Etnomatematika dalam Tenun Ikat Masyarakat Flobamora: Suatu Tinjauan Sistematis

Aloysius Nong Susar, Witri Lestari

Abstract


Konsep matematika memiliki hubungan erat dengan budaya dalam tradisi tenun ikat masyarakat Flobamora. Tenun ikat tidak hanya memiliki nilai estetika tetapi juga mengandung konsep-konsep matematis yang diwariskan secara turun-temurun. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi dan menganalisis elemen-elemen etnomatematika seperti geometri, operasi hitung, transformasi geometri, pengukuran, dan perbandingan dalam motif tenun ikat. Metode penelitian yang digunakan adalah Systematic Literature Review (SLR) dengan menganalisis artikel terkait etnomatematika dan tenun ikat yang dipublikasikan dalam lima tahun terakhir (2019-2024). Hasil penelitian menunjukkan bahwa motif geometris seperti segitiga, persegi panjang, trapesium, dan belah ketupat serta aktivitas menghitung benang, mengukur jarak dengan satuan tradisional, dan menerapkan pola simetri merefleksikan keterampilan matematis yang diwariskan turun-temurun. Penelitian ini menegaskan bahwa tenun ikat Flobamora bukan hanya produk budaya estetis tetapi juga sumber belajar matematika yang kontekstual dan bermakna serta penting dalam pelestarian pengetahuan budaya lokal.

Full Text:

PDF

References


Banase, S., Disnawati, H., & Nahak, S. (2022). Eksplorasi Etnomatematika Kain Tenun pada Mayarakat Oeolo NTT untuk Mengungkapkan Konsep Matematis. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 86-94.

Bito, G. S., Fredy, F., & Yazid, M. (2023). Tenunan kedang sebagai konten dan media pembelajaran matematika guna membentuk profil pelajar pancasila di sekolah dasar. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 4(2), 118-127.

Febrianti, S. (2024). Sustainability Finance Dan Green Investment: Literature Review Dengan Metode Prisma. Manajemen: Jurnal Ekonomi Usi, 6 (1), 95-106.

Manda, G. S., Suryani, L., & Wondo, M. T. S. (2023). Eksplorasi Etnomatematika Pada Kain Tenun Masyarakat Desa Wolotopo Kecamatan Ndona Kabupaten Ende. JUPIKA: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 93-99.

Mawa, H. A., & Wewe, M. (2024). Eksplorasi Etnomatematika Kearifan Lokal Nagekeo. Polinomial: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 123-130.

Mendoca, E. F., Disnawati, H., & Suddin, S. (2021). Eksplorasi Etnomatematika Pada Kain Tenun Masyarakat Desa Lamaksenulu. MATH-EDU: Jurnal Ilmu Pendidikan Matematika, 6(3), 123-131.

Milla, A., Making, S., & Lede, Y. K. (2023). Eksplorasi etnomatematika pada motif kain tenun kecamatan kodi utara dan penerapannya pada pembelajaran matematika. Leibniz: Jurnal Matematika, 3(1), 49-59.

Natun, A. Y. H., Mamoh, O., & Amsikan, S. (2021). Eksplorasi etnomatematika pada motif kain buna masyarakat Insana Tengah. MATH-EDU: Jurnal Ilmu Pendidikan Matematika, 6(2), 31-41.

Padafing, A. (2019). Eksplorasi Etnomatematika dalam Mokodan Kain Tenun Motif Kui pada Kebudayaan Masyarakat Alor Suku Abui. MATH-EDU: Jurnal Ilmu Pendidikan Matematika, 4(1), 1-8.

Regi, B., & Rodriquez, E. I. (2024). Kajian Etnomatematika Pada Motif Kain Tenun Sikka Nusa Tenggara Timur Dalam Bentuk Geometri Untuk Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Biogenerasi, 9(2), 1238-1242.

Rosady, D., Sholihin, S., Agustini, K., & Sudatha, I. G. W. (2024). Eksplorasi Etnomatematika pada Kain Tradisional. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(2), 1328-1332.

Sirait, C. D., Ginting, C. A. B., Hutabarat, S. L., Shakila, E. P., & Sigalingging, T. (2023). Makna Filosofis Simetri dalam Seni Ulos Batak: Analisis Etnomatematika Geometri Sumatera Utara. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 28669-28675.

Triandini, E., Jayanatha, S., Indrawan, A., Werla Putra, G., & Iswara, B. (2019). Metode Systematic Literature Review untuk Identifikasi Platform dan Metode Pengembangan Sistem Informasi di Indonesia. Indonesian Journal of Information Systems (IJIS), 1(2), 63-77.

Wulandari, M. R. (2020). Eksplorasi Tenun Ikat Sumba Timur Ditinjau Dari Etnomatematika. Satya Widya, 36(2), 105-115.

Yulianasari, N., & Maulidina, N. (2023, August). Implementasi Etnomatematika sebagai Cara untuk Menghubungkan Matematika dengan Kehidupan Sehari-hari. In SANTIKA: Seminar Nasional Tadris Matematika (Vol. 3, pp. 462-472).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Aloysius Nong Susar, Witri Lestari.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Publisher:
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Department of Mathematics Education

(Kampus A) TB. Simatupang, Jln. Nangka Raya No.58 C, RT.5/RW.5, Tj. Bar., Kec. Jagakarsa, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12530, Indonesia.

(Kampus B) Jln. Raya Tengah No.80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760, Indonesia.

Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia

E-mail: kampus@unindra.ac.id

 

Creative Commons License
HIMPUNAN : Jurnal Ilmiah Mahasiswa is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.