Analisis Pemahaman Konsep Siswa pada Materi Logaritma Kelas 10 MAN Berdasarkan Teori APOS dengan Metode Pembelajaran Berbasis Game
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aysila, J. (2023). Penggunaan Metode Pembelajaran Berbasis Game dalam Pengajaran Matematika Online. 3.
Giawa, L., Gee, E., & Harefa, D. (2022). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Pada Materi Bentuk Pangkat dan Akar di Kelas XI SMA Negeri 1 Ulususua Tahun Pembelajaran 2021/2022. AFORE: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 64–77. https://doi.org/10.57094/afore.v1i1.437
Guci, A. A. J., Ismaimuza, D., & Paloloang, B. (t.t.). Profil Kemampuan Siswa Ma Alkhairaat Pusat Palu Dalam Menyelesaikan Soal Integral Berdasarkan Teori APOS.
Gusnafia, W. (t.t.). Comparison of The Mathematical Critical Thinking Abilities Of Students Learning Using The M-Apos Model And The Expository Model.
Khairunnisa, A., Juandi, D., & Gozali, S. M. (2022). Systematic Literature Review: Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 1846–1856. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i2.1405
Lestari, R. M., Charitas, R., & Prahmana, I. (2018). Desain Pembelajaran Logaritma Untuk Siswa SMA Kelas X. III(1). http://ojs.umrah.ac.id/index.php/gantang/index
Mowendu, A. L. (t.t.). Analisis Kesalahan Siswa SMA Kelas X dalam Menyelesaikan Soal Logaritma di SMA Kristen Satya Wacana Salatiga.
Mufassiroh, M., Fayeldi, T., & Pranyata, Y. I. P. (2019). Analisis Pemahaman Siswa Kelas X Akuntansi SMK NU Bululawang Berdasarkan Teori APOS.
Mulyono, Mulyono. (2011). Teori APOS Dan Implementasinya Dalam Pembelajaran. Journal of Mathematics and Mathematics Education.
Murtianto, Y. H., Muhtarom, M., & Setiyaningrum, E. D. (2019). Pemahaman Konsep Logaritma Siswa SMA Ditinjau dari Kemampuan Matematika. Media Penelitian Pendidikan: Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan dan Pengajaran, 13(1), 36. https://doi.org/10.26877/mpp.v13i1.5087
Nisrina, N., Faradiba, S. S., & Wulandari, T. C. (2023). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Peserta Didik Berdasarkan Teori APOS Pada Materi Relasi Dan Fungsi Kelas VIII MTs TMI Pujon. 18(05).
Radiusman, R. (2020). Studi Literasi: Pemahaman Konsep Anak Pada Pembelajaran Matematika. Fibonacci: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 6(1), 1. https://doi.org/10.24853/fbc.6.1.1-8
Setiawati, S. M. (2018). Telaah Teoritis: Apa Itu Belajar? HELPER: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 35(1), 31–46. https://doi.org/10.36456/helper.vol35.no1.a1458
Siregar, N. F. (2021). Pemahaman Konsep Matematika Siswa SMP Melalui Pendekatan Realistic Mathematics Education. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 1919–1927. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i2.635
Sugianto, I. U., & Qohar, A. (2020). Koneksi Matematis pada Pembelajaran Matematika Materi Logaritma Siswa Kelas X. Square: Journal of Mathematics and Mathematics Education, 2(1), 82. https://doi.org/10.21580/square.2020.2.1.5323
Supardi, A. A., Gusmania, Y., & Amelia, F. (2019). Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika Berbasis Pendekatan Konstruktivisme Pada Materi Logaritma. AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 10(1), 80–92. https://doi.org/10.26877/aks.v10i1.3744
Syam, A. (2021). Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran M-APOS dan Model Pembelajaran Langsung untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Pokok Bahasan Bentuk Pangkat, Akar, dan Logaritma pada Siswa Kelas X SMA Negeri 8 Sinjai. Educatif Journal of Education Research, 2(4), 209–217. https://doi.org/10.36654/educatif.v2i4.197
Ulfa, D., & Kartini, K. (2021). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Logaritma Menggunakan Tahapan Kesalahan Kastolan. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 542–550. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.507
Wathoni, L. N. (2011.). Penerapan Teori APOS Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa SMPI Nurul Jadid Abdul Karim Banyurip.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Muthia Rahmani, Fitria Mulia Hanifa Soempoh, Fattah Tansaguna Ramadhanu, Hizbulloh Khalil Al Jamil, Ul'fah Hernaeny.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Publisher:
Universitas Indraprasta PGRI
Address: Department of Mathematics Education
(Kampus A) TB. Simatupang, Jln. Nangka Raya No.58 C, RT.5/RW.5, Tj. Bar., Kec. Jagakarsa, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12530, Indonesia.
(Kampus B) Jln. Raya Tengah No.80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760, Indonesia.
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
E-mail: kampus@unindra.ac.id
HIMPUNAN : Jurnal Ilmiah Mahasiswa is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.