Efektivitas Inkuiri Terbimbing Berbantu Lembar Kerja Interaktif terhadap Hasil Belajar Matematika

Rini Haryani, Supardi Supardi

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah mengetahui keefektifan penerapan inkuiri terbimbing berbantu lembar kerja interaktif terhadap hasil belajar matematika di SMPN 22 Jakarta. Data penelitian ini adalah 32 siswa dari kelas IX. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari dua siklus. Penelitian ini dilaksanakan dalam rangka memperbaiki pembelajaran dan meningkatkan kualitas pembelajaran. Instrumen penelitian yang digunakan meliputi angket, wawancara, dan tes perpangkatan. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, wawancara, dan lembar tes perpangkatan. Analisis menggunakan pendekatan kualitatif. Temuan penelitian ini menunjukkan rata-rata penilaian 57,93 dengan tingkat ketuntasan 25% sebelum perlakuan. Hasil penelitian pada siklus I yaitu nilai rata-rata 71,35 dan ketuntasan 46,9%, dan siklus II nilai rata-rata 81,31 dengan ketuntasan 90,6%.

Keywords


Inkuiri Terbimbing, Hasil Belajar Matematika, Lembar Kerja Interaktif.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Rini Haryani, Supardi U.S.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Publisher:
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Department of Mathematics Education

(Kampus A) TB. Simatupang, Jln. Nangka Raya No.58 C, RT.5/RW.5, Tj. Bar., Kec. Jagakarsa, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12530, Indonesia.

(Kampus B) Jln. Raya Tengah No.80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760, Indonesia.

Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia

E-mail: kampus@unindra.ac.id

 

Creative Commons License
HIMPUNAN : Jurnal Ilmiah Mahasiswa is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.