Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa Melalui Penyelesaian Soal-soal TIMSS Peluang di SMA

Nur Azisah, A. Sriyanti, Nur Wahidah, Mirdayanti Mirdayanti, Muhammad Sultan Raswin

Abstract


Peningkatan mutu pendidikan matematika di Indonesia memerlukan landasan ilmiah yang kokoh melalui penelitian yang tekanan pada penguatan literasi matematika siswa dalam lingkungan belajar yang kontekstual dan bermakna. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengkaji kemampuan literasi matematika siswa MA Syekh Yusuf pada pokok bahasan probabilitas dengan menggunakan soal pemecahan masalah berbasis TIMSS. Literasi matematika dalam penelitian ini dianalisis melalui empat indikator utama, yaitu pemahaman konsep, penerapan, penalaran, dan komunikasi matematika. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, dengan pengumpulan data melalui tes terbuka, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Subjek penelitian terdiri dari 32 siswa kelas X yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Hasil analisis menunjukkan bahwa 22% siswa berada pada kategori tinggi, 53% pada kategori sedang, dan 25% pada kategori rendah. Siswa dengan kemampuan tingkat tinggi menunjukkan strategi pemecahan masalah yang sistematis dan komunikatif, sedangkan siswa yang berada pada kategori rendah cenderung percaya tanpa memahami konteks masalah secara menyeluruh. Temuan ini menyoroti pentingnya penerapan model pembelajaran berbasis konteks yang mendukung pengembangan literasi matematika. Studi ini diharapkan dapat memberikan kontribusi terhadap kemajuan strategi pengajaran yang lebih efektif dan menjadi acuan bagi kebijakan pendidikan yang menekankan penilaian berbasis literasi.

Keywords


Mathematical Literacy, Probability, Problem Solving Skills.

Full Text:

PDF

References


Amalia, N., Rahayu, W., & Hidajat, F. A. (2024). Analisis kemampuan literasi matematis siswa SMA dalam menyelesaikan soal AKM materi peluang. J-PiMat: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 1171–1182. https://doi.org/10.31932/j-pimat.v6i1.3462

Atikah, H. F., Sarifah, I., & Yudha, C. B. (2024). Analisis kemampuan literasi matematika dalam pandangan PISA 2022. Literasi (Jurnal Ilmu Pendidikan), 15(2), 152. https://doi.org/ 10.21927/literasi.2024.15(2).152-161

Azmiyah, F., Agustina, E. N. S., & Fachrudin, A. D. (2025). Hubungan antara literasi matematika dengan kemampuan komunikasi tulis matematika siswa kelas X. Jurnal Mathedunesa, 14(1).

Bahri, S. A., Badawi, B., Hasan, M., Arifudin, O., Fitriana, I. P. A. D., Arfah, A., Rambe, P., Saputri, A. N. C., Lestariningrum, A. I. P., Larasati, R. A., Panma, Y., Clara, H., & Irwanto, I. (2021). Pengantar penelitian pendidikan: Sebuah tinjauan teori dan praktis. Widina Media Utama.

Damanik, A. S., & Handayani, R. (2023). Kemampuan literasi matematika siswa. OMEGA: Jurnal Keilmuan Pendidikan Matematika, 2(3), 149–157. https://doi.org/10.47662/jkpm.v2i3.596

Hidayatullah, I., Agustiani, R., & Efriani, A. (2022).

Kemampuan berpikir kritis siswa dalam menyelesaikan soal TIMSS konten geometri dilihat dari tipe keperibadian extrovert di kelas VIII SMP. Jurnal Riset Pendidikan Dan Inovasi Pembelajaran Matematika (JRPIPM), 5(1), 44–55. https://doi.org/10.26740/jrpipm.v5n1.p44-55

Mu’alamah, N. N. (2025). Analisis literasi matematika melalui pull out photo math box berbasis teknologi augmented reality pada siswa tunarungu. Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

OECD. (2012). Literacy, numeracy and problem solving in technology-rich environments. In Organisation for Economic Co-operation and Development. OECD. https://doi.org/10.1787/ 9789264128859-en

OECD. (2019). PISA 2018 mathematics framework. In Organisation for Economic Co-operation and Development (pp. 73–95). https://doi.org/10.1787/13c8a22c-en

Rahma, A., Adi, F. Z. A., Azzahra, R., Ulhaq, N. D., Sedar, N. C., Hikmah, N., & Hati, P. P. (2023). Integrasi ilmu matematika berupa teori peluang dan konsep agama Islam dalam pembelajaran matematika. Religion: Jurnal Agama, Sosial, Dan Budaya, 2(1).

Simamora, S. P., Sari, S. perwita, Nasution, I. S., Saragih, M., Nasution, D. K., & Syamsuyurnita. (2023). Pemanfaatan alat peraga matematika kotak perkalian dalam meningkatan minat belajar numerasi di Sanggar Belajar Kampung Bharu Malaysia. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(24), 759–767.

Sirait, E. D., & Apriyani, D. D. (2021). Pengaruh media pembelajaran Google Classroom dan minat belajar terhadap hasil belajar matematika. Seminar Nasional Riset Dan Inovasi Teknologi, 5(1), 827–831.

Sugiyono. (2022). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Suharti, Khatima H, H., Rusnah, Wirda, S., Kamelia, & Alamsyah, M. R. (2024). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal literasi matematika berdasarkan prosedur Newman. Prosiding Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 10(1), 527–534.

Sulistiawati. (2023). Analisis persepsi siswa Madrasah Aliyah terhadap pembelajaran matematika berbantuan teknologi pada PJJ selama pandemi Covid-19. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 6(1), 105–120.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Nur Azisah, A. Sriyanti, Nurwahidah, Mirdayanti, Muhammad Sultan Raswin.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Publisher:
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Department of Mathematics Education

(Kampus A) TB. Simatupang, Jln. Nangka Raya No.58 C, RT.5/RW.5, Tj. Bar., Kec. Jagakarsa, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12530, Indonesia.

(Kampus B) Jln. Raya Tengah No.80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760, Indonesia.

Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia

E-mail: kampus@unindra.ac.id

 

Creative Commons License
HIMPUNAN : Jurnal Ilmiah Mahasiswa is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.