Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMP Yanindo Kelas VII pada Materi Aritmatika Sosial

Diah Amalia Prawanti, Sudiyah Anawati

Abstract


Penelitian ini dilakukan dengan tujuan menganaliis kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VII pada materi aritmatika sosial. Penelitian menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan instrumen berupa tes uraian dan wawancara. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling, dengan subjek penelitian terdiri dari tiga siswa yang mewakili kategori kemampuan tinggi, sedang, dan rendah. Hasil pada penelitian ini menunjukkan bahwa siswa dengan kemampuan tinggi mampu memahami masalah, menyusun model matematika, menerapkan strategi penyelesaian, kemudian memeriksa serta menjelaskan hasilnya dengan baik. Siswa dengan kemampuan sedang masih mengalami kesalahan sedikit dalam perhitungan dan kurang teliti dalam mengerjakan hasil, sedangkan siswa dengan kemampuan rendah menghadapi kesulitan yang signifikan dalam memahami soal, menyusun model matematika, dan menerapkan strategi penyelesaian yang tepat.


Keywords


Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika; Materi Aritmatika Sosial; Pembelajaran Matematika.

Full Text:

PDF

References


Alfath, K. (2019). Teknik pengolahan hasil asesmen: teknik pengolahan dengan menggunakan pendekatan acuan norma (PAN) dan pendekatan acuan patokan (PAP). Al-Manar: Jurnal Komunikasi dan Pendidikan Islam, 8(1), 1-28.

Andayani, F., & Lathifah, A. N. (2019). Analisis kemampuan pemecahan masalah siswa smp dalam menyelesaikan soal pada materi aritmatika sosial. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 1-10.

Bethony, M., Alam, S., & Taufiq, T. (2024). Pengaruh Kecerdasan Logis-Matematis, Kecerdasan Visual-Spasial, Dan Motivasi Belajar Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 322-337.

Hariyani, S., & Aldita, V. C. (2020). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Berdasarkan Prosedur Newman. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 8(1), 39-50.

Khoiri, N. (2019). Metodologi penelitian pendidikan: ragam, model, dan pendekatan. Semarang: SEAP: Southeast Asean Publishing.

Kurniawati, I., Raharjo, T. J., & Khumaedi, K. (2019). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah untuk Mempersiapkan Generasi Unggul Menghadapi Tantangan abad 21. In Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (Vol.2, No.1, pp. 701-707).

Kushendri, K., & Zanthy, L. S. (2019). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMA. Journal on Education, 1(3), 94-100.

Latifah, T., & Afriansyah, E. A. (2021). Kesulitan dalam kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada materi statistika. Journal of Authentic Research on Mathematics Education (JARME), 3(2), 134-150.

Munengsih, M., Safitri, P. T., & Sukmawati, R. (2021). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP pada masa pandemik covid-19. Imajiner: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 3(4), 312-321.

Mutiasari, F., Agustinsa, R., & Yensy, N. A. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Search, Solve, Create, Share terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 9(1), 59-68.

Pratami, J. W., & Hakim, A. R. (2024). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berupa Alat Peraga Montessori Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Populer: Jurnal Penelitian Mahasiswa, 3(2), 180-190.

Purnamasari, I., & Setiawan, W. (2019). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP pada materi SPLDV ditinjau dari kemampuan awal matematika. Journal of Medives: Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 3(2), 207-215.

Purwanto, W. R., Sukestiyarno, Y. L., & Junaedi, I. (2019). Proses berpikir siswa dalam memecahkan masalah matematika ditinjau dari persepektif gender. In Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (Vol.2, No.1, pp. 894-900).

Putri, A., Iswara, A. D., & Hakim, A. R. (2021). Menumbuhkembangkan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik dalam pembelajaran matematika. Himpunan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika, 1(2), 124–133.

Sara, H., Marlina, E., Agustin, D. D., & Haerul, J. (2020). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Dengan Fong’S Schematic Model for Error Analysis Pada Materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel. Jurnal Edukasi Dan Sains Matematika (JES-MAT), 6(1), 23-36.

Sarumaha Y A, Putri R I I & Hartono Y. (2018). Percentage Bar: A Model for Helping Fifth Grade Students Understand Percentages. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2) 155-166

Sholihat, A., & Marlina, R. (2022). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMK Kelas XII Pada Materi Statistika. Lemma: Letters of Mathematics Education, 8(2), 76-90.

Winarti, D. (2017). Kemampuan pemecahan masalah siswa dalam menyelesaikan soal cerita berdasarkan gaya belajar pada materi pecahan di SMP. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 6(6).

Yunitasari, R., & Hanifah, U. (2020). Pengaruh pembelajaran daring terhadap minat belajar siswa pada masa covid 19. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(3), 232-243.

Zahroh, H., Hafidah, H., Dhofir, D., & Zayyadi, M. (2020). Gerakan literasi matematika dalam peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Delta-Pi: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 9(2).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Diah Amalia Prawanti, Sudiyah Anawati.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Publisher:
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Department of Mathematics Education

(Kampus A) TB. Simatupang, Jln. Nangka Raya No.58 C, RT.5/RW.5, Tj. Bar., Kec. Jagakarsa, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12530, Indonesia.

(Kampus B) Jln. Raya Tengah No.80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760, Indonesia.

Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia

E-mail: kampus@unindra.ac.id

 

Creative Commons License
HIMPUNAN : Jurnal Ilmiah Mahasiswa is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.