Analisis Pemahaman Konsep Siswa pada Materi Logaritma Kelas 10 MAN Berdasarkan Teori APOS dengan Metode Pembelajaran Berbasis Game

Muthia Rahmani, Fitria Mulia Hanifa Soempoh, Fattah Tansaguna Ramadhanu, Hizbulloh Khalil Al Jamil, Ul'fah Hernaeny

Abstract


Dalam penelitian ini, pendekatan teori APOS (Tindakan, Proses, Objek, Skema) digunakan untuk menganalisis bagaimana siswa membangun pemahaman matematis mereka, mulai dari tindakan sederhana hingga skema yang lebih kompleks. Untuk mengidentifikasi fase perkembangan pemahaman logaritma siswa, penelitian ini melakukan wawancara mendalam dan observasi selama tes wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang berhasil mencapai tahap "Objek" dan "Skema" memiliki kecenderungan untuk memecahkan masalah dalam konteks logaritma yang lebih baik. Hasil ini memungkinkan pendidik menggunakan teori APOS untuk membuat pendekatan pengajaran yang lebih efektif untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang konsep logaritma.

Keywords


Teori APOS, Logaritma, Game Based Learning, Pendidikan Matematika

Full Text:

PDF

References


Aysila, J. (2023). Penggunaan Metode Pembelajaran Berbasis Game dalam Pengajaran Matematika Online. 3.

Giawa, L., Gee, E., & Harefa, D. (2022). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Pada Materi Bentuk Pangkat dan Akar di Kelas XI SMA Negeri 1 Ulususua Tahun Pembelajaran 2021/2022. AFORE: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 64–77. https://doi.org/10.57094/afore.v1i1.437

Guci, A. A. J., Ismaimuza, D., & Paloloang, B. (t.t.). Profil Kemampuan Siswa Ma Alkhairaat Pusat Palu Dalam Menyelesaikan Soal Integral Berdasarkan Teori APOS.

Gusnafia, W. (t.t.). Comparison of The Mathematical Critical Thinking Abilities Of Students Learning Using The M-Apos Model And The Expository Model.

Khairunnisa, A., Juandi, D., & Gozali, S. M. (2022). Systematic Literature Review: Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 1846–1856. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i2.1405

Lestari, R. M., Charitas, R., & Prahmana, I. (2018). Desain Pembelajaran Logaritma Untuk Siswa SMA Kelas X. III(1). http://ojs.umrah.ac.id/index.php/gantang/index

Mowendu, A. L. (t.t.). Analisis Kesalahan Siswa SMA Kelas X dalam Menyelesaikan Soal Logaritma di SMA Kristen Satya Wacana Salatiga.

Mufassiroh, M., Fayeldi, T., & Pranyata, Y. I. P. (2019). Analisis Pemahaman Siswa Kelas X Akuntansi SMK NU Bululawang Berdasarkan Teori APOS.

Mulyono, Mulyono. (2011). Teori APOS Dan Implementasinya Dalam Pembelajaran. Journal of Mathematics and Mathematics Education.

Murtianto, Y. H., Muhtarom, M., & Setiyaningrum, E. D. (2019). Pemahaman Konsep Logaritma Siswa SMA Ditinjau dari Kemampuan Matematika. Media Penelitian Pendidikan: Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan dan Pengajaran, 13(1), 36. https://doi.org/10.26877/mpp.v13i1.5087

Nisrina, N., Faradiba, S. S., & Wulandari, T. C. (2023). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Peserta Didik Berdasarkan Teori APOS Pada Materi Relasi Dan Fungsi Kelas VIII MTs TMI Pujon. 18(05).

Radiusman, R. (2020). Studi Literasi: Pemahaman Konsep Anak Pada Pembelajaran Matematika. Fibonacci: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 6(1), 1. https://doi.org/10.24853/fbc.6.1.1-8

Setiawati, S. M. (2018). Telaah Teoritis: Apa Itu Belajar? HELPER: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 35(1), 31–46. https://doi.org/10.36456/helper.vol35.no1.a1458

Siregar, N. F. (2021). Pemahaman Konsep Matematika Siswa SMP Melalui Pendekatan Realistic Mathematics Education. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 1919–1927. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i2.635

Sugianto, I. U., & Qohar, A. (2020). Koneksi Matematis pada Pembelajaran Matematika Materi Logaritma Siswa Kelas X. Square: Journal of Mathematics and Mathematics Education, 2(1), 82. https://doi.org/10.21580/square.2020.2.1.5323

Supardi, A. A., Gusmania, Y., & Amelia, F. (2019). Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika Berbasis Pendekatan Konstruktivisme Pada Materi Logaritma. AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 10(1), 80–92. https://doi.org/10.26877/aks.v10i1.3744

Syam, A. (2021). Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran M-APOS dan Model Pembelajaran Langsung untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Pokok Bahasan Bentuk Pangkat, Akar, dan Logaritma pada Siswa Kelas X SMA Negeri 8 Sinjai. Educatif Journal of Education Research, 2(4), 209–217. https://doi.org/10.36654/educatif.v2i4.197

Ulfa, D., & Kartini, K. (2021). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Logaritma Menggunakan Tahapan Kesalahan Kastolan. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 542–550. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.507

Wathoni, L. N. (2011.). Penerapan Teori APOS Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa SMPI Nurul Jadid Abdul Karim Banyurip.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Muthia Rahmani, Fitria Mulia Hanifa Soempoh, Fattah Tansaguna Ramadhanu, Hizbulloh Khalil Al Jamil, Ul'fah Hernaeny.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Publisher:
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Department of Mathematics Education

(Kampus A) TB. Simatupang, Jln. Nangka Raya No.58 C, RT.5/RW.5, Tj. Bar., Kec. Jagakarsa, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12530, Indonesia.

(Kampus B) Jln. Raya Tengah No.80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760, Indonesia.

Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia

E-mail: kampus@unindra.ac.id

 

Creative Commons License
HIMPUNAN : Jurnal Ilmiah Mahasiswa is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.