Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa Ditinjau dari Kemampuan Pemecahan Masalah pada Materi Geometri

Sri Sulasteri, Dewi Sartika, Hasnawati Nurdin, Muh. Faiz Al-Fahrezi, Tualdi Tual

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kemampuan literasi matematika meninjau dari kemampuan pemecahan masalah siswa SMPN 3 Pattallassang terkait materi bangun datar segiempat. Dengan pendekatan deskriptif kualitatif, tiga partisipan dipilih secara purposif untuk mewakili kategori kemampuan tinggi, sedang, dan rendah. Data diperoleh melalui tes literasi matematika, wawancara mendalam, dan dokumentasi hasil kerja siswa, kemudian dianalisis menggunakan model Miles dan Huberman. Hasil menunjukkan bahwa seluruh siswa mampu memahami permasalahan dan mengenali informasi penting. Siswa kategori tinggi menunjukkan pendekatan penyelesaian yang logis dan menyeluruh. Kategori siswa sedang menunjukkan pemahaman yang terbatas dan melakukan kesalahan dalam menerapkan strategi penyelesaian. Siswa kategori rendah mengalami kesulitan sejak awal, menerapkan rumus secara mekanis tanpa memahami konteks. Temuan ini mengindikasikan bahwa keterampilan berpikir strategi dan komunikasi matematis perlu ditingkatkan melalui pembelajaran kontekstual.

Keywords


mathematical literacy; problem-solving; quadrilaterals; qualitative approach; contextual learning

Full Text:

PDF

References


Aledya, V. (2019). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Pada Siswa. Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Pada Siswa, 2(May), 0–7.

Anwar, N. T. (2018). Peran Kemampuan Literasi Matematis pada Pembelajaran Matematika Abad-21. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 364–370.

Aryani, N., & Wiranti, D. A. (2025). Analisis Upaya Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Disleksia Melalui Program Pendampingan Membaca di SDN 2 Krapyak Analisis Upaya Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Disleksia Melalui Program Pendampingan Membaca di SDN 2 Krapyak. 5(1), 295–307.

Ayuwara, G., Nur’aeni, E., Lidinillah, D. A. M., & Muharram, M. R. W. (2022). Implementasi Asesmen Literasi Matematis Bangun Datar Segiempat Di Sekolah Dasar. Attadib: Journal of Elementary Education, 6(1), 23. https://doi.org/10.32507/attadib.v6i1.970

Azid, A., Zamnah, L. N., & Solihah, S. (2023). Abdul Azid1, Lala Nailah Zamnah2 , dan Sri Solihah3 1,2,3. 3(1), 7–10.

Cahyani, L. N., Shodiq, L. J., & Agustin, D. R. (2022). Kemampuan Literasi Matematika Siswa dalam Memecahkan Soal TIMMS Konten Aljabar Ditinjau dari Pengetahuan Metakognitif. Journal Focus Action of Research Mathematic (Factor M), 5(1), 31–51. https://doi.org/10.30762/f_m.v5i1.646

Eviota, J. S., & Liangco, M. M. (2020). Jurnal Pendidikan MIPA. Jurnal Pendidikan, 14(September), 723–731.

Hananda Elya Adam, A., Dwijayanti, I., & Endahwuri, D. (2022). Analisis kemampuan literasi matematika siswa SMP Negeri 1 Juwana dalam menyelesaikan masalah matematika ditinjau dari adversity quotient. AKSIOMA : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 13(2), 213–225. https://doi.org/10.26877/aks.v13i2.12246

Ika, A., Abrar, P., Annas, A., Sulaiman, A., Siddik, M., Aulliani, I., Afrah, &, Jamaluddin, I., Negeri, U. I., & Makassar, A. (2024). Analisis Kemampuan Literasi Matematika Siswa Pada Materi Geometri Ditinjau Dari Perbedaan Gender. 36, 481–490.

Iswara, H. S., Ahmadi, F., & Ary, D. Da. (2022). Numeracy Literacy Skills of Elementary School Students through Ethnomathematics-Based Problem Solving. Interdisciplinary Social Studies, 2(2), 1604–1616. https://doi.org/10.55324/iss.v2i2.316

Janah, S. R., Suyitno, H., & Rosyida, I. (2019). Pentingnya Literasi Matematika dan Berpikir Kritis Matematis dalam Menghadapi Abad ke-21. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 905–910.

Kolar, V. M., & Hodnik, T. (2021). Mathematical literacy from the perspective of solving contextual problems. European Journal of Educational Research, 10(1), 467–483. https://doi.org/10.12973/EU-JER.10.1.467

Maisyaroh Agsya, F., Maimunah, M., & Roza, Y. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Ditinjau Dari Motivasi Belajar Siswa Mts. Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education, 4(volume 4), 31–44. https://doi.org/10.23969/symmetry.v4i2.2003

Makkawaru, M. (2019). Pentingnya Pendidikan Bagi Kehidupan dan Pendidikan Karakter dalam Dunia Pendidikan. Jurnal Konsepsi, 8(3), 1–4.

Miftahul Jannah, & Miftahul Hayati. (2024). Pentingnya kemampuan literasi matematika dalam pembelajaran matematika. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 4(1), 40–54. https://doi.org/10.29303/griya.v4i1.416

Nabila, D. N., Sudihartinih, E., & Sumiaty, E. (2022). Kajian Learning Obstacle pada Topik Keliling Segiempat Ditinjau dari Literasi Matematis PISA 2021 Study of Learning Obstacles on the Topic of Perimeter of a Quadrilateral Viewed from Mathematical Literacy PISA 2021. Edumatica: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(1), 12–21.

Nurfitri, E. (2024). Kemampuan literasi matematis siswa smp kelas viii dalam menyelesaikan soal hots materi bangun datar segiempat berdasarkan level van hiele.

Nurlaili, N., Fauzan, A., Yerizon, Y., Musdi, E., & Syarifuddin, H. (2022). Analisis Literasi Matematis Mahasiswa pada Mata Kuliah Kalkulus Integral. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 3228–3240. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i3.1734

Purbaningrum, M., & Mahmudi, A. (2024). The Effect of GeoGebra-Assisted Problem-Based Learning on Students’ Mathematical Literacy Skills and Learning Motivation. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 16(2), 1337–1350. https://doi.org/10.35445/alishlah.v16i2.4620

Rahmayani, R., Sukayasa, S., Ismaimuza, D., & Meinarni, W. (2024). Analysis of Mathematical Literacy Skills of Students in Class VIII SMP Negeri 3 Dampelas in Solving Geometry Problems in Terms of Van Hiele Level. Prima: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 282. https://doi.org/10.31000/prima.v8i2.10888

Wahyuni, A., Muhaimin, L. H., Hendriyanto, A., & Tririnika, Y. (2024). Exploring Middle School Students ’ Challenges in Mathematical Literacy : A Study on AKM Problem-Solving. 16, 3335–3349. https://doi.org/10.35445/alishlah.v16i3.5729


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Sri Sulasteri, Dewi Sartika, Hasnawati Nurdin, Muh Faiz Al-Fahrezi, Tualdi.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Publisher:
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Department of Mathematics Education

(Kampus A) TB. Simatupang, Jln. Nangka Raya No.58 C, RT.5/RW.5, Tj. Bar., Kec. Jagakarsa, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12530, Indonesia.

(Kampus B) Jln. Raya Tengah No.80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760, Indonesia.

Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia

E-mail: kampus@unindra.ac.id

 

Creative Commons License
HIMPUNAN : Jurnal Ilmiah Mahasiswa is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.