Systematic Literature Review: Eksplorasi Etnomatematika pada Motif Batik Jawa Timur

Eka Dinda Avitasari, Fauzi Mulyatna

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengkaji sejarah dan filosofi dari batik setiap daerah di Jawa Timur,mengidentifikasi konsep matematika dalam motifnya, serta dampaknya dalam pembelajaran matematika. Metode penelitian yang dipilih adalah SLR (Systematic Literatur Review) untuk menganalisis berbagai literatur terkait etnomatematika pada motif batik Jawa Timur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Sejarah dan filosofi dari setiap daerah di Jawa Timur mencerminkan budaya, alam, dan tradisi lokal mereka. Motif ini terbentuk dipengaruhi oleh berbagai faktor, seperti flora dan fauna khas daerah, cerita rakyat, hasil alam, hingga pola tradisional yang diwariskan dari generasi ke generasi sejak zaman dahulu. Selain itu, motif pada batik juga mengandung konsep matematika diantaranya, geometri, transformasi geometri, simetri, kesebangunan, dan kekongruenan. Penelitian ini juga menemukan bahwa motif batik efektif untuk diterapkan dalam pembelajaran matematika berbasis budaya, meningkatkan ketekunan siswa, Membantu memahami konsep matematika berdasarkan masalah kontekstual yang muncul memotivasi dalam proses pembelajaran dan dapat digunakan sebagai sumber

Keywords


Ethnomathematics, Batik Motif, East Java.

Full Text:

PDF

References


Afifah, D. S. N., Putri, I. M., & Listiawan, T. (2020). Eksplorasi etnomatematika pada batik gajah mada motif sekar jagad tulungagung. Barekeng: Jurnal Ilmu Matematika dan Terapan, 14(1), 101-112. DOI: https://doi.org/10.30598/barekengvol14iss1pp101-112

Andri, Wibowo, D. C., & Agia, Y. (2020). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Kelas V Sd Negeri 25 Rajang Begantung Ii. J-PiMat: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 231-241.

Audina, D. N., & Sukardani, P. S. (2018). Strategi Komunikasi Pemasaran Dalam Upaya Mempromosikan Batik Jawa Timur (Studi Kasus pada ‘Komunitas Batik Jawa Timur’atau ‘KIBAS’). The Commercium, 1(2). DOI: https://doi.org/10.26740/tc.v1i2.26511

Fitriatunnisa, R., Hastuti, I. D., & Mariyati, Y. (2024, August). Peranan Model Pembelajaran Berbasis Etnomatematika dalam Permainan Tradisional Congklak Sebagai Inovasi Pembelajaran untuk Meningkatkan Literasi Matematika. In Seminar Nasional Paedagoria (Vol. 4, No. 1, pp. 422-433).

Herawati, S., Nuraini, R., & Subekti, S. (2020). Integrasi Etnomatematika dalam Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Motivasi dan Pemahaman Konsep Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 8(3), 185-192.

Larasati, P., Wiyancoko, D., & Winata, G. (2018). Eksplorasi dan Penerapan Ragam Hias Batik Jawa Timur Pada Kerajinan Sulam Tangan. Artika, 3(1), 1-17.

Lintang, F. L. F., & Najicha, F. U. (2022). Nilai-nilai sila persatuan Indonesia dalam keberagaman kebudayaan Indonesia. Jurnal Global Citizen: Jurnal Ilmiah Kajian Pendidikan Kewarganegaraan, 11(1), 79-85. DOI: https://doi.org/10.33061/jgz.v11i1.7469

Nurhasanah, F., Kusumah, Y. S., & Sabandar, J. (2017). Concept of Triangle: Examples of Mathematical Abstraction in Two Different Contexts. International Journal on Emerging Mathematics Education. https://doi.org/10.12928/ijeme.v1i1.5782

Nursanti, Y. B., Saputra, B. A., & Gibran, G. K. (2024). Systematic Literature Review: Efektivitas Penerapan Pendekatan Etnomatematika Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Education And Development, 12(3), 107-113. DOI: https://doi.org/10.37081/ed.v12i3.6367

Nuryami, N., & Apriosa, K. D. (2024). Eksplorasi etnomatematika batik Probolinggo sebagai sumber belajar matematika sekolah. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 7(1), 177-190. DOI: https://doi.org/10.22460/jpmi.v7i1.20628

Qurani, A. A., Hakim, A. R., Napis, N., Apriyanto, M. T., & Farhan, M. (2024). Eksplorasi Etnomatematika Pada Batik Betawi Di Cilandak Jakarta Selatan. Teorema: Teori dan Riset Matematika, 9(2), 277-290.

Rahmawati, L., & Juandi, D. (2022). Pembelajaran matematika dengan pendekatan stem: Systematic literature review. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 7(1), 149-160

Rahmawati, R. F., & Rahmawati, I. (2018). Eksplorasi Etnomatematika Sekolah Dasar Pada Batik Karang Khas Tuban. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(2), 309-319.

Rizqi, M. F., & Lukito, A. (2021). Eksplorasi Etnomatematika Pada Motif Batik Di Kampoeng Batik Jetis Sidoarjo. MATHEdunesa, 10(2), 410-419. DOI: https://doi.org/10.26740/mathedunesa.v10n2.p410-419

Setiawan, T. B., Wahyu, S., & Sunardi, S. (2018). Etnomatematika Pada Pura Mandara Giri Semeru Agung Sebagai Bahan Pembelajaran Matematika. KadikmA. DOI: https://doi.org/10.19184/kdma.v9i1.8441

Setiawan, W., & Listiana, Y. (2021). Eksplorasi Etnomatematika Pada Batik Mojokerto. Jurnal Pendidikan Matematika (JPM), 7(1), 62-70. DOI: https://doi.org/10.33474/jpm.v7i1.4985

Wati, L. L., Mutamainah, A., & Setianingsih, L. (2021). Eksplorasi Etnomatematika Pada Batik Gedog. Jurnal Riset Pembelajaran Matematika, 3(1), 27-34. DOI: https://doi.org/10.55719/jrpm.v3i1.259

Yolanda, F. O., & Putra, A. (2022). Systematic Literature Review: Eksplorasi etnomatematika pada motif batik. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 3(2), 188-195. DOI: https://doi.org/10.37478/jpm.v3i2.1533

Yudianto, E., Ambarwati, R., Safrida, L. N., Setiawan, T. B., & Cahyani, I. A. (2020). Etnomathematics on equipment of Kebo-Keboan Alasmalang traditional ceremony. International Journal of Scientific and Technology Research, 9(3), 1529-1533.

Yudianto, E., Susanto, S., Setiawan, T. B., & Diyanah, H. (2021). Etnomatematika: Karakteristik Batik Bondowoso Di Rumah Produksi Ki Ronggo. Aksioma Jurnal Pendidikan Program Studi Matematika. 10(2), 563-573. DOI: https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i2.3542.

Zayyadi, M. (2018). Eksplorasi etnomatematika pada batik madura. Sigma, 2(2), 36-40. DOI: http://dx.doi.org/10.53712/sigma.v2i2.124


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Eka Dinda Avitasari, Fauzi Mulyatna.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Publisher:
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Department of Mathematics Education

(Kampus A) TB. Simatupang, Jln. Nangka Raya No.58 C, RT.5/RW.5, Tj. Bar., Kec. Jagakarsa, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12530, Indonesia.

(Kampus B) Jln. Raya Tengah No.80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760, Indonesia.

Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia

E-mail: kampus@unindra.ac.id

 

Creative Commons License
HIMPUNAN : Jurnal Ilmiah Mahasiswa is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.