Pengaruh Mathematical Habits of Mind terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa SMPN 210 Jakarta

Trisha Hana Maulidya, M. Tohimin Apriyanto, Nadun Nadun

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh mathematical habits of mind terhadap pemahaman konsep matematika siswa SMPN 210 Jakarta. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan populasi seluruh siswa kelas VII SMPN 210 Jakarta Tahun Ajaran 2023/2024. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling dan jumlah sampel penelitian ini berjumlah 62 siswa. Data mathematical habits of mind diperoleh dengan menyebarkan angket dan data pemahaman konsep matematika dengan menyebarkan soal uraian. Uji persyaratan dilakukan dengan uji normalitas dan uji linearitas. Pada uji normalitas diperoleh bahwa kedua kelompok data berdistribusi normal dan pada uji linearitas data berpola linear. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mathematical habits of mind (X) mempunyai pengaruh terhadap pemahaman konsep matematika (Y) dengan persamaan regresinya adalah dan Fhitung> Ftabel. Selain itu, peneliti mendapatkan nilai koefisien determinasi yaitu sebesar 64%. Hal ini menunjukkan bahwa mathematical habits of mind mempengaruhi pemahaman konsep matematika siswa sebesar 64% dan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain.

Keywords


Mathematical Habits of Mind; Pemahaman Konsep Matematika; Pembelajaran Matematika SMP.

Full Text:

PDF

References


Alpian, Y., Anggraeni, S. W., Wiharti, U., & Soleha, N. M. (2019). Pentingnya Pendidikan Bagi Manusia. Jurnal Buana Pengabdian, 1(1), 66-72. https://doi.org/10.36805/jurnalbuanapengabdian.v1i1.581

Aprilia, A., & Fitriana, D. N. (2022). Mindset Awal Siswa Terhadap Pembelajaran Matematika yang Sulit dan Menakutkan. PEDIR: Journal Elmentary Education, 28-40.(Vol. 1, Issue 2). https://pedirresearchinstitute.or.id/index.php/Pedirjournalelementaryeducation/article/view/69

Aringga, D., Shodiqin, A., & Albab, I. U. (2019). Penelusuran Kebiasaan Berpikir (Habits Of Mind) Matematis Siswa dalam Menyelesaiakan Soal Cerita Bilangan Pecahan ditinjau dari Gaya Kognitif. Thinking Skills and Creativity Journal, 2(2), 121-129. https://doi.org/10.23887/tscj.v2i2.22666

Fitri, S. F. (2021). Problematika Kualitas Pendidikan di Indonesia. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1617-1620. https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/1148

Hasanah, M., & Lukman Hakim, D. (2022). Kemampuan Literasi Matematis Pada Soal Matematika PISA Konten Quantity dan Konten Change and Relationship. In Journal for Research in Mathematics Learning) p (Vol. 5, Issue 2).http://dx.doi.org/10.24014/juring.v5i2.13785

Hidayat, E. F., Yandhari, I. V., & Alamsyah, T. P. (2020). Efektivitas Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas V. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(1), 106-113. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i1.21103

Iriani, A., Sridana, N., Triutami, T. W., & Azmi, S. (n.d.). Griya Journal of Mathematics Education and Application Volume 2 Nomor 4, Desember 2022 Analisis Kesalahan Dalam Menyelesaikan Soal Integral Taktentu Dengan Metode Newman Ditinjau Dari Kemampuan Matematis. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 2(4), 1072-1084. https://doi.org/10.29303/griya.v2i4.257

Khodijah, S. & Hakim, A.R. (2024). Pengaruh Konsep Diri Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa. Apotema: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(1), 56-64. https://publikasi.stkippgri-bkl.ac.id/index.php/APM/article/view/1045/728

Listianingsih, A. (2022). Analisis Habits of Mind dengan Visual Thinking dalam Pemahaman Konsep Matematis Siswa di SMAN 2 Tulang Bawang Tengah. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung, 1-91.http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/18044

