Analisis Kemampuan Literasi Numerasi pada Materi Trigonometri Siswa Kelas X di SMA Kharismawita
Abstract
Literasi numerasi mengacu pada kemampuan berpikir dan bernalar menggunakan bahasa dan matematika. Namun, beberapa penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa keterampilan literasi siswa di Indonesia masih rendah. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan mendeskripsikan keterampilan literasi numerasi siswa SMA di SMA Kharismawita Jakarta pada materi trigonometri, meliputi masing-masing indikator keterampilan literasi numerasi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif, dengan melibatkan 32 siswa kelas X sebagai subjek. Data dikumpulkan melalui tes literasi numerasi yang terdiri dari dua pertanyaan esai dan wawancara. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa keterampilan literasi numerasi siswa SMA Kharismawita Jakarta pada trigonometri dikategorikan rendah, dengan persentase rata-rata 36%. Di antara 32 siswa, hanya 19% yang menunjukkan keterampilan literasi numerasi tinggi, sedangkan persentase jawaban benar untuk setiap indikator tidak melebihi 50% untuk kedua pertanyaan. Hal ini menunjukkan bahwa sebagian besar siswa belum mampu memahami, menganalisis, dan menerapkan konsep trigonometri secara efektif.
Keywords
References
Abidin, Y., Mulyati, T., & Yunansah, H. (2021). Pembelajaran literasi: Strategi meningkatkan kemampuan literasi matematika, sains, membaca, dan menulis. Bumi Aksara.
Afid M, A. Babo, R., & Muslimin, A.A. (2023). Eksistensi Guru Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Sd 43 Mattirowalie Kecamatan Kindang Kabupaten Bulukumba. Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika. 6 (1):8-13. https://doi.org/10.30605/proximal.v6i1.1981
Aliyanti, A. P., & Putri, O. R. U. (2019). Analisis Kesalahan Representasi Simbolik Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Soal High Order Thinking Skill. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 8(3), 382-394. http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v8i3.2265
Apriatni, S., Yuhana, Y., & Sukirwan, S. (2022). Pengembangan Instrumen Literasi Numerasi Materi Trigonometri Kelas X SMA. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2):185-198. http://dx.doi.org/10.20527/edumat.v10i2.13720
Apriatni, S., Pujiastuti, H., & Fathurrohman, M. (2022). Kemampuan literasi numerasi siswa MAN 2 kota Serang pada materi trigonometri. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(12):5782-5794. http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/18812
Apriyatni, S., Nindiasari, H., & Khaeroni, K. (2022). STUDENT'S MATHEMATIC REFLECTIVE THINKING ABILITY THROUGH THE IMPROVE LEARNING MODEL. STUDENT'S MATHEMATIC REFLECTIVE THINKING ABILITY THROUGH THE IMPROVE LEARNING MODEL, 6(2), 159-176. http://jurnal.umt.ac.id/index.php/prima
Ate, D., & Lede, Y. K. (2022). Analisis Kemampuan Siswa Kelas VIII dalam Menyelesaikan Soal Literasi Numerasi. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6 (1):472–483. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i1.1041
Fadilah, Y., Faliyandra, F., Aprilia, I., & Sofia, S. (2022). Literasi Numerasi dalam Pembelajaran matematika kelas tinggi di tingkat madrasah ibtidaiyah. Al Ibtidaiyah: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 3(1):18-27. https://doi.org/10.46773/ibtidaiyah.v3i1.280
Fajri, N., & Nida, I. (2019). analisis kesulitan siswa kelas X SMA Negeri 6 Aceh Barat Daya pada materi trigonometri. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Al Qalasadi, 3(2):12-22. https://doi.org/10.32505/qalasadi.v3i2.1179
Fauzanah, A. E., Aminudin, M., & Ubaidah, N. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Numerasi Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Pecahan. Jurnal Pendidikan Sultan Agung, 2(3):312–322. http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/27980
GLN, G. L. N. (2017). Materi Pendukung Literasi Numerasi. In Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. https://medium.com/@arifwicaksanaa/pengertian-use-case-a7e576e1b6bf
Han, W., Susanto, D., Dewayani, S., Pandora, P., Hanifah, N., Miftahussururi, ... Akbari, Q. S. (2017). Materi Pendukung Literasi Numerasi. Retrieved from https://gln.kemdikbud.go.id/glnsite/wp-content/uploads/2017/10/materi-pendukung-literasi-numerasi-rev.pdf
Hidayah, N., Budiman, M. A., & Cahyadi, F. (2020). Analisis Kesulitan Siswa Kelas V dalam Memecahkan Masalah Matematika pada Materi Operasi Hitung Pecahan. TSCJ Thinking Skills and Creativity Journal, 3(1):46–51. https://doi.org/10.23887/tscj.v3i1.29252
Irmawati, F., & Ilmah, N. K. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Numerasi pada Siswa Kelas 5 SDN Saptorenggo 3 Kabupaten Malang. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(11):4917–4921. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i11.1083
Kudsiyah, S. M., Novarina, E., & Lukman, H. Suryani. (2017). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Kelas X Di SMA Negeri 2 Kota Sukabumi. Seminar Nasional Pendidikan, 110–117.
Nursyamsudin. & Jaelani, M. N. G. (2021). Penguatan Literasi dan Numerasi. Jakarta: Direktorat Sekolah Menengah Atas.
OECD. (2022). PISA 2022 Results.
Sanvi, A. H., & Diana, H. A. (2022). Analisis kemampuan numerasi pada materi matriks ditinjau berdasarkan kemampuan awal matematika. RANGE: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2):129-145. https://doi.org/10.32938/jpm.v3i2.2021
Warisi, K. (2016). Representasi Matematis Berdasarkan Tingkat Kemampuan Dalam Memecahkan Masalah Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Siswa Kelas VIII SMP Inshafuddin Aceh. In Skripsi Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Darussalam Banda Aceh. Retrieved from https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/1080
Yasin, M., Nindiasari, H., & Sukirwan, S. (2023). PENGEMBANGAN INSTRUMEN LITERASI NUMERASI KONTEKS SOSIAL BUDAYA DI SMK PLUS PAKUHAJI. Jurnal Lebesgue: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika dan Statistika, 4(2):700-707. https://doi.org/10.46306/lb.v4i2.321
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Sarah Safira, Yuan Andinny.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Publisher:
Universitas Indraprasta PGRI
Address: Department of Mathematics Education
(Kampus A) TB. Simatupang, Jln. Nangka Raya No.58 C, RT.5/RW.5, Tj. Bar., Kec. Jagakarsa, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12530, Indonesia.
(Kampus B) Jln. Raya Tengah No.80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760, Indonesia.
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
E-mail: kampus@unindra.ac.id
HIMPUNAN : Jurnal Ilmiah Mahasiswa is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.