Studi Literatur tentang Representasi Etnomatematika dalam Batik Jawa Tengah

Ari Purwaningsih, Leny Hartati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi etnomatematika dalam motif batik Jawa Tengah melalui pendekatan systematic literature review terhadap 14 artikel. Kajian ini menemukan bahwa motif seperti Troso, Soedirman, dan Kawung mengandung prinsip matematika seperti transformasi geometri, simetri, dan fraktal. Selain itu, motif ini mencerminkan nilai budaya seperti filosofi kehidupan dan sejarah lokal. Temuan ini menunjukkan potensi batik sebagai media inovatif untuk mengintegrasikan pendidikan matematika dengan budaya lokal, sehingga menciptakan pembelajaran yang lebih kontekstual dan bermakna.

Keywords


Etnomatematika; Batik Jawa Tengah; Geometri; Simetri; Pendidikan Matematika.

Full Text:

PDF

References


Alfaina, A. H., Karomah, H., Nabilatunnisa, Kirom, M. F., Darsono, Y. I., Pramesti, S. L., & Sherlita, N. L. (2024). Mempelajari Sejarah dan Eksplorasi Geometri dari Kostum Batik pada Pekalongan Batik Night Carnival. Prosiding SANTIKA 4: Seminar Nasional Tadris Matematika UIN K.H. Abdurrahman Wahid, 513-530.

Anggraeni, D. P., Fitriana, V., Wardani, K. U., & Zuliana, E. (2023). Kajian Etnomatematika Motif Batik Tulis Asli Pesantenan Tambakromo Pati. Differential: Journal on Mathematics Education, 139-150.

Astriandini, M. G., & Kristanto, Y. D. (2021). Kajian Etnomatematika Pola Batik Keraton Surakarta Melalui Analisis Simetri. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 13-24.

Astuti, E. P., Purwoko, R. Y., & Sintiya, M. W. (2019). Bentuk Etnomatematika Pada Batik Adipurwo Dalam Pembelajaran Pola Bilangan. Journal of Mathematics Science and Education, 1-16.

Farhan, M., Apriyanto, M. T., & Hakim, A. R. (2021). Etnomatematika: Eksplorasi Uma Lengge Untuk Pembelajaran Matematika Di Sekolah. Jurnal Derivat: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 8(2), 98–106. https://journal.upy.ac.id/index.php/derivat/article/view/1965

Hakim, L. M. (2018). Batik Sebagai Warisan Budaya Bangsa dan Nation Brand Indonesia. Nation State: Journal of International Studies, 60-89.

Khikmah, N., & Sabrina, F. P. (2021). Etnomatematika Dalam Motif Batik Jlamprang Kota Pekalongan Sebagai Penerapan Konsep Geometri Transformasi. Seminar Nasional Pendidikan Matematika, 127-134.

Listyowati, M. E., Adelia, J., & Pratini, H. S. (2024). Pembelajaran Statistika Berbasis Etnomatematika Dengan Konteks Gua Maria Sendangsono Kulon Progo. Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika 2024, 396-401.

Maulida, A. Z., Faiza, M. N., & Zuliana, E. (2023). Eksplorasi Etnomatematika Grafis Motif Batik Kudus Jawa Tengah. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian, 198-204.

Nissa, S. D., & Kusuma, A. B. (2024). Eksplorasi Etnomatematika Pada Batik Soedirman. Jurnal Satya Widya, 165-177.

Oktavianti, D., Hakim, A. R., Hamid, A., Nurhayati, N., & Mulyatna, F. (2022). Eksplorasi Etnomatematika pada Batik Jakarta dan Kaitannya dengan Pembelajaran Matematika. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 8(1), 29-44. https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/jkpm/article/view/14921

Prabaningrum, C. P. (2019). Etnomatematika Pada Karya Seni Batik Bayat. Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika (4th SENATIK), 168-176.

Praditiyani, F. B. (2020). Etnomatematika Batik Cilacap Untuk Mengembangkan Kemampuan Pemahaman Matematis. Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika FKIP UMP, 83-91.

Qurani, A.A., dkk., (2024). Eksplorasi Etnomatematika pada Batik Betawi di Cilandak Jakarta Selatan. Teorema: Teori dan Riset Matematika, 09(02), 277–290. DOI: http://dx.doi.org/10.25157/teorema.v9i2.15971

Rohim, D. C. (2021). Eksplorasi Etnomatematika Pada Motif Batik Troso Jepara Sebagai Bahan Ajar Bagi Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Review Pendidikan Dasar, 98-104.

Sekarsari, A., & Azka, R. (2024). Eksplorasi Etnomatematika Motif Batik Lumintu Khas Kabupaten Semarang dalam Pembelajaran Transformasi Geometri. Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 118-125.

Setyaningrum, A. & Kusno, K. (2024). Etomatematika: Eksplorasi Konsep Transformasi Geometri Pada Batik Banyumasan. Jurnal Derivat, 11(2), 63-71. https://journal.upy.ac.id/index.php/derivat/article/view/5837

Toha, A. M., Septi, A. D., Astuti, W., & Bisri, M. (2023). Etnomatematika Batik Kawung Solo sebagai Media Pembelajaran Transformasi Geometri Berbasis STEM. SEMANTIK: Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika, 398-412.

Ulya, S. N. (2024). Simetri Dan Geometri Dalam Batik Tulis Lasem: Sebuah Pendekatan Etnomatematika. Social Edu: Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan, 37-43.

Valencia, C., Wijaya, J. A., & Meiden, C. (2022). Studi Literatur: Analisis Pengaruh Laporan Arus Kas terhadap Kinerja Keuangan Menggunakan Metode Systematic Literature Review (SLR). Jurnal Pendidikan dan Konseling, 7484-7496.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Ari Purwaningsih, Leny Hartati.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Publisher:
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Department of Mathematics Education

(Kampus A) TB. Simatupang, Jln. Nangka Raya No.58 C, RT.5/RW.5, Tj. Bar., Kec. Jagakarsa, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12530, Indonesia.

(Kampus B) Jln. Raya Tengah No.80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760, Indonesia.

Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia

E-mail: kampus@unindra.ac.id

 

Creative Commons License
HIMPUNAN : Jurnal Ilmiah Mahasiswa is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.