Studi Bibliometrik tentang Perkembangan Riset Adversity Quotient dan Keterampilan Pemecahan Masalah dalam Konteks Pembelajaran Matematika
Abstract
Keywords
References
Arham, A., & Dkk. (2020). Penelitian Transfer Pricing di Indonesia: Sebuah Studi Kepustakaan. Jurnal Online Insan Akuntan, 5(1), 57. https://doi.org/10.51211/joia.v5i1.1318
Baharullah, B., Wahyuddin,. Usman, M. R.,& Syam N. (2022). Profil kemampuan pemecahan masalah matematika siswa ditinjau dari adversity quotient (AQ). AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika. https://ojs.fkip.ummetro.ac.id/index.php/matematika/article/view/4766
Chabibah, L. N., Siswanah, E., & ... (2019). Analisis kemampuan pemecahan masalah siswa dalam menyelesaikan soal cerita barisan ditinjau dari adversity quotient. PHYTAGORAS : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika. 11(2), https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i2.4766
Ernawati, F. Y., & Mahfudz. (2022). Transformational Leadership and Job Performance: A Systematic Review Using Bibliometric Methods. International Conference On Research And Development (ICORAD), 1(2), 64–70. https://doi.org/10.47841/icorad.v1i2.55
Gulo, A. S., Telaumbanua, Y. N., & ... (2025). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa UPTD SMP Negeri 1 Sirombu Ditinjau Dari Adversity Quotient. Jurnal Edukasi Matematika dan Sains.14(1).
Farhan, M. & Hakim, A. R. (2021). Kemandirian Belajar, Adversity Quetiont Dan Kemampuan Penalaran Matematis Pada Implementasi Pembelajaran Daring Matakuliah Analisis Real. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 4(6), 1687–1698. Diakses melalui https://www.journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/jpmi/article/view/8683/2838
Hidayat, W., & Ratna Sariningsih. (2018). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Adversity Quetient Siswa SMP melalui Pembelajaran Open Ended. Jurnal JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), Vol.2 No.1, https://doi.org/http://dx.doi.org/10.33603/jnpm.v2i1.1027
Irfan, A., Juniati, D., & Lukito, A. (2018). Profil Pemacahan Masalah Siswa SD berdasarkan Adversity Quotient. Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 4(2).
Kartika, R. W., Megawanti, P., & Hakim, A. R. (2021). Pengaruh adversity quotient dan task commitment terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 8(2). https://doi.org/10.21831/jrpm.v8i2.36831
Nurfitriyanti, M., Rosa, N. M., & ... (2020). Adversity Quotient dan Locus of Control Serta Pengaruhnya Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. SINASIS (Seminar …. https://proceeding.unindra.ac.id/index.php/sinasis/article/view/4020
Purwa, H. A., & Sudihartinih, E. (2024). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Ditinjau dari Adversity Quotient pada Materi SPLDV. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Al-Qasadi, 8(1).
Purwasih, R. (2019). Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Smp Dalam Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah Di Tinjau Dari Adversity Quotient Tipe Climber. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 8(2), 323. https://doi.org/10.24127/ajpm.v8i2.2118
Putri, A., Iswara, A. D., & Hakim, A. R. (2021). Menumbuhkembangkan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik dalam pembelajaran Matematika. Himpunan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika, 1(2), 124-133. http://jim.unindra.ac.id/index.php/himpunan/article/view/3599/pdf
Rahmi, D., Putra, M. A., & Kurniati, A. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Berdasarkan Adversity Quotient (AQ) Siswa SMA. Suska Journal of Mathematics Education, 7(2). https://doi.org/10.24014/sjme.v7i2.13306
Riyadi, L., Putra, A. D., & Sub, F. (2025). Meneropong Pendidikan Musik di Indonesia : Analisis Bibliometrik dalam Kurun Waktu 2014-2024. MUSED:Jurnal Pendidikan Musik, 1(1). https://doi.org/10.70078/mused.v1i1.34
Rosita, D., & Rochmad. (2016). Analisis Kesalahan Siswa dalam Pemecahan Masalah Ditinjau dari Adversity Quetient pada Pembelajaran Creative Problem Solving. Unnes Journal of Mathematics Education Research (UJMER), 5(2).
Septianingtyas, N., & Jusra, H. (2020). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Berdasarkan Adversity Quotient. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2). https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i2.263
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Esra Nurliana Siregar, Hasanuddin Hasanuddin.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Publisher:
Universitas Indraprasta PGRI
Address: Department of Mathematics Education
(Kampus A) TB. Simatupang, Jln. Nangka Raya No.58 C, RT.5/RW.5, Tj. Bar., Kec. Jagakarsa, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12530, Indonesia.
(Kampus B) Jln. Raya Tengah No.80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760, Indonesia.
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
E-mail: kampus@unindra.ac.id
HIMPUNAN : Jurnal Ilmiah Mahasiswa is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.