of Mind) Matematis Siswa dalam Menyelesaiakan Soal Cerita Bilangan Pecahan ditinjau dari Gaya Kognitif. Thinking Skills and Creativity Journal, 2(2), 121-129. https://doi.org/10.23887/tscj.v2i2.22666
Fitri, S. F. (2021). Problematika Kualitas Pendidikan di Indonesia. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1617-1620. https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/1148
Hasanah, M., & Lukman Hakim, D. (2022). Kemampuan Literasi Matematis Pada Soal Matematika PISA Konten Quantity dan Konten Change and Relationship. In Journal for Research in Mathematics Learning) p (Vol. 5, Issue 2).http://dx.doi.org/10.24014/juring.v5i2.13785
Hidayat, E. F., Yandhari, I. V., & Alamsyah, T. P. (2020). Efektivitas Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas V. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(1), 106-113. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i1.21103
Iriani, A., Sridana, N., Triutami, T. W., & Azmi, S. (n.d.). Griya Journal of Mathematics Education and Application Volume 2 Nomor 4, Desember 2022 Analisis Kesalahan Dalam Menyelesaikan Soal Integral Taktentu Dengan Metode Newman Ditinjau Dari Kemampuan Matematis. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 2(4), 1072-1084. https://doi.org/10.29303/griya.v2i4.257
Khodijah, S. & Hakim, A.R. (2024). Pengaruh Konsep Diri Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa. Apotema: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(1), 56-64. https://publikasi.stkippgri-bkl.ac.id/index.php/APM/article/view/1045/728
Listianingsih, A. (2022). Analisis Habits of Mind dengan Visual Thinking dalam Pemahaman Konsep Matematis Siswa di SMAN 2 Tulang Bawang Tengah. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung, 1-91.http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/18044
Listianingsih, A., Kesuma, G. C., & Suherman. (2022). Analisis Pemahaman Konsep Matematis: Dampak Habits Of Mind Dengan Visual Thinking. In Hipotenusa Journal of Research Mathematics Education (Vol. 5, Issue 2).https://doi.org/10.36269/hjrme.v5i2.798
Malasari, P. N., Herman, T., & Jupri, A. (2019). Kontribusi Habits Of Mind Terhadap Kemampuan Literasi Matematis Siswa Pada Materi Geometri. Jurnal Pendidikan Matematika (KUDUS), 2(2). http://dx.doi.org/10.21043/jpm.v2i2.6361
Nastiti, F. F., & Syaifudin, A. H. (2020). Hubungan Pemahaman Konsep Matematis Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP N 1 Plosoklaten pada Materi Lingkaran. Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 8-16. http://dx.doi.org/10.33087/phi.v4i1.80
Pebriana, D., & Imami, A. I. (2022). Analisis Habits of Mind Matematis Siswa SMP dalam Materi SPLDV. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika (Sesiomadika), 4(1), 259-272. https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/article/view/7603
Permatasari, K. G. (2021). Problematika Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar / Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Ilmiah Pedagogy, 17(1), 68-84.https://jurnal.staimuhblora.ac.id/index.php/pedagogy/article/view/96
Putri, T. E. (2023). Analisis Pemahaman Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Operasi Bentuk Pangkat dan Akar Kelas X. Jurnal Pendidikan, 14(2), 194-205. https://jp.ejournal.unri.ac.id/index.php/JP/index
Qadarsih, N. D., Maimunah, & Andrari, F. R. (2022). Pengaruh Habits of Mind (Kebiasaan Pikiran) terhadap Ketahanmalangan Mahasiswa. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 7(2), 316-323. http://dx.doi.org/10.30998/sap.v7i2.13815
Radiusman, R. (2020). Studi Literasi: Pemahaman Konsep Anak Pada Pembelajaran Matematika. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 6(1), 1-8. https://doi.org/10.24853/fbc.6.1.1-8
Ridia, N. S., & Afriansyah, E. A. (2019). Perbandingan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa melalui Auditory Intellectualy Repetition dan Student Teams Achievement Division.Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(3), 515-526.http://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/mosharafa
Siregar, N. F. (2021). Pemahaman Konsep Matematika Siswa SMP Melalui Pendekatan Realistic Mathematics Education.Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 1919-1927. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i2.635
Suendarti, M., & Liberna, H. (2021). Analisis Pemahaman Konsep Perbandingan Trigonometri Pada Siswa SMA. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 5(2), 326-339. http://dx.doi.org/10.33603/jnpm.v5i2.4917
Suryani, A., Sukirwan, & Khaerunnisa, E. (2023). Pengaruh Mathematical Habits of Mind terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Pembelajaran Daring. Jurnal Pembelajaran dan Pengembangan Diri, 3(3), 527-536. https://doi.org/10.47353/bj.v3i3.261
Susanto, A., & Qorimah, S. (2020). Strategi Mathematical Habits of Mind, Kemampuan Pemecahan Masalah dan Berpikir Kritis Matematis. Math Educa: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 4(2), 179-191. https://doi.org/10.15548/mej.v4i2.1816
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Trisha Hana Maulidya, M. Tohimin Apriyanto, Nadun.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Publisher:
Universitas Indraprasta PGRI
Address: Department of Mathematics Education
(Kampus A) TB. Simatupang, Jln. Nangka Raya No.58 C, RT.5/RW.5, Tj. Bar., Kec. Jagakarsa, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12530, Indonesia.
(Kampus B) Jln. Raya Tengah No.80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760, Indonesia.
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
E-mail: kampus@unindra.ac.id

HIMPUNAN : Jurnal Ilmiah Mahasiswa is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.




