Eksplorasi Etnomatematika pada Budaya Tari Sirih Kuning di Kelurahan Susukan

Vaniatul Lativa, Fauzi Mulyatna, Edward Alfin

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan konsep matematikapada seni tari Sirih Kuning di Kelurahan Susukan. Metode penelitian yangdigunakan yaitu penelitian etnomatematika melalui pendekatan kualitatif,dengan teknik eksplorasi. Instrumen penelitian berupa pedoman observasi danpedoman wawancara. Teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan reduksidata, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Objek narasumber sebanyak 3orang yang terdiri dari 1 orang sepuh yaitu pemilik sanggar sekaligus pelakuseni dan 2 pribumi yaitu pelatih dan penari. Berdasarkan hasil penelitian dananalisis data terdeskripsi adanya konsep matematika pada seni tari Sirih Kuningdi Kelurahan Susukan, meliputi aktivitas menghitung, materi sudut, geometribangun datar, geometri bangun ruang, kongruen, kesebangunan, transformasigoemetri, hubungan antar sudut, dan pengukuran (satuan panjang). Penelitimenyimpulkan bahwa telah teridentifikasi konsep etnomatematika pada tariSirih Kuning di Kelurahan Susukan. Saran yang diberikan peneliti dari hasilpenelitian ini yaitu diharapkan dapat menjadi sarana pembelajaran kontekstual,maupun media pembelajaran interaktif bagi siswa dalam memahami konsepmatematika.

Keywords


Etnomatematika, Tari Tradisional Sirih Kuning, Kelurahan Susukan

Full Text:

PDF

References


Ayudya, D., Mahfud, S. P., & Putra, T. N. (2018). Eksplorasi Arsitektur Ekologis di Desa Wisata Kampung Budaya Sindang Barang. Jurnal Arsitektur, Bangunan, & Lingkungan 7(3), 167-176. https://publikasi.mercubuana.ac.id/index.php/virtuvian/article/view/3790

Jumri, R., & Murdiana, M. (2019). Eksplorasi Etnomatematika di Bumi Sekundang Setungguan (Manna-Bengkulu Selatan). Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 4(2), 86–92. https://doi.org/10.33369/jpmr.v4i2.9756

Khoirin, I. N., Buchori, A., & Hery, Y. M. (2017). Pengembangan Comic Math Dengan Pendekatan Etnomatematika Pada Materi Kubus dan Balok Di SMP. Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika 8(1). 31-40. https://doi.org/10.26877/aks.v8i1.1531

Lisgianto, A., & Mulyatna, F. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Geometri Dimensi Tiga Berbasis Etnomatematika untuk SMK Teknik. Prosiding Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika. 7(1),15- 28.

Lusiana, D., Afriani, N. H., Ardy, H., & Widada, W. (2019). Eksplorasi Etnomatematika Pada Masjid Jamik Kota Bengkulu. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 4(2), 164–176.

Mudjiyanto, B. (2018). Tipe Penelitian Eksploratif Komunikatif. Jurnal Studi Komunikasi Dan Media, 22(1), 65-74.

Noto, M. S., Firmasari, S., & Fatchurrohman, M. (2018). Etnomatematika padasumur purbakala Desa Kaliwadas Cirebon dan kaitannya dengan pembelajaran matematika di sekolah. Jurnal Riset Pendidikan Matematika. 5(2), 201-210.

Nurdeni., Bhakti, Y. B., Alfin, E., Marhento, G., & Purwanti, P. (2022). Kemampuan Siswa Sekolah Menengah Pertama Dengan Pembelajaran Etnosains. Jurnal Pendidikan dan Konseling. 4(3), 9799-9807. E-ISSN 2685-936X.

Nursyeli, F., & Puspitasari, N. (2021). Studi Etnomatematika pada Candi Cangkuang Leles Garut Jawa Barat. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 327-338.

Purnama, D. S., Isnurani., Aditama, R., Rahmat, U, & Sari, N. (2020). Penerapan Matematika dalam Kehidupan Sehari-hari di SMAN 6 Tangerang Selatan. Jurnal Pengabdian Mitra Masyarakat (JPMM). (2), 134-140. https://ejournal.amikompurwokerto.ac.id/index.php/jpmm/article/downlo ad/1136/pdf_38

Putra, R. Y., Wijayanto, Z., & Widodo, S. A. (2022). R. Etnomathematics: Soko Inovasi Tunggal Mosque For Geometry 2D Learning. Jurnal Riset Pendidikah dan Pembelajaran Matematika, 4(1), 10-22. https://journal.unesa.ac.id/index.php/jrpipm/article/view/7774/4430

Qurani, A. A., Hakim, A. R., Napis, N., Apriyanto, M. T., & Farhan, M. (2024). Eksplorasi Etnomatematika Pada Batik Betawi Di Cilandak Jakarta Selatan. Teorema: Teori dan Riset Matematika, 9(2), 277-290. https://jurnal.unigal.ac.id/teorema/article/view/15971/8569

Rahman, A. BP., Asri, S. R., Munandar., Fitriani, A., Karlina, Y, & Yumriani. (2022). Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan dan Unsur-unsur Pendidikan. Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 1-8.

https://journal.unismuh.ac.id/index.php/alurwatul/article/download/7757 /4690

Rawani, D., & Fitra, D. (2022). Etnomatematika : Keterkaitan Budaya dan Matematika. Jurnal Inovasi Edukadi. 5(2), 114-121.

https://ejournal.unaja.ac.id/index.php/JIE/article/download/433/343/

Rosalinda., & Hasanudin, C. (2023). Peran Matematika Dalam Membentuk Karakter Siswa. Seminar Nasional Daring “Unit Kegiatan Mahasiswa Jurnalistik (Sinergi)” IKIP PGRI Bojonegoro, Indonesia-pdf.

Wijaya, H. (2018). Analisis Data Kualitatif Model Sprandly (Etnografi). Prosiding https://core.ac.uk/download/pdf/287061605.pdf

Zayyadi, M. (2017). Eksplorasi Etnomatematika Pada Batik Madura. SIGMA, Volume 2 (2). 35-40. Doi: http://dx.doi.org/10.53712/sigma.v2i2.124.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Vaniatul Lativa, Fauzi Mulyatna, Edward Alfin.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Publisher:
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Department of Mathematics Education

(Kampus A) TB. Simatupang, Jln. Nangka Raya No.58 C, RT.5/RW.5, Tj. Bar., Kec. Jagakarsa, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12530, Indonesia.

(Kampus B)Jln. Raya Tengah No.80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760, Indonesia.

Phone: +62 (021) 7818718 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia

E-mail:kampus@unindra.ac.id

Creative Commons License
HIMPUNAN : Jurnal Ilmiah Mahasiswa is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.