Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa pada Materi Trigonometri Ditinjau dari Resiliensi Matematis

Lilis Puspitasari, Rini Utami

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara resiliensi matematis dan kemampuan penalaran matematis siswa serta mendeskripsikan kemampuan penalaran matematis berdasarkan kategori tingkat resiliensi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional deskriptif. Subjek penelitian adalah 32 siswa kelas X SMA yang dipilih melalui teknik cluster random sampling. Instrumen yang digunakan meliputi angket resiliensi matematis dan tes penalaran matematis pada materi trigonometri. Data dianalisis menggunakan teknik korelasi Pearson Product Moment dan deskripsi kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan positif yang cukup kuat antara resiliensi matematis dan kemampuan penalaran matematis siswa. Semakin tinggi tingkat resiliensi siswa, semakin tinggi pula kemampuannya dalam penalaran matematis. Siswa dengan resiliensi tinggi menunjukkan kemampuan manipulasi matematika, penggunaan pola dan hubungan, serta penarikan kesimpulan yang baik. Siswa dengan resiliensi sedang mampu menyelesaikan soal dengan benar namun kurang sistematis. Sedangkan siswa dengan resiliensi rendah belum memenuhi hampir seluruh indikator penalaran matematis secara optimal.

Keywords


Kemampuan Penalaran Matematis; Materi Trigonometri; Resiliensi Matematis

Full Text:

PDF

References


Al Ghifari, S. S., Juandi, D., & Usdiyana, D. (2022). Systematic Literature Review: Pengaruh Resiliensi Matematis Terhadap Kemampuan Berpikir Matematis Tingkat Tinggi. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 2025–2039. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i2.1271

Cahya, I. M., Effendi, K. N. S., & Roesdianna, L. (2021). Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Loea. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(1), 62–68. https://doi.org/10.57250/ajup.v1i2.5

Hasbi, A. Z. El, Damayanti, R., Hermina, D., & Mizani, H. (2023). Penelitian Korelasional (Metodologi Penelitian Pendidikan). Al Furqan: Jurnal Agama, Sosial Dan Budaya, 2(6), 342–346.

Hikmah, R., & Lestari, S. (2022). Pengaruh Aspek Afektif Terhadap Kemampuan Berpikir Matematis Siswa SMP. Jurnal Edukasi Matematika, 10(2), 99–108. https://doi.org/10.35706/judika.v12i1.8453

Lutfiyana, L., Pujiastuti, E., & Kharisudin, I. (2023). Systematic Literature Review: Resiliensi Matematis dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(3), 2167–2177. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i3.2445

Mahesa, A. Y., & Dewi, N. R. (2025). Kajian Teori: Kemampuan Penalaran Matematis Peserta Didik Ditinjau dari Kecemasan Matematika pada Pembelajaran Preprospec Berbantuan Liveworksheet. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 8, 13–19.

Meilani, A., & Meiliasari. (2024). Systematic Literature Review: Resiliensi Matematis Dalam Pembelajaran Matematika. AKSIOMA: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 15(3), 406–418.

Pusmendik. (2022). Laporan Hasil Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK).

Nuraini, T. F., Hakim, A. R., & Werdiningsih, C. E. (2022). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Kelas VII pada Materi Perbandingan. Prosiding Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 39-52. https://proceeding.unindra.ac.id/index.php/DPNPMunindra/article/view/5935/1538#

Puspita, D. A., Anggoro, B. S., & Pratiwi, D. D. (2024). Riset Keterhubungan: Bagaimana Self Confidence dan Resiliensi Matematis Mempengaruhi Penalaran dan Kecerdasan Numerik Siswa. Jurnal Riset HOTS Pendidikan Matematika, 4(3), 1174–1189. https://doi.org/https://doi.org/10.51574/kognitif.v4i3.2066

Ratnaningtyas, E. M., Ramli, Syafrudin, Saputra, E., Suliwati, D., Nugroho, B. T. A., Karimuddin, & Aminy, M. H. (2023). Metodologi Penelitian Kualitatif (N. Saputra (ed.); Issue May). Aceh; Muhammad Zaini.

Sirri, E. L., Fazriansyah, M. F., & Fathurohman, I. (2024). Identifikasi Resiliensi Matematis Siswa Kelas X pada Pembelajaran Matematika. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(3), 1908–1915.

Sumardi, & Amalia, I. (2022). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Dalam Menyelesaikan Soal Literasi Matematika Ditinjau Dari Gaya Kognitif Siswa. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(3), 2296–2305. https://doi.org/10.30998/jkpm.v7i1.11127

Sunardi. (2023). Analisis Hubungan Resiliensi Matematis dan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMA [Skripsi, Universitas Pendidikan Indonesia]. http://repository.upi.edu/id/eprint/89986

Syafaatun. (2024). Kajian Literatur: Peran Penalaran Matematis dalam Pengembangan Kompetensi Matematika Siswa SMP. JPT : Jurnal Pendidikan Tematik, 5(3), 345–350.

Wijayanti, M. D., & Nalurita, I. V. (2024). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Materi Trigonometri Ditinjau Dari Gaya Belajar. FARABI: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 7(1), 33–41. https://doi.org/10.47662/farabi.v7i1.709


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Lilis Puspitasari, Rini Utami.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Publisher:
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Department of Mathematics Education

(Kampus A) TB. Simatupang, Jln. Nangka Raya No.58 C, RT.5/RW.5, Tj. Bar., Kec. Jagakarsa, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12530, Indonesia.

(Kampus B) Jln. Raya Tengah No.80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760, Indonesia.

Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia

E-mail: kampus@unindra.ac.id

 

Creative Commons License
HIMPUNAN : Jurnal Ilmiah Mahasiswa is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.