Efektivitas Media Pembelajaran Monopoli Matematika Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis

Kurnia Pawestri Primastuti, Heru Purnomo

Abstract


Studi ini bertujuan mengetahui efektivitas media pembelajaran monopoli matematika untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas V SD Negeri Wolojurutengah tahun ajaran 2024/2025.

Penelitian bersifat eksperimen (kuantitatif) dilakukan menggunakan desain satu kelompok dengan pengujian sebelum dan setelah perlakuan. Prosedur pengumpulan data menggunakan teknik tes, kumpulan dokumen, dan observasi serta analisis datanya pengujian deskriptif, pengujian prasyarat, dan pengujian hipotesis. 24 peserta didik satu kelas digunakan dalam penelitian ini.

Hasil penelitian mengindikasikan hasil pretest didapatkan nilai maksimum mencapai 98 dan nilai minimum adalah 10. Selanjutnya, hasil posttest nilai tertinggi sebesar 100 dan nilai terendah 60. Uji hipotesis menunjukkan nilai signisikansi (2-tailed) didapat sebesar 0,001<0,05, maka ada perbedaan yang jelas diantara nilai sebelum dan sesudah tes. Hasil mean nilai posttest dan nilai pretest yaitu 84,83 > 74,54, maka H0 ditolak dan H1 diterima. Artinya media pembelajaran monopoli matematika efektif untuk memperkuat kemampuan berpikir kritis matematika kelas V SD Negeri Wolojurutengah.


Keywords


Learning Media; Mathematical Monopoly; Critical Thingking

References


Abd Rahman, B. P., Munandar, S. A., Fitriani, A., Karlina, Y., & Yumriani, Y. (2022). Pengertian pendidikan, ilmu pendidikan dan unsur-unsur pendidikan. Al-Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 2(1), 1–8.

Afsari, S., Safitri, I., Harahap, S. K., & Munthe, L. S. (2021). Systematic literature review: efektivitas pendekatan pendidikan matematika realistik pada pembelajaran matematika. Indonesian Journal of Intellectual Publication, 1(3), 189–197.

Ali, A., Venica, S. D., Aini, W., & Hidayat, A. F. (2025). Efektivitas media pembelajaran interaktif dalam meningkatkan minat dan motivasi belajar siswa sekolah dasar. Journal of Information System and Education Development, 3(1), 1–6.

Anisa, F. W., Fusilat, L. A., & Anggraini, I. T. (2020). Proses pembelajaran pada sekolah dasar. NUSANTARA, 2(1), 158–163.

Fatimah, N., Yusroh, M., & Rizka, W. (2022). Pengantar Ilmu Pendidikan. Yayasan Hamjah Diha.

Festiawan, R. (2020). Belajar dan pendekatan pembelajaran. Universitas Jenderal Soedirman, 11, 1–17.

Hasyim, A. F., Munawar, B., & Ma’arif, M. (2021). Penggunaan media video untuk meningkatkan pemahaman karakteristik arus searah dan bolak-balik pada peserta didik MAN 1 Pandeglang. Jurnal Pendidikan, 9(1), 108–115.

İdil, Ş., Gülen, S., & Dönmez, İ. (2024). What should we understand from PISA 2022 results? In Journal of STEAM Education (Vol. 7, Issue 1, pp. 1–9). Şahin İDİN.

Jannah, F. N. M., Nuroso, H., Mudzanatun, M., & Isnuryantono, E. (2023). Penggunaan aplikasi canva dalam media pembelajaran matematika di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 11(1), 138–146.

Lazar, M. T. (2020). Pengaruh Media Pembelajaran Monopoli Matematika Terhadap Minat Belajar Matematika Pada Siswa SMP. IndoMath: Indonesia Mathematics Education, 1–6.

Lubis, F. A., Lubis, K. N., & Anas, N. (2022). Pengaruh game based learning (GBL) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran IPA di SDN 060811 Medan. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 8(2), 2816–2826.

Minah, S., Haryono, A., & Sinaga, S. (2022). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Materi Arthropoda Berbasis Student Centered Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa Di Masa Pandemi. Jurnal Penelitian Sains Dan Pendidikan (JPSP), 1(2), 69–77.

Ningsih, W. F., & Hayati, I. R. (2020). Dampak efikasi diri terhadap proses & hasil belajar matematika (the impact of self-efficacy on mathematics learning processes and outcomes). Journal on Teacher Education, 1(2), 26–32.

Nurfadhillah, S. (2021). MEDIA PEMBELAJARAN Pengertian Media Pembelajaran, Landasan, Fungsi, Manfaat, Jenis-Jenis Media Pembelajaran, dan Cara Penggunaan Kedudukan Media Pembelajaran. CV Jejak (Jejak Publisher).

Nurfaizah, S., & Oktavia, P. (2020). Proses Pembelajaran Siswa Sekolah Dasar di MI Nurul Hikmah. As-Sabiqun, 2(1), 43–48.

Pristiwanti, D., Badariah, B., Hidayat, S., & Dewi, R. S. (2022). Pengertian pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 7911–7915.

Radya, W. B., Fajrie, N., & Riswari, L. A. (2023). Pengaruh model pembelajaran kontekstual berbantuan media monopoli terhadap hasil belajar IPS kelas V SD 3 Padurenan. Jurnal Penelitian Dan Pendidikan IPS, 17(2), 93–100.

Siroj, R. A., Afgani, W., Fatimah, F., Septaria, D., & Salsabila, G. Z. (2024). Metode penelitian kuantitatif pendekatan ilmiah untuk analisis data. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(3), 11279–11289.

Sudiarta, I. W., Diputra, G. N. O., Nayun, I. W., & Sutanaya, I. B. A. (2021). Efektivitas Pembelajaran Matematika Secara Daring Di Masa Pandemi Covid-19 Terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Siswa. Suluh Pendidikan: Jurnal Ilmu-Ilmu Pendidikan, 19(1), 29–44.

Swarjana, I. K., & Skm, M. P. H. (2022). Populasi-sampel, teknik sampling & bias dalam penelitian. Penerbit Andi.

Syahrizal, H., & Jailani, M. S. (2023). Jenis-jenis penelitian dalam penelitian kuantitatif dan kualitatif. QOSIM: Jurnal Pendidikan, Sosial & Humaniora, 1(1), 13–23.

Utami, F. N., & Indarini, E. (2021). Meta Analisis Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Pada Matematika Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 887–894.

Widana, I. W., & Muliani, N. P. L. (2020). Uji persyaratan analisis. Klik Media.

Zaki, M., & Saiman, S. (2021). Kajian tentang Perumusan Hipotesis Statistik Dalam Pengujian Hipotesis Penelitian. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 4(2), 115–118.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Kurnia Pawestri Primastuti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Publisher:
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Department of Mathematics Education

(Kampus A) TB. Simatupang, Jln. Nangka Raya No.58 C, RT.5/RW.5, Tj. Bar., Kec. Jagakarsa, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12530, Indonesia.

(Kampus B) Jln. Raya Tengah No.80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760, Indonesia.

Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia

E-mail: kampus@unindra.ac.id

 

Creative Commons License
HIMPUNAN : Jurnal Ilmiah Mahasiswa is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.