Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran dan Motivasi Belajar terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika
Abstract
Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengungkap pengaruh media pembelajaran terhadap kemampuan pemahaman konsep Matematika dan mengungkap pengaruh dari motivasi belajar terhadap kemampuan pemahaman konsep serta untuk mengungkap pengaruh interaktif antara media pembelajaran dan motivasi belajar terhadap kemampuan pemahaman konsep Matematika. Penelitian yang dilakukan ini fokus pada pembelajaran matematika di jenjang pendidikan sekolah menengah. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen semu dengan desain faktorial 2x2 ( Treatment by Level Design). Data diperoleh melalui angket motivasi belajar matematika yang dipakai untuk menentukan jenis motivasi belajar peserta didik sedangkan data kemampuan pemahaman konsep Matematika didapat memalui tes kemampuan pemahaman konsep, selanjutnya data dianalisis menggunakan ANOVA 2 Jalur. Hasil penelitian mendapatkan bahwa: (1) “ada pengaruh media pembelajaran terhadap kemampuan pemahaman konsep Matematika; (2) ada pengaruh motivasi belajar terhadap kemampuan pemahaman konsep Matematika; (3) ada pengaruh interaksi antara media pembelajaran dan motivasi belajar terhadap kemampuan pemahaman konsep Matematika; (3) ada pengaruh interaksi antara media pembelajaran dan motivasi kemampuan pemahaman konsep Matematika.Â
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arsyad, A. (2021). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.
Azhari. (2017). Strategi pembelajaran aktif dalam pendidikan. Jakarta: Pustaka Setia.
Elisa Maharani, d. (2024). Motivasi Belajar Dalam Pendidikan Konsep, Teori, dan Faktor yang Memengaruhi. Malang: PT. Literasi Nusantara Abadi Grup.
Fatchurrahman, AP. & Nugroho, R. (2021). Hubungan Media Pembelajaran E-Learning dan Motivasi Belajar Warga Belajar Paket C di Skb Gudo Jombang, J+PLUS UNESA, 10(1), 27–37. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-luar-sekolah/article/view/4240
Hidayana, A.F. (2022). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas IV MI Nurul Ulum Madiun. Paradigma, 14(1), 195-210. https://www.staimmgt.ac.id/wp-content/uploads/2022/11/10
Janna, Nida, Miftahul., & Herianto. (2021). Konsep Uji Validitas dan Reliabilitas dengan Menggunakan SPSS. https://share.google/HMvv0uXFatmmk1Btm
Kadir. (2010). Statistika Untuk Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial. Jakarta: Rosemata Sampurna.
Khodijah, S. & Hakim, A.R. (2024). Pengaruh Konsep Diri Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa. Apotema: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(1), 56-64. https://publikasi.stkippgri-bkl.ac.id/index.php/APM/article/view/1045/728
Mirna, dkk (2023). Analisis Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik. Jurnal Muara Pendidikan, 8(1), 96-207. https://doi/org/10.52060/mp.v8i1.1054.
Nastiti, Nur, F dan Ahmad Yuda Syaifudin (2020). Hubungan Pemahaman Konsep Matematis Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP N 1 Plosoklaten Pada Materi Lingkaran (Conection Understanding of Mathematic Concepts for the Learning Outcome Students Class VIII SMP N 1 Plosoklaten of the Circle Material). Jurnal Pendidikan Matematika 4(1), 8-15, http://digilib.unnes.ac.id/gsdl/collect/skripsi
Pratami, J. W., & Hakim, A. R. (2024). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berupa Alat Peraga Montessori Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Populer: Jurnal Penelitian Mahasiswa, 3(2), 180190. https://doi.org/10.58192/populer.v3i2.2312
Priyatno, D. (2016). Mandiri Belajar SPSS. Yogyakarta: Mediakom.
Sarohmad, dan Umi Zanariyah,. (2024). Gaya Belajar: Visual, Auditorial, dan Kinestetik, Metro: Nafal Global Nusantara.
Sarumaha, YA., Putra, AP., & Hermawan, T. (2024). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Digital Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas VIII SMP. APOTEMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(1), 21-30. https://doi.org/10.31597/ja.v10i1.1043
Siswanto, I. (2020). Anava 2 Jalur Bagian 5 Uji Lanjut Tukey. TH!NG’S MATH. https://youtu.be/SDOWzE1LgCo?si=p--cQY01owft6LWj
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2017). Statistik untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sumarmo, U. (2015). Sumarmo, U. (2015). Berpikir dan disposisi matematik serta pembelajarannya. Bandung: UPI Press.
Tim Dosen. (2024). Aplikasi Statistika Dalam Riset Pendidikan. Jakarta: Program Studi Magister Pendidikan MIPA Fakultas Pascasarjana Unindra.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Maspupah, Supardi U. S.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Publisher:
Universitas Indraprasta PGRI
Address: Department of Mathematics Education
(Kampus A) TB. Simatupang, Jln. Nangka Raya No.58 C, RT.5/RW.5, Tj. Bar., Kec. Jagakarsa, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12530, Indonesia.
(Kampus B) Jln. Raya Tengah No.80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760, Indonesia.
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
E-mail: kampus@unindra.ac.id
HIMPUNAN : Jurnal Ilmiah Mahasiswa is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.