Studi Bibliometrik tentang Perkembangan Riset Adversity Quotient dan Keterampilan Pemecahan Masalah dalam Konteks Pembelajaran Matematika

Esra Nurliana Siregar, Hasanuddin Hasanuddin

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis tren tentang perkembangan riset Advesity Quetient (AQ) dan keterampilan dalam memecahkan masalah saat belajar matematika.  Penelitian ini mengguakan metode SRL (Sistematic Literatur Review) dengan memakai pendekatan bibliometrik. Pengumpulan data dilakukan menggunakan perangkat lunak Publish or Perish untuk mencari berbagai artikel jurnal yang terdapat di Google Scholar.  Kemudian dipilih sebanyak 100 artikel jurnal yang dipublikasikan antara tahun 2016 sampai tahun 2025. Selanjutnya data dianalisis dan divisualisasikan menggunakan perangkat lunak VosViewer untuk mengidentifikasi pola hubungan antara adversity quetiet dan keterampilan pemecahan masalah yang diselidiki. Hasilnya menunjukkan adanya peningkatan publikasi tentang topik tersebut. Ini menunjukkan meningkatnya minat terhadap pengaruh AQ berkaitan terhadap kemampuannya untuk menyelesaikan masalah matematika. Sebagian besar temuan penelitian menunjukkan bahwa peserta didik yang AQ nya tinggi memiliki keterampilan yang lebih tinggi untuk menyelesaikan masalah matematika dibandingkan dengan siswa dengan AQ rendah. Studi ini memberikan wawasan komprehensif tentang arah penelitian dan fokus penelitian yang terkait dengan faktor psikologis non-kognitif dalam pendidikan matematika.

Keywords


Kemampuan pemecahan matematis, Adversity quetient, Pembelajaran Matematika, Bibliometrik.

References


Arham, A., & Dkk. (2020). Penelitian Transfer Pricing di Indonesia: Sebuah Studi Kepustakaan. Jurnal Online Insan Akuntan, 5(1), 57. https://doi.org/10.51211/joia.v5i1.1318

Baharullah, B., Wahyuddin,. Usman, M. R.,& Syam N. (2022). Profil kemampuan pemecahan masalah matematika siswa ditinjau dari adversity quotient (AQ). AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika. https://ojs.fkip.ummetro.ac.id/index.php/matematika/article/view/4766

Chabibah, L. N., Siswanah, E., & ... (2019). Analisis kemampuan pemecahan masalah siswa dalam menyelesaikan soal cerita barisan ditinjau dari adversity quotient. PHYTAGORAS : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika. 11(2), https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i2.4766

Ernawati, F. Y., & Mahfudz. (2022). Transformational Leadership and Job Performance: A Systematic Review Using Bibliometric Methods. International Conference On Research And Development (ICORAD), 1(2), 64–70. https://doi.org/10.47841/icorad.v1i2.55

Gulo, A. S., Telaumbanua, Y. N., & ... (2025). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa UPTD SMP Negeri 1 Sirombu Ditinjau Dari Adversity Quotient. Jurnal Edukasi Matematika dan Sains.14(1).

Farhan, M. & Hakim, A. R. (2021). Kemandirian Belajar, Adversity Quetiont Dan Kemampuan Penalaran Matematis Pada Implementasi Pembelajaran Daring Matakuliah Analisis Real. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 4(6), 1687–1698. Diakses melalui https://www.journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/jpmi/article/view/8683/2838

Hidayat, W., & Ratna Sariningsih. (2018). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Adversity Quetient Siswa SMP melalui Pembelajaran Open Ended. Jurnal JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), Vol.2 No.1, https://doi.org/http://dx.doi.org/10.33603/jnpm.v2i1.1027

Irfan, A., Juniati, D., & Lukito, A. (2018). Profil Pemacahan Masalah Siswa SD berdasarkan Adversity Quotient. Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 4(2).

Kartika, R. W., Megawanti, P., & Hakim, A. R. (2021). Pengaruh adversity quotient dan task commitment terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 8(2). https://doi.org/10.21831/jrpm.v8i2.36831

Nurfitriyanti, M., Rosa, N. M., & ... (2020). Adversity Quotient dan Locus of Control Serta Pengaruhnya Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. SINASIS (Seminar …. https://proceeding.unindra.ac.id/index.php/sinasis/article/view/4020

Purwa, H. A., & Sudihartinih, E. (2024). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Ditinjau dari Adversity Quotient pada Materi SPLDV. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Al-Qasadi, 8(1).

Purwasih, R. (2019). Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Smp Dalam Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah Di Tinjau Dari Adversity Quotient Tipe Climber. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 8(2), 323. https://doi.org/10.24127/ajpm.v8i2.2118

Putri, A., Iswara, A. D., & Hakim, A. R. (2021). Menumbuhkembangkan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik dalam pembelajaran Matematika. Himpunan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika, 1(2), 124-133. http://jim.unindra.ac.id/index.php/himpunan/article/view/3599/pdf

Rahmi, D., Putra, M. A., & Kurniati, A. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Berdasarkan Adversity Quotient (AQ) Siswa SMA. Suska Journal of Mathematics Education, 7(2). https://doi.org/10.24014/sjme.v7i2.13306

Riyadi, L., Putra, A. D., & Sub, F. (2025). Meneropong Pendidikan Musik di Indonesia : Analisis Bibliometrik dalam Kurun Waktu 2014-2024. MUSED:Jurnal Pendidikan Musik, 1(1). https://doi.org/10.70078/mused.v1i1.34

Rosita, D., & Rochmad. (2016). Analisis Kesalahan Siswa dalam Pemecahan Masalah Ditinjau dari Adversity Quetient pada Pembelajaran Creative Problem Solving. Unnes Journal of Mathematics Education Research (UJMER), 5(2).

Septianingtyas, N., & Jusra, H. (2020). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Berdasarkan Adversity Quotient. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2). https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i2.263


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Esra Nurliana Siregar, Hasanuddin Hasanuddin.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Publisher:
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Department of Mathematics Education

(Kampus A) TB. Simatupang, Jln. Nangka Raya No.58 C, RT.5/RW.5, Tj. Bar., Kec. Jagakarsa, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12530, Indonesia.

(Kampus B) Jln. Raya Tengah No.80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760, Indonesia.

Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia

E-mail: kampus@unindra.ac.id

 

Creative Commons License
HIMPUNAN : Jurnal Ilmiah Mahasiswa is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.