Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas X MA Nurul Iman Al-Barkah pada Materi Eksponen

Durrotul Laela, Intan Karlina, Tania Eka Umami Vavarianti, Suci Hadiati, Syifa Luthfiah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa kelas X MA Nurul Iman Al-Barkah pada materi eksponen. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Instrumen utama yang digunakan berupa tes uraian dan wawancara, yang disusun berdasarkan lima indikator kemampuan pemahaman konsep matematika. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar siswa memiliki kemampuan pemahaman konsep pada kategori rendah (45%), sedang (35%), dan tinggi (20%). Indikator dengan tingkat pencapaian tertinggi adalah kemampuan memberikan contoh dan bukan contoh dari suatu konsep (86%), sedangkan indikator dengan pencapaian terendah adalah penerapan konsep dalam pemecahan masalah (25%). Temuan ini menunjukkan bahwa siswa cenderung menghafal rumus tanpa memahami makna konseptualnya secara mendalam, sehingga mengalami kesulitan dalam konteks soal yang lebih kompleks. Oleh karena itu, disarankan agar strategi pembelajaran lebih menekankan pada pemahaman konsep secara menyeluruh dan aplikatif.


Keywords


Conceptual understanding; Mathematics; Exponents; Learning; Students MA Nurul Iman Al-Barkah

Full Text:

PDF

References


Ardiansyah, A. (2023). Pemahaman Konsep Matematika dalam Pembelajaran Matematika Sekolah Menengah. Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 45-59.

Gunawan, M. S., & Fitra, D. (2021). Kesulitan Siswa dalam Mengerjakan Soal-soal Eksponen dan Logaritma. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 257-268.

Hidayat, S., & Surya, T. (2019). Penerapan Pendekatan Pembelajaran Berbasis Masalah dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 7(3), 130-145.

Junaedi, I. (2019). Proses Pembelajaran yang Efektif. JISAMAR (Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research), 3(2), 19-25.

Khodijah, S. & Hakim, A.R. (2024). Pengaruh Konsep Diri Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa. Apotema: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(1), 56-64. https://publikasi.stkippgri-bkl.ac.id/index.php/APM/article/view/1045/728

Monikasari, F., Sugiyanti, S., & Kartinah, K. (2021). Profil Pemahaman Konsep Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematika Menurut Tahapan Polya Ditinjau dari Perbedaan Jenis Kelamin. Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 3(2), 123-134.

Mulyani, S., Rahman, A., Rosidah, & Arwadi, F. (2022). Analisis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Eksponen Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa. Issues in Mathematics Education (IMED), 6(2), 200–212.

Nuraini, T. F., Hakim, A. R. & Werdiningsih, C. E. (2022). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VII Pada Materi Perbandingan. Prosiding Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 39-52. https://proceeding.unindra.ac.id/index.php/DPNPMunindra/article/view/5935/1538

Polya, G. (2019). How to Solve It: A New Aspect of Mathematical Method (2nd ed.). Princeton University Press.

Pratiwi, D. (2016). Indikator Pemahaman Konsep Matematika pada Pembelajaran Eksponen. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Rohani, S. (2020). Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Kritis untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Matematika, 4(1), 51-65.

Saputra, A. W., Nasution, M. D. C., Fauziah, E. M., Widayanti, L., Aldila, A. D., & Hakim, A. R. (2022). Menumbuhkembangkan kemampuan representasi matematis siswa dalam pembelajaran Matematika. Himpunan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika, 2(1), 49-60. https://jim.unindra.ac.id/index.php/himpunan/article/view/6573/pdf

Tangkoro, M., Monoarfa, J., & Maukar, M. G. (2021). Analisis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Eksponen. Gammath: Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Matematika, 6(1), 45-56.

Umayah, U., Hakim, A. R., & Nurrahmah, A. (2019). Pengaruh Metode Contextual Teaching and Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 5(1), 85. https://doi.org/10.30998/jkpm.v5i1.5075


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Durrotul Laela, Intan Karlina, Tania Eka Umami Vavarianti, Suci Hadiati, Syifa Luthfiah.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Publisher:
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Department of Mathematics Education

(Kampus A) TB. Simatupang, Jln. Nangka Raya No.58 C, RT.5/RW.5, Tj. Bar., Kec. Jagakarsa, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12530, Indonesia.

(Kampus B) Jln. Raya Tengah No.80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760, Indonesia.

Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia

E-mail: kampus@unindra.ac.id

 

Creative Commons License
HIMPUNAN : Jurnal Ilmiah Mahasiswa is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.