Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa Melalui Penyelesaian Soal-soal TIMSS Peluang di SMA
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Amalia, N., Rahayu, W., & Hidajat, F. A. (2024). Analisis kemampuan literasi matematis siswa SMA dalam menyelesaikan soal AKM materi peluang. J-PiMat: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 1171–1182. https://doi.org/10.31932/j-pimat.v6i1.3462
Atikah, H. F., Sarifah, I., & Yudha, C. B. (2024). Analisis kemampuan literasi matematika dalam pandangan PISA 2022. Literasi (Jurnal Ilmu Pendidikan), 15(2), 152. https://doi.org/ 10.21927/literasi.2024.15(2).152-161
Azmiyah, F., Agustina, E. N. S., & Fachrudin, A. D. (2025). Hubungan antara literasi matematika dengan kemampuan komunikasi tulis matematika siswa kelas X. Jurnal Mathedunesa, 14(1).
Bahri, S. A., Badawi, B., Hasan, M., Arifudin, O., Fitriana, I. P. A. D., Arfah, A., Rambe, P., Saputri, A. N. C., Lestariningrum, A. I. P., Larasati, R. A., Panma, Y., Clara, H., & Irwanto, I. (2021). Pengantar penelitian pendidikan: Sebuah tinjauan teori dan praktis. Widina Media Utama.
Damanik, A. S., & Handayani, R. (2023). Kemampuan literasi matematika siswa. OMEGA: Jurnal Keilmuan Pendidikan Matematika, 2(3), 149–157. https://doi.org/10.47662/jkpm.v2i3.596
Hidayatullah, I., Agustiani, R., & Efriani, A. (2022).
Kemampuan berpikir kritis siswa dalam menyelesaikan soal TIMSS konten geometri dilihat dari tipe keperibadian extrovert di kelas VIII SMP. Jurnal Riset Pendidikan Dan Inovasi Pembelajaran Matematika (JRPIPM), 5(1), 44–55. https://doi.org/10.26740/jrpipm.v5n1.p44-55
Mu’alamah, N. N. (2025). Analisis literasi matematika melalui pull out photo math box berbasis teknologi augmented reality pada siswa tunarungu. Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
OECD. (2012). Literacy, numeracy and problem solving in technology-rich environments. In Organisation for Economic Co-operation and Development. OECD. https://doi.org/10.1787/ 9789264128859-en
OECD. (2019). PISA 2018 mathematics framework. In Organisation for Economic Co-operation and Development (pp. 73–95). https://doi.org/10.1787/13c8a22c-en
Rahma, A., Adi, F. Z. A., Azzahra, R., Ulhaq, N. D., Sedar, N. C., Hikmah, N., & Hati, P. P. (2023). Integrasi ilmu matematika berupa teori peluang dan konsep agama Islam dalam pembelajaran matematika. Religion: Jurnal Agama, Sosial, Dan Budaya, 2(1).
Simamora, S. P., Sari, S. perwita, Nasution, I. S., Saragih, M., Nasution, D. K., & Syamsuyurnita. (2023). Pemanfaatan alat peraga matematika kotak perkalian dalam meningkatan minat belajar numerasi di Sanggar Belajar Kampung Bharu Malaysia. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(24), 759–767.
Sirait, E. D., & Apriyani, D. D. (2021). Pengaruh media pembelajaran Google Classroom dan minat belajar terhadap hasil belajar matematika. Seminar Nasional Riset Dan Inovasi Teknologi, 5(1), 827–831.
Sugiyono. (2022). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Suharti, Khatima H, H., Rusnah, Wirda, S., Kamelia, & Alamsyah, M. R. (2024). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal literasi matematika berdasarkan prosedur Newman. Prosiding Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 10(1), 527–534.
Sulistiawati. (2023). Analisis persepsi siswa Madrasah Aliyah terhadap pembelajaran matematika berbantuan teknologi pada PJJ selama pandemi Covid-19. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 6(1), 105–120.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Nur Azisah, A. Sriyanti, Nurwahidah, Mirdayanti, Muhammad Sultan Raswin.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Publisher:
Universitas Indraprasta PGRI
Address: Department of Mathematics Education
(Kampus A) TB. Simatupang, Jln. Nangka Raya No.58 C, RT.5/RW.5, Tj. Bar., Kec. Jagakarsa, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12530, Indonesia.
(Kampus B) Jln. Raya Tengah No.80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760, Indonesia.
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
E-mail: kampus@unindra.ac.id

HIMPUNAN : Jurnal Ilmiah Mahasiswa is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.




