Literasi Matematika Peserta Didik Ditinjau dari Kemandirian Belajar

Indah Ayu Kusumawardani, Wardono Wardono

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan literasi matematika peserta didik ditinjau dari kemandirian belajar. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 20 Semarang. Metode penelitian yang digunakan yaitu deskripsi kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII A dengan menggunakan teknik purposive sampling. Peserta didik dikelompokan dalam tiga kategori, yaitu kemandirian belajar tinggi, kemandirian belajar sedang, dan kemandirian belajar rendah. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket kemandirian belajar, soal tes literasi matematika, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa peserta didik dengan kemandirian belajar tinggi mampu menguasai semua indikator literasi matematika, peserta didik dengan kemandirian belajar sedang mampu menguasai lima indikator literasi matematika, sedangkan peserta didik dengan kemandirian belajar rendah mampu menguasai tiga indikator literasi matematika.

Keywords


Literasi Matematika; Kemandirian Belajar

Full Text:

PDF

References


Afidah, L. N., Wardono, & Waluya, S. B. (2024). Systematic Literature Review: Literasi Matematika dan Kemandirian Belajar Pada Pendekatan Matematika Realistik. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika 7, 821–828. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/

Agustiani, S., Agustiani, N., & Nurcahyono, N. A. (2021). Analisis Berpikir Literasi Matematika Berdasarkan Kemandirian Belajar Siswa SMP. Equals, Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(2), 67–78. https://doi.org/10.46918/equals.v4i2.966

Astuty, E. S. W., Waluya, S. B., & Sugianto. (2019). Mathematical Reasoning Ability Based on Self Regulated Learning by Using The Learning of Reciprocal Teaching With RME Approach. UJMER: Unnes Journal of Mathematics Education Research, 8(1), 49–56. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujmer

Febriyanti, F., & Imami, A. I. (2021). Analisis Self-Regulated Learning dalam Pembelajaran Matematika Pada Siswa SMP. Jurnal Ilmiah Soulmath : Jurnal Edukasi Pendidikan Matematika, 9(1), 1–10. https://doi.org/10.25139/smj.v9i1.3300

Ghassani, D. A., Nursa’adah, A., Septira, F., Effendi, M., Herman, T., & Hasanah, A. (2023). Kemandirian Belajar Siswa dalam Pembelajaran Matematika Menggunakan Kurikulum Merdeka. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 307–316. https://doi.org/10.31980/plusminus.v3i2.2983

Habibi, H., & Suparman, S. (2020). Literasi Matematika dalam Menyambut PISA 2021 Berdasarkan Kecakapan Abad 21. JKPM: Jurnal Kajian Pendidikan Matematika, 6(1), 57–64. http://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/jkpm/

Hidayati, K., & Listyani, E. (2010). Improving Instruments of Students’ Self-Regulated Learning. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 14(1), 84–99. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/pep.v14i1.1977

Nurkamilah, M., Nugraha, M. F., & Sunendar, A. (2018). Mengembangkan Literasi Matematika Siswa Sekolah Dasar melalui Pembelajaran Matematika Realistik Indonesia. Jurnal THEOREMS (The Original Research of Mathematics), 2(2), 70–79.

OECD. (2018). PISA for Development Assessment and Analytical Framework: Reading, Mathematics and Science. OECD Publishing. https://doi.org/10.1787/9789264305274-en

OECD. (2023). PISA 2022 Results: Factsheets Indonesia. OECD Publishing. https://oecdch.art/a40de1dbaf/C108.

Priyonggo, H. W., Wardono, & Asih, T. S. N. (2021). Mathematics Literacy Skill on Problem Based Learning Assisted by E-Module Agito Based on Learning Motivation. UJMER: Unnes Journal of Mathematics Education Research, 10(1), 54–58. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujmer

Sari, N., Nuraeni, Z., & Sukmaningthias, N. (2022). Interaction between RME-based Blended Learning and Self-regulated Learning in Improving Mathematical Literacy. Jurnal Elemen, 8(2), 631–644. https://doi.org/10.29408/jel.v8i2.5751

Simatupang, J. E., Mirza, R., & Akmal, M. El. (2019). Kemandirian Belajar ditinjau dari Kepercayaan Diri. Persona:Jurnal Psikologi Indonesia, 8(2), 208–223. https://doi.org/10.30996/persona.v8i2.2275

Sugiyono. (2023). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (Sutopo, Ed.; 2nd ed., Vol. 5). Alfabeta. www.cvalfabeta.com

Suryapuspitarini, B. K., Wardono, & Kartono. (2018). Analisis Soal-Soal Matematika Tipe Higher Order Thinking Skill (HOTS) pada Kurikulum 2013 untuk Mendukung Kemampuan Literasi Siswa. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 876–884. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/

Tasekeb, D., Wardono, & Mulyono. (2022). Mathematical Literacy To Class VII Students In Terms Of Self Regulated Learning. International Journal of Education and Research, 10(7), 41–52. www.ijern.com

Utama, F., Zaenuri, & Pranoto, Y. K. S. (2023). Students Numerical Literacy Ability In Problem Based Learning With Ethnomatematics Nuances. Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 98–108.

Wijayanti, P., & Wardono. (2020). Analisis Literasi Matematika Ditinjau dari Kemandirian Belajar Siswa SMP Pada Pembelajaran DAPIC-Problem-Solving Pendekatan PMRI Berbatuan Schoology. PRISMA 3, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 3, 670–678. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/

Wulandari, A. (2022). Analisis Kemandirian Belajar Siswa Pada Pembelajaran Matematika. JMLI, Journal Of Mathematics Learning Innovation, 1(2), 151–162. https://doi.org/https://doi.org/10.35905/jmlipare.v1i2.3648


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Indah Ayu Kusumawardani, Wardono.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Publisher:
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Department of Mathematics Education

(Kampus A) TB. Simatupang, Jln. Nangka Raya No.58 C, RT.5/RW.5, Tj. Bar., Kec. Jagakarsa, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12530, Indonesia.

(Kampus B) Jln. Raya Tengah No.80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760, Indonesia.

Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia

E-mail: kampus@unindra.ac.id

 

Creative Commons License
HIMPUNAN : Jurnal Ilmiah Mahasiswa is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.