Listianingsih, A., Kesuma, G. C., & Suherman. (2022). Analisis Pemahaman Konsep Matematis: Dampak Habits Of Mind Dengan Visual Thinking. In Hipotenusa Journal of Research Mathematics Education (Vol. 5, Issue 2).https://doi.org/10.36269/hjrme.v5i2.798

Malasari, P. N., Herman, T., & Jupri, A. (2019). Kontribusi Habits Of Mind Terhadap Kemampuan Literasi Matematis Siswa Pada Materi Geometri. Jurnal Pendidikan Matematika (KUDUS), 2(2). http://dx.doi.org/10.21043/jpm.v2i2.6361

Nastiti, F. F., & Syaifudin, A. H. (2020). Hubungan Pemahaman Konsep Matematis Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP N 1 Plosoklaten pada Materi Lingkaran. Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 8-16. http://dx.doi.org/10.33087/phi.v4i1.80

Pebriana, D., & Imami, A. I. (2022). Analisis Habits of Mind Matematis Siswa SMP dalam Materi SPLDV. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika (Sesiomadika), 4(1), 259-272. https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/article/view/7603

Permatasari, K. G. (2021). Problematika Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar / Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Ilmiah Pedagogy, 17(1), 68-84.https://jurnal.staimuhblora.ac.id/index.php/pedagogy/article/view/96

Putri, T. E. (2023). Analisis Pemahaman Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Operasi Bentuk Pangkat dan Akar Kelas X. Jurnal Pendidikan, 14(2), 194-205. https://jp.ejournal.unri.ac.id/index.php/JP/index

Qadarsih, N. D., Maimunah, & Andrari, F. R. (2022). Pengaruh Habits of Mind (Kebiasaan Pikiran) terhadap Ketahanmalangan Mahasiswa. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 7(2), 316-323. http://dx.doi.org/10.30998/sap.v7i2.13815

Radiusman, R. (2020). Studi Literasi: Pemahaman Konsep Anak Pada Pembelajaran Matematika. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 6(1), 1-8. https://doi.org/10.24853/fbc.6.1.1-8

Ridia, N. S., & Afriansyah, E. A. (2019). Perbandingan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa melalui Auditory Intellectualy Repetition dan Student Teams Achievement Division.Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(3), 515-526.http://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/mosharafa

Siregar, N. F. (2021). Pemahaman Konsep Matematika Siswa SMP Melalui Pendekatan Realistic Mathematics Education.Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 1919-1927. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i2.635

Suendarti, M., & Liberna, H. (2021). Analisis Pemahaman Konsep Perbandingan Trigonometri Pada Siswa SMA. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 5(2), 326-339. http://dx.doi.org/10.33603/jnpm.v5i2.4917

Suryani, A., Sukirwan, & Khaerunnisa, E. (2023). Pengaruh Mathematical Habits of Mind terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Pembelajaran Daring. Jurnal Pembelajaran dan Pengembangan Diri, 3(3), 527-536. https://doi.org/10.47353/bj.v3i3.261

Susanto, A., & Qorimah, S. (2020). Strategi Mathematical Habits of Mind, Kemampuan Pemecahan Masalah dan Berpikir Kritis Matematis. Math Educa: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 4(2), 179-191. https://doi.org/10.15548/mej.v4i2.1816


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Trisha Hana Maulidya, M. Tohimin Apriyanto, Nadun.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Publisher:
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Department of Mathematics Education

(Kampus A) TB. Simatupang, Jln. Nangka Raya No.58 C, RT.5/RW.5, Tj. Bar., Kec. Jagakarsa, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12530, Indonesia.

(Kampus B) Jln. Raya Tengah No.80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760, Indonesia.

Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia

E-mail: kampus@unindra.ac.id

 

Creative Commons License
HIMPUNAN : Jurnal Ilmiah Mahasiswa is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